Tampilkan di aplikasi

Camilan sehat dari singkong

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3825
3 Desember 2019

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3825

Camilan dari singkong

Sinar Tani
Padahal ada berbagai olahan pangan yang bisa dicoba dari singkong, seperti donat. Bahkan kini dari tepung singkong bisa dibuat mie singkong. Soal rasa, donat singkong cukup lezat dan empuk sebagai camilan bagi anakanak.

Sedangkan mie singkong jauh lebih sehat dibandingkan mie berbahan baku 100% tepung terigu. Secara tradisional, singkong sangat diminati sebagai pengganti dari makanan pokok sebagian masyarakat Indonesia yaitu nasi. Bukanlah suatu kesalahan, karena singkong memang mengandung cukup tinggi kalori dan sumber energi yang baik.

Dalam perkembangannya, singkong kini telah banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam penganan, atau diambil patinya untuk berbagai macam keperluan. “Singkong menyediakan energi sebesar 160 Kcal, jumlah karbohidrat 38,06 gram, protein 1,36-2,5 gram, total lemak 0,28 gram, kolesterol 0 mg, dan serat 1,8 gram,” tutur Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Ambon, Johny Tupan.

Apa jadinya jika singkong kemudian diolah menjadi donat singkong? Sebagian orang mungkin sudah tahu dan pernah mencicipinya. Donat merupakan makanan yang umumnya terbuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega. Saat ini banyak inovasi dalam pembuatan donat, salah satunya adalah donat singkong.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI