Tampilkan di aplikasi

Berilmu sebelum beramal

Majalah Swadaya - Edisi 187
3 April 2018

Majalah Swadaya - Edisi 187

”ADAKAH sama orang-orang yang tahu dengan orang-orang yang tidak mengetahui?” (QS Az-Zumar [39]:9)

Swadaya
Ayat yang pertama turun kepada Rasulullah saw. adalah tentang perintah membaca, mengumpulkan informasi yang terserak agar menjadi kesatuan untuk kemudian ditelaah sehingga melahirkan sebuah makna yang bisa dipahami. Itulah perintah IQRA.

Apabila kita menjalankan iqra dalam hal apa pun, niscaya Allah Ta’ala akan membukakan aneka kebaikan dan kemanfaatkan dari apa yang kita lakukan tersebut. Salat, zakat, puasa, berhaji, dan semua amal ibadah tidak akan lagi menjadi misteri yang tertutup tabir gelap apabila kita mengawalinya dengan proses iqra.

Sejatinya, ibadah kita menjadi tidak optimal karena konsep iqra kita tidak jalan. Padahal, secara hierarki, sebelum beriman dan beramal saleh, kita diperintahkan untuk melakukan proses berpikir terlebih dahulu. Simaklah firman Allah Azza wa Jalla pada awal surah Al-Baqarah ketika menjelaskan karakteritik orang-orang bertakwa.

”Alif Lâm Mîm. Kitab (Al-Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa, (yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, yang mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka, dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al-Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat.

Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung.” (QS Al-Baqarah, 2:1-5) Di sini terungkap sebuah pernyataan bahwa Al- Quran adalah kitab yang tidak ada sedikit pun keraguan di dalamnya. Maka, dia dapat dijadikan panduan untuk meraih kehidupan yang baik di dunia dan di akhirat. Tentu saja, untuk mengikis keraguan ini, seorang Muslim diwajibkan untuk melakukan proses iqra, membaca, menelaah, dan menghayati kitab suci tersebut.
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI