Tampilkan di aplikasi

Kaleidoskop wakaf DT 2017

Majalah Swadaya - Edisi 185
1 Februari 2018

Majalah Swadaya - Edisi 185

Nazhir Wakaf Daarut Tauhiid (DT) mengalami pergantian di 2017. Pun, dengan struktur Wakaf DT, mengalami perubahan dan pengembangan.

Swadaya
Di tahun 2017, Wakaf DT mengalami berbagai capaian, yang secara garis besar dibagi menjadi empat, yakni pembangunan dan program, penghimpunan, pemanfaatan aset wakaf, dan pengelolaan.

Dalam pembangunan dan program, di tahun 2017, berbagai pembangunan aset wakaf berhasil dirampungkan, di antaranya pembangunan ruang kelas baru (RKB) dan Asrama Eco di bulan Juni dan ruang kelas untuk SMA DTBS Putri pada April 2017.

Dua dari lima Masjid DT juga dirampungkan. Tahap pertama pembangunan Masjid DT Cipaku rampung pada September. Sementara itu, Masjid DT Bandung dinyatakan rampung secara fungsional pada Oktober. Di bulan berikutnya, Masjid DT Bandung, yang hampir rampung secara keseluruhan, diresmikan oleh Aa Gym.

Tercatat pembangunan Masjid DT Bandung hemat 1,2 miliar rupiah. Untuk pembangunan Masjid DT lainnya, yakni Masjid DT Batam, Fatwa Planologi berhasil didapat pada awal November. Adapun tahap perencanaan pembangunan Masjid DT Serua rampung pada pekan kedua November.

Di Parongpong, pembangunan fisik Masjid DT Eco Pesantren mencapai hampir 60 persen di akhir tahun 2017. Pembangunan Asrama Tahfiz pun mulai memasuki pembangunan tahap kedua. Pembangunan tahap pertama Asrama Tahfiz sudah dinyatakan rampung pada pertengahan Desember.

Untuk Program Wakaf al-Quran, hampir 20 ribu mushaf disalurkan ke berbagai daerah di Indonesia. Di sepanjang 2017, sebanyak tujuh ribu lebih mushaf Quran Wakaf yang disebarkan, di antaranya ke Garut, Bengkulu, Palembang, Yogyakarta, Manggarai, dan Bima.

Di 2017, beberapa acara membuat aset Wakaf DT sangat makmur, salah satunya Gerakan Salat Subuh Berjamaah yang diikuti empat ribu jamaah. Acara yang digelar pada Januari itu, memperlihatkan salat subuh yang makmumnya tumpah ruah ke seberang masjid, layaknya salat jumat. Di sisi penghimpunan, Wakaf DT mengalami kenaikan sebesar 25 persen.
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI