Tampilkan di aplikasi

Sensus pertanian 2023 menjawab isu pangan global dan nasional

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3992
31 Mei 2023

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3992

Sensus Pertanian 2023 (ST2023).

Sinar Tani
Sensus Pertanian adalah kegiatan sepuluh tahunan yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk melihat kondisi pertanian Indonesia secara komprehensif.

Tahun ini pemerintah kembali menggelar Sensus Pertanian 2023 (ST2023). Data ST 2023 nantinya dapat digunakan kementerian/ lembaga dan stakeholders lainnya dalam transformasi pertanian dan pangan. Dan tentunya, data hasil ST 2023 akan mampu menjawab isu global dan tantangan nasional kedepannya.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono mengungkapkan Sensus Pertanian 2023 bakal menghasilkan data yang komprehensif. Sebab, hasil sensus akan digunakan pemerintah sebagai acuan dalam membuat program pertanian.

“(Data Sensus) digunakan sebagai acuan targeting program pemerintah di bidang pertanian, geospasial statistik pertanian, dan potensi pertanian termasuk urban farming, struktur demografi petani,” ujar Margo saat memberikan sambutan acara pencanangan pelaksanaan Sensus Pertanian 2023, di Istana Negara, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Adapun tema yang diusung dalam Sensus Pertanian 2023 ialah Mencatat Pertanian Indonesia untuk Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani. Tema ini diharapkan dapat menjadi landasan yang valid dalam perumusan kebijakan di bidang pertanian.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI