Tampilkan di aplikasi

Menguak potensi durian lokal

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3999
20 Juli 2023

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3999

Durian

Sinar Tani
Durian menjadi komoditas buah yang banyak disukai masyarakat, sehingga potensi pasarnya terbuka lebar, bukan hanya dalam negeri tapi juga di mancanegara. Nah, ternyata bumi nusantara memiliki potensi durian cukup besar dari Sabang sampai Merauke.

Di Bumi Rencong, Aceh ada durian lokal yang dinamakan Mas Ajay atau Bantal Mas, Blue Sky, Jalu, Danton, Khadijah dan durian Serat Rambutan. Ada juga durian Danton, Khadijah, Serat Rambutan dan terakhir Mas Pri. Durian tersebut banyak terdapat di dua yakni Kabupaten Aceh Jaya dan Aceh Besar.

Durian tersebut tak hanya memiliki bentuk yang unik, namun juga meninggalkan cita rasa yang tak akan terlupakan bagi yang pernah mencicipinya. Bahkan durian Jalu pernah mendapat juara ke 4 kontes durian dengan harga di kebun Rp 100 ribu/kg. Sementara Mas Ajay pada 2022 juara 1 di Provinsi Aceh. Mas Ajay atau dikenal juga Bantal Mas adalah durian yang memiliki keunikan luar biasa.

Sementara itu Kepulauan Bangka Belitung ternyata memiliki durian lokal unggul yang tak kalah. Saat ajang Bazar Durian di Desa Air Mesu, 13-15 Juli 2023 terkuat dua varietas durian unggul telah dilepas yaitu durian Klamunod dan durian Namlung Petaling 06.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI