Tampilkan di aplikasi

Sihir smartphone flagship, pantaskah untuk dilirik?

Tabloid Sinyal - Edisi 256
26 Agustus 2016

Tabloid Sinyal - Edisi 256

Miliki segudang fitur berteknologi, pantaskah Smartphone Flagship dibawa pulang?

Sinyal
Sedikitnya ada satu smartphone berlabel fl agship yang dirilis oleh tiap produsen tiap tahunnya. Bahkan salah satu produsen sampai punya dua lini fl agship yang terus ditunggu kehadirannya. Bahkan sebelum kehadirannya secara resmi di pasaran, smartphone-smartphone fl agship ini telah digembar-gemborkan kemampuannya. Balutan teknologi paling mutakhir biasanya jadi jualan utama smartphone fl agship tersebut. Namun terkadang, fungsi teknologi yang ditawarkan belum tentu diperlukan oleh penggunanya. Beberapa contoh menarik yang bisa disebutkan adalah, layar lengkung kepunyaan Samsung Galaxy S7 Edge. Untuk melengkungkan layar smartphone dan membuatnya berfungsi dengan baik, bukanlah pekerjaan mudah. Sayangnya Samsung hanya memanfaatkannya tak lebih dari sekedar fungsi short cut.

Ini sebenarnya menghilangkan keseksian teknologi layar lengkung itu sendiri. Lalu pada iPhone 6S, ada teknologi 3D Touch yang dikembangkan di dalamnya. Fitur ini cukup menuai kritik, lagi-lagi karena kegunaanya yang tanggung. Apple disarankan oleh sejumlah pengamat untuk menambahkan fi tur dalam iOS. Ini supaya 3D Touch berfungsi lebih optimal lagi. Bicara vendor lain seperti, LG, HTC, Microsoft, sampai Sony, semuanya mengeluarkan smartphone fl agship andalannya. Tentu mereka berlomba memamerkan fi tur dan teknologi mutakhir. Sebut saja dua kamera utama pada LG G5, sistem operasi yang baru pada Lumia 950, sampai layar beresolusi 4K di Xperia Z5 Premium.

Tentu, dengan taburan fi tur teknologi yang mewah, harga smartphone fl agship jadi tinggi. Pertanyaan yang tersisa adalah, pantaskah smartphone fl agship dibawa pulang? Harga Jual vs Fitur Unggulan Sebagai ponsel unggul dengan sematan ragam fi tur berteknologi tinggi, menuntut smartphone fl agship jadi sempurna. Apalagi smartphonesmartphone fl agship dibanderol dengan harga premium, nyaris tidak ada kesempatan bagi produsen untuk mengecewakan konsumen. Akan tetapi taburan fi tur pada smartphone bisa jadi buah simalakama.
Tabloid Sinyal di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI