Tampilkan di aplikasi

Udang jerbung, efisien dibudidayakan dan berpotensi ekspor

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3828
2 Januari 2020

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3828

Selain udang windu, Indonesia juga memiliki komoditas udang asli yang saat ini sudah bisa dibudidaya masyarakat. Komoditas udang asli tersebut tak lain adalah udang jerbung (udang merguensis). Udang yang sekilas berwarna putih mirip udang vaname tersebut, kini sudah bisa dibudidaya masyarakat dan berpotensi mengisi pasar ekspor.

Sinar Tani
Udang asli Indonesia ini di pasar lebih dikenal dengan sebutan banana shrimp. Udang jerbung yang sebelumnya hanya bisa diperoleh dari alam bebas, selain diminati pasar lokal, juga mulai dilirik konsumen manca negara, seperti Jepang. Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto mengatakan, setelah dilakukan seleksi breeding (pemuliaan buatan) oleh Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara, udang jerbung ini sudah bisa dibudidaya masyarakat.

“Apa yang dilakukan BBPBAP Jepara ini patut diapresiasi. Sebab, mampu menyediakan stok benih udang jerbung bermutu bagi masyarakat (pembudidaya),” papar Slamet Soebjakto. Slamet mengatakan, udang asli Indonesia ini juga punya potensi pasar yang luas. Bahkan, berpotensi mengisi pasar ekspor (selama ini masih mengandalkan udang vaname). Udang asli Indonesia ini juga dikenal masyarakat memiliki cita rasa yang lezat. Tak heran, konsumen mancanegara menyukai udang jerbung sebagai menu masakan favorit. Apabila dimasak, warna udang jerbung cenderung lebih merah, sehingga menarik untuk disajikan sebagai hidangan istimewa.

Menurut Slamet, udang jerbung atau udang merguensis merupakan komoditas yang tepat untuk dikembangkan di Indonesia. Selain punya pasar luas, ketersediaan induk udang jerbung juga tersedia di seluruh wilayah perairan Indonesia. “Karena indukannya tersedia cukup banyak dan sudah dilakukan seleksi breeding, akan lebih mudah dilakukan pengembangan di masyarakat,” ujarnya.

Udang ini tampaknya bisa menjadi pilihan budidaya yang menguntungkan masyarakat dibandingkan budidaya udang lainnya. Secara teknis, komoditas udang jer bung mempunyai potensi ekonomi yang lebih menguntungkan. Mengingat, biaya produksi usaha budidaya udang jerbung lebih efisien. “Udang jerbung juga tahan terhadap penyakit, sehingga sangat menguntungkan apabila dibudidaya,” kata Slamet.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI