Tampilkan di aplikasi

Tokoh sentral dibalik sukses supercell

Tabloid Sinyal - Edisi 248
22 April 2016

Tabloid Sinyal - Edisi 248

Ada yang masih ingat dengan game fenomenal Clash of Clans? Sebagain besar orang pasti masih memainkannya hingga saat ini.

Sinyal
Ada yang masih ingat dengan game fenomenal Clash of Clans? Sebagain besar orang pasti masih memainkannya hingga saat ini. Keberadaan Klan dalam game ini menjadi menarik. Pasalnya para pemain bisa berinteraksi satu sama lain dan merencanakan serangan. Bahkan ada juga klub nongkrong yang terbentuk dari Klan dalam game ini.

Atau game Boom Beach? Game strategi perang di pantai yang tak kalah serunya dengan Clash of Clan. Juga game pertanian Hay Day. Baru-baru ini muncul lagi game serupa, yakni Clash Royale. Mirip Clash of Clan, hanya saja di game ini pemain hanya bisa melawan satu pemain lain dalam sekali kesempatan. Tidak bisa melakukan perang antar klan seperti di Clash of Clan. Dibalik game-game yang laku keras di seantero dunia itu, ada Ilkka Paananen. Pengusaha asal Finlandia ini sukses mewujudkan mimpinya untuk menciptakan game yang terus dimainkan hingga saat ini.

Bisnis Start Up Ilkka sebenarnya bukanlah orang baru dalam bisnis start up. Berbagai usaha startup dilakoni untuk memuaskan hasratnya. Pria ini amat mencintai game. Bisnis-bisnis yang dibangunnya selalu berhubungan dengan game. Bersama dengan seorang temannya, Mikko Kodisoja, ia membangun sebuah startup bernama Sumea pada tahun 2000.

Bisnis berjalan dengan baik. Hingga pada tahun 2004, Sumea diakuisisi oleh sebuah perusahaan game bernama Digital Chocolate. Usai akuisisi itu, Digital Chocolate berganti nama menjadi Digital Chocolate Helsinki. Kala itu, Ilkka dipercaya untuk menjabat sebagai Direktur Eksekutif Ilkka sendiri mempunyai mimpi yang besar dalam industri game. Ia bertekad membuat game yang akan terus dimainkan orang selama bertahun-tahun. Jabatan sebagai Direktur dalam perusahaan baru itu nyata tak mampu membendung hasrat Ilkka untuk mewujudkan impiannya. Akhirnya tahun 2010, ia beserta kelima rekannya memutuskan untuk hengkang dari Digital Chocolate untuk memulai start up baru lainnya.
Tabloid Sinyal di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI