Tampilkan di aplikasi

Milenial, potensi besar penggerak pertanian dataran tinggi

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3999
20 Juli 2023

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3999

Masyarakat dataran tinggi

Sinar Tani
Generasi milenial menjadi tulang punggung pembangunan pertanian masa depan. Dengan energi yang cukup besar, milenial tidak boleh kalah dengan generasi sebelumnya. Bahkan peluang untuk mendapatkan keuntungan semakin besar. Apalagi petani sekarang tak lagi hanya mengurusi produksi saja, tapi juga pengolahan dan pemasarannya. Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah.

Namun hingga kini belum semua bisa dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat. Salah satunya adalah wilayah dataran tinggi yang memiliki potensi untuk pengembangan hortikultura, tanaman pangan dan perkebunan, bahkan ternak.

Dataran tinggi yang berpotensi untuk usaha pengembangan pertanian berkisar 6,8 juta hektar (ha). Hal ini tidak sebanding dengan luasnya dataran rendah yang mencapai 87,2 juta ha. Namun pertanian dataran tinggi jauh lebih strategis dalam mendukung swasembada pangan, sekaligus juga menjamin ketersediaan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

Upland Project ini dirancang dalam membantu perkembangan dan perluasan lahan untuk pengembangan komoditi pertanian secara spesifik. Proyek tersebut juga dalam mendukung program swasembada pangan nasional.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI