Tampilkan di aplikasi

Beras organik, produk pertanian ramah lingkungan Magelang

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4012
26 Oktober 2023

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4012

UPLAND Project

Sinar Tani
Pertanian ramah lingkungan kini menjadi isu global dan menjadi alternatif di tengah isu perubahan iklim. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertanian pun terus mendorong budidaya padi ramah lingkungan. Persoalan lingkungan dalam budidaya padi memang menjadi sorotan dunia. Apalagi, bagi Indonesia yang petaninya sudah sangat tergantung sarana produksi berbahan baku kimia, baik pupuk maupun pestisida.

Berbagai kebijakan dan program pun diluncurkan pemerintah agar petani menerapkan pertanian ramah lingkungan. Salah satunya melalui program UPLAND Project (The Development of Integrated Farming System In Upland Areas) yang diterapkan dalam budidaya padi di Magelang, Jawa Tengah.

Pertanian ramah lingkungan merupakan kegiatan yang mendorong produksi ketersediaan beras organik untuk konsumsi masyarakat Indonesia. Peningkatan produksi pertanian beras organik dalam UPLAND Project ini mendapat dana hibah dari IsDB dan IFAD.

Magelang menjadi salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki lahan pertanian yang luas dan subur. Konsumsi beras organik memiliki beberapa keuntungan yang penting bagi kesehatan, khususnya masyarakat. Beras organik juga dirasa lebih aman terhadap lingkungan sekitar.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI