Tampilkan di aplikasi

Daniel Ek, CEO Spotify, bakat bisnis sejak muda

Tabloid Sinyal - Edisi 247
8 April 2016

Tabloid Sinyal - Edisi 247

Spotify adalah sebuah layanan musik streaming yang menawarkan musik yang diklaim legal. Layanan ini bekerja sama dengan berbagai studio rekaman dan label musik di seluruh dunia.

Sinyal
Suatu sore di Stockholm, Swedia, meski lelah dan dilanda sakit, Daniel Ek tetap melanjutkan rencana perjalanannya ke San Fransisco, New York, Denmark, Belanda dan Perancis untuk memantau peluncuran bisnisnya. Ya, apalagi kalau bukan Spotify. Di Indonesia, namanya mungkin belum setenar bos-bos industri digital lainnya, namun pria berkepala botak ini patut diperhitungkan.

Spotify adalah sebuah layanan musik streaming yang menawarkan musik yang diklaim legal. Layanan ini bekerja sama dengan berbagai studio rekaman dan label musik di seluruh dunia. Sukses di beberapa negara, membuat Daniel merambah Indonesia. Akhir Maret lalu, Spotify resmi melayani pecinta musik tanah air.

Membangun Kerajaan Kecil Daniel Ek dilahirkan di Stockholm, Swedia pada 21 Februari 1983. Bakat bisnis pria satu ini rupanya sudah nampak sejak ia menginjak usia remaja. Di usia nya yang kala itu masih belia, ia sudah menjalankan bisnis web hosting dari kamarnya sendiri Kala itu ia baru berusia 13 tahun dan sudah menyediakan jasa pembuatan website. Sebagian besar waktunya dihabiskan di depan komputer. Hingga pada suatu saat, orang-orang mulai menginginkan jasanya untuk membuat website bisnis untuk mereka. Saat coba-coba, Ek mematok harga $100 untuk sebuah website. Melihat peluang ini, jiwa enterpreneur Ek muda mulai bangkit. Berikutnya, ia mematok harga $200. Begitu seterusnya hingga akhirnya harganya mencapai $5000 untuk sebuah website. Meski masih muda, ia sudah tahu merasakan hasil usahanya sendiri.

Tak berhenti sampai di situ, ia merekrut teman-teman sekolahnya untuk bekerja padanya. Anak yang jago matematika jadi sasarannya kala itu. Uniknya, ia hanya membayar mereka dengan video games. Berbekal itu, Ek mengajarkan temantemannya bagaimana membuat sebuah website dari komputer sekolahnya. Berkat hal tersebut, pendapatannya perbulan mencapai $50.000
Tabloid Sinyal di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI