Tampilkan di aplikasi

SERASI, dari padi hingga lele

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3809
6 Agustus 2019

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3809

Program SERASI

Sinar Tani
Selama periode 2018-awal 2019 beberapa kegiatan telah dilaksanakan serta kemajuan telah dicapai SERASI. Contohnya adalah kegiatan demfarm baik di Sumatera Selatan maupun Kalimantan Selatan. Di Sumatera Selatan, telah terancang desain tata kelola air juga kemajuan terkait budidaya itik dan budidaya ikan.

Untuk itik, berdasarkan laporan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) sudah dalam tahap penentuan jenis itik untuk dibudidayakan yakni alabio dan pegagan. Dua jenis itik tersebut direncanakan untuk dipelihara beberapa kelompok ternak dan masingmasing kelompok mendapat 500 ekor day old duck (anak itik).

Untuk budidaya ikan, ditentukan di tiga desa yaitu Telang Rejo, Telang Makmur, dan Sumber Hidup. Namun, berdasarkan laporan di lapangan, karena kondisi saluran air di demfarm yang sempit yakni lebar hanya 3,5 meter dengan kedalaman 2 meter maka budidaya ikan dilakukan dengan menggunakan kolam tanah dan net tancap. Jenis ikan yang dibudidayakan adalah gurame dan lele yang akan dipesan di Balai Benih Ikan.

Terkait penguatan kelembagaan dan pengembangan korporasi, saat ini telah melewati tahap identifikasi kondisi terkini kelembagaan petani yang berkoordinasi dengan BPPSDMP juga Dinas Kabupaten dan Dinas Provinsi Sumatera Selatan, forum group discussion guna persiapan rancangan pola pengembangan korporasi pertanian, hingga rencana dan koordinasi studi ban ding petani, PPL, Dinas, dan Petugas Lapang Pilot Project Program ke Yogyakarta dan Jawa Tengah.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI