Tampilkan di aplikasi

KUR Sarang Walet dongkrak produksi

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3913
6 Oktober 2021

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3913

Sarang Burung Walet

Sinar Tani
Selain porang, sarang burung walet (SBW) kini menjadi komoditas super prioritas dari pemerintah. Untuk mendorong pertumbuhan komoditas tersebut, Kementerian Pertanian memberikan kemu dahan bagi pelaku usaha, khususnya peternak SBW untuk akses Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Permasalahan modal memang menjadi kendala pelaku sektor pertanian, tak terkecuali peternak sarang burung walet. Mereka yang sukses bisnis sarang walet karena berani memulai bisnis dengan modal yang memadai. Namun sebanding dengan laba yang diperolehnya, bisa dua kali lipat atau lebih.

Bagi pelaku usaha burung walet, Kementerian Pertanian mem berikan kemudahan akses permodalan melalui KUR dengan bunga rendah, hanya 6 persen. Bahkan Presiden, Joko Widodo memastikan bahwa pemerintah akan mempermudah persyaratan program KUR pertanian. “Persyaratan KUR harus dipermudah agar bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan nilai tambah pasca panen sehingga program ini semakin dirasakan manfaatnya oleh petani,” ujar Jokowi, Senin, (6/9).

Presiden juga mengaku dirinya memiliki perhatian khusus terhadap penyaluran KUR pertanian yang mencapai Rp 70 triliun. Karena itu, ia meminta semua kepala daerah memperkuat pendampingan terhadap petani, terutama cara memanfaatkan teknologi supaya usaha mereka semakin berkembang. ”Termasuk juga platform digital untuk meningkatkan produktivitas petani dan memotong panjangnya mata rantai pemasaran UMKM pangan,” katanya.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI