Tampilkan di aplikasi

Raih opini WTP tiga tahun berturut-turut

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3803
17 Juni 2019

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3803

Anggota IV BPK RI, Prof Rizal Djalil memberikan ucapan selamat atas penghargaan kepada Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman yang meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2018 di Jakarta.

Sinar Tani
Yang menjadi sebuah catatan sejarah, bukan sekadar diraihnya WTP pada tahun 2018, tapi capaian tersebut merupakan ketiga kalinya. Artinya sejak 2016 hingga 2018, Kementerian Pertanian berhasil mencapai puncak tertinggi dalam pengelolaan keuangan negara.

Laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan Kementan tahun 2018 ini langsung diserahkan Anggota IV BPK RI, Prof Rizal Djalil kepada Andi Amran Sulaiman saat acara Halal Bihalal Keluarga Besar Kementan di Kantor Pusat Kementerian Pertanian. Prof Rizal Djalil mengapresiasi semua capaian dan kinerja Kementerian Pertanian.

Menurutnya, raihan opini WTP ini menandakan pengelolaan anggaran Kementan telah dilakukan secara akuntabel dan standar akutansi pemerintah. Hebat nya lagi, Kementan satusatunya kementerian yang tidak pernah terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT).

“Jadi kita semua harus mengapresiasi kerja keras Menteri Pertanian pada tahun anggaran 2018 yang telah mencapai target realisasi yang sangat besar hampir 91 persen dari total anggaran Rp 24,38 triliun, terealisasi Rp 21,84 triliun,” kata Rizal.

Rizal menegaskan, bukan hal yang mudah untuk merealisasikan anggaran sebesar ini. Apalagi anggaran ini terkait dengan upaya pemerintah mensejahterakan masya rakat dimana Kementan harus bermitra dengan pemerintah daerah yang jumlahnya luar biasa banyak, dari pemerintah provinsi sampai ke kabupaten/kota.

Kemudian, aset Kementan sampai saat ini sudah berjumlah Rp 26 triliun lebih. "Untuk mengelola anggaran dan aset yang sangat besar tidak gampang. Tapi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mampu mengelolanya dengan sangat baik. Tiga tahun berturut-turut mampu meraih WTP,” tegasnya.

Rizal juga meberikan catatan penting terhadap capai an Kementerian Pertanian. Kemen terian Pertanian tidak hanya berhasil dalam pengadaan bahan pangan terutama menjelang hingga sesudah Lebaran sehingga tidak ter jadi gejolak harga pangan.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI