Tampilkan di aplikasi

Halal bihalal BPPSDMP, momen bersyukur atas capaian pembangunan pertanian

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3803
17 Juni 2019

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3803

Karyawan lingkup BPPSDMP

Sinar Tani
Halal Bihalal tersebut bukan hanya dihadiri karyawan lingkup BPPSDMP, tapi juga mantan Kepala BPPSDMP dan Ketua Umum KTNA, Winarno Tohir. Dihadapan ratusan pegawai BPPSDMP seluruh Indonesia, Amran membeberkan capaian sektor pertanian yang telah diraih selama empat tahun setengah.

Salah satunya keberhasilan Kementerian Pertanian mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Baru kemarin kita saksikan BPK menye rahkan laporan hasil keuangan, pertama dalam sejarah Kementerian Pertanian berhasil meraih WTP selama tiga tahun berturut-turut,” kata Amran.

Capaian sektor pertanian juga terbukti nyata melalui data yang dikeluarkan BPS terkait Pendapatan Domestik Bruto (PDB) dari sektor pertanian yang meningkat drastis sejak 2014 hingga 2018. PDB tersebut naik Rp 400 triliun sampai Rp 500 triliun. Akumulasi dari 2014-2019 Rp 1.370 triliun.

Amran menyebutkan salah satu faktor yang mendongkrak peningkatan PDB Pertanian Indonesia adalah peningkatan ekspor. Pada kurun waktu yang sama, peningkatan ekspor diperkirakan mencapai 9-10 juta ton.

Jika pada tahun 2013 ekspor hanya mencapai 33 juta ton, maka pada tahun 2018 ekspor pertanian mencapai 42 juta ton. “Pertumbuhan ekonomi pertanian kita baru–baru ini juga sudah mencapai 3,7%. Angka tersebut melam paui target yang ditetapkan pemerintah yaitu 3,5%,” kata Amran.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI