Tampilkan di aplikasi

Tepung Jalejo, cara Endang kenalkan kue khas Betawi

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3922
6 Desember 2021

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3922

Ibu Endang

Sinar Tani
Kue kering khas tanah Betawi apa yang Anda kenal? Kembang goyang, akar kelapa dan biji ketapang. Tiga kue berbahan baku tepung beras tersebut memang sangat familiar bagi masyarakat asli Ibukota Negara ini. Tidak ingin terpaku dengan tiga jenis panganan kering tersebut, Endang Sugino pun menambah varian.

Meski bukan seorang milenial, namun wanita berusia 61 tahun ini tak mau kalah dengan kalangan milenial. Beralamat di Cipinang Asem RT 011/04 No. 32, Kelurahan Kebon Pala, Kecamatan Makassar, Halim Jakarta Timur, membangun brand Mirama Jalejo. “Mirama ini dari nama anak saya yang tiga orang.

Sementara Jalejo adalah tepung racikan saya yang terdiri dari campuran jagung, keledai dan kacang hijau,” katanya. Jika selama ini kue kering kembang goyang, akar kelapa dan biji ketapang berbahan baku tepung beras, maka Endang membuat panganan tersebut dengan bahan baku tepung Jalejo. Formula tersebut mulai dikembangkan Endang tahun 2011.

Latar belakang Endang membuat tepung Jalejo karena banyak masyarakat dari luar Ibukota Negara ketika ingin membawa oleh-oleh khas Betawi bingung. Karena itu Endang pun mengembangkan varian lain. Kebetulan saat itu (masa Presiden SBY) ada lomba untuk UMKM Pangan Lokal.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI