Tampilkan di aplikasi

Gozoll Agribun sebagai pakan ternak berkualitas

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3826
9 Desember 2019

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3826

Gozoll Agribun

Sinar Tani
Populasi ternak ruminansia (sapi perah, sapi potong, kerbau, kambing, dan domba) di Indonesia masih sangat tergantung kepada tanaman pakan sebagai pakan pokok yang ekonomis. Karenanya, perlu varietas unggul yang mampu menjadi pakan ternak berkualitas.

Salah satu pakan ternak alami yang berkualitas tersebut adalah Indigofera zollingeriana yang mampu tumbuh baik di daerah tropis dan subtropics. Tanaman ini memiliki potensi sebagai pakan ternak yang berkualitas untuk dikembangkan diberbagai wilayah di Indonesia sebagai sember pakan ternak, khususnya ternak ruminansia.

Tanaman ini dikenal dengan nama GOZOLL Agribun yang merupakan gabungan dari huruf IndiGOfera ZOLLingeriana. Tanaman ini telah dikembangkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Loka Penelitian Kambing Potong (Lolit Sapo) di Sei Putih, Sumatera Utara sejak tahun 2007.

Penelitian agronomis, nutrisi dan prosesing mulai dilakukan pada tahun 2008, sedangkan kegiatan pemuliaan melalui seleksi mulai dilakukan tahun 2012 bekerja sama dengan Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun), BogorUmur panen pertama dilakukan pada saat tanaman berumur lebih kurang 7 bulan.

Bekas potongan akan mulai tumbuh lagi dan berkembang dua bulan kemudian dan siap dipanen kedua dan panen selanjutnya setiap dua bulan sekali. Tinggi pemotongan satu meter dari permukaan tanah.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI