Tampilkan di aplikasi

Umat mandiri, umat yang dinanti

Majalah Swadaya - Edisi 185
1 Februari 2018

Majalah Swadaya - Edisi 185

Islam pun mengajarkan umatnya untuk tidak bergantung kepada selain Allah, karena kehormatan dan kemuliaan yang sebenarnya adalah ketika hati kita bebas dari bergantung kepada selain Allah SWT.

Swadaya
Seorang anak perempuan berusia lima tahun tampak bersiap-siap berangkat ke sekolah. Tanpa dibantu orangtuanya, anak tersebut mandi, memakai baju, sarapan, dan berangkat ke sekolah sendiri. Sesekali, ia pun membantu ibunya mengurus adiknya yang masih balita dengan menyuapi dan memakaikannya pakaian.

Setelah pulang sekolah, ia menyempatkan diri membantu ibunya membuat gorengan untuk dijual. Setelah gorengannya jadi, anak itu ikut membantu menjajakan gorengan ke tetanggatetangganya.

Ilustrasi kisah ini merupakan salah satu contoh bentuk kemandirian seorang anak. Di usianya yang masih sangat muda, ia sudah dapat melakukan hal-hal yang jarang dilakukan oleh anak-anak seusianya. Ketika ada hal yang bisa dilakukan sendiri, ia melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain.

Bahkan, di usianya yang masih dini, ia sudah bisa membantu meringankan beban orang lain, ibunya. Sederhananya, “mandiri” berarti tidak bergantung pada orang lain, atau dapat berdiri sendiri tanpa mengandalkan orang lain. lebih jauh lagi, KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) menjelaskan, mandiri adalah salah satu sikap yang membuat seseorang dimuliakan oleh Allah SWT.

Tidak dapat dipungkiri, tidak ada manusia yang tidak membutuhkan orang lain. hampir seluruh aktivitasnya dilakukan dengan campur tangan tangan orang lain. Namun, akan jadi masalah ketika ketergantungannya kepada orang lain menjadi sebuah karakter dan menjadi beban orang lain.

Aa Gym, secara mendalam menjelaskan bahwa kemandirian merupakan salah satu hikmah dari asma Allah, yakni al-Qayyuum. Yang Mahaberdiri Sendiri. Allah tidak membutuhkan sesuatu pun dalam mengurus semesta ini. Sedangkan manusia, semandiri apa pun pasti tetap membutuhkan sesuatu.
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI