Tampilkan di aplikasi

Mengalirkan kebaikan zakat

Majalah Swadaya - Edisi 190
3 Juli 2018

Majalah Swadaya - Edisi 190

SYAHDAN. Menjelang akhir hidupnya, Umar bin Abdul `Aziz (717-720 M) menerima sepucuk surat dari Gubernur Baghdad, Yazid bin Abdurahman. Khalifah dari Bani Umayyah itu menerima laporan dana zakat di Baitul Mal melimpah ruah.

Swadaya
SYAHDAN. Menjelang akhir hidupnya, Umar bin Abdul `Aziz (717-720 M) menerima sepucuk surat dari Gubernur Baghdad, Yazid bin Abdurahman. Khalifah dari Bani Umayyah itu menerima laporan dana zakat di Baitul Mal melimpah ruah. Sebabnya, tidak ada yang mau menerima dana zakat. Mereka menolak karena hidupnya sudah berkecukupan. Yazid pun menjadi bingung dan meminta saran kepada khalifah yang terkenal adil dan bijaksana tersebut.

Umar lalu memerintahkan agar dana zakat diberikan kepada orang yang biasa menerima upah. Namun, Yazid menjawab, ”Sudah diberikan tapi dana zakat masih berlimpah di Baitul Mal.” Umar kembali memerintahkan supaya dana zakat diberikan kepada orang yang berutang dan tidak boros. Yazid berkata, ”Kami sudah bayarkan utang-utang mereka, tapi dana zakat masih berlimpah.”

Tidak kehabisan akal, Umar memberi perintah untuk menikahkan orang yang lajang dan membayarkan maharnya dengan dana zakat di Baitul Mal. Jawaban serupa kembali disampaikan Yazid, hal tersebut sudah dilakukan namun dana zakat di Baitul Mal masih menggunung. Akhirnya, khalifah memerintahkan agar dana zakat diberikan kepada wirausaha yang membutuhkan modal, lalu memberikan modal tersebut tanpa harus dikembalikan.

Merenungi sepenggal kisahUmar bin Abdul `Aziz ini, memang membuat siapa saja berdecak kagum. Khalifah legendaris tersebut mampu menjalankan amanah kepemimpinannya yang hanya sekitar dua setengah tahun dengan gemilang. Kemakmuranyang jadi acuan berhasil atau tidaknya seorang pemimpin, berhasil ia buktikan. Zakat adalah instrumen kunci bagi Umar bin Abdul `Aziz mewujudkan kesejahteraan bagi rakyatnya.
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI