Tampilkan di aplikasi

Pemanfaatan limbah ternak untuk ekonomi produktif

Majalah Swadaya - Edisi 190
3 Juli 2018

Majalah Swadaya - Edisi 190

DESA Ternak Mandiri (DTM) berbasis lingkungan hidup merupakan salah satu program lanjutan dari DTM di DT Peduli yang dapat dikembangkan melalui teknologi tepat guna dengan memanfaatkan kotoran ternak menjadi biogas.

Swadaya
DESA Ternak Mandiri (DTM) berbasis lingkungan hidup merupakan salah satu program lanjutan dari DTM di DT Peduli yang dapat dikembangkan melalui teknologi tepat guna dengan memanfaatkan kotoran ternak menjadi biogas. Selain dinilai dapat membentuk usaha ternak yang lebih ramah lingkungan, penerapan teknologi tepat guna dalam bentuk biogas juga dinilai akan dapat meningkatkan ekonomi produktif masyarakat desa.

Caranya melalui pengembangan-pengembangan lebih lanjut dari program tersebut, seperti usaha pupuk kompos dari slurry biogas, pengembangan pakan ikan, penghematan energi elpiji, penghematan pakan ternak melalui budidaya lemna Sp, peningkatan hasil pertanian, produksi pupuk kas cacing, dan eco-village.

Penerapan teknologi tepat guna yang dimulai dengan membangun reaktor biogas tersebut diharapkan dapat menunjang menigkatkan kesejahteraan masyarakat di desa binaan pada program Desa Ternak Mandiri. Untuk merealisasikan tujuan tersebut, maka pada awal 2018 ini dimulailah pembangunan reaktor biogas yang pertama pada Program Desa Ternak Mandiri dengan nama “Konstruksi Teknologi Tepat Guna Biogas”.

Adapun tujuan program ini untuk mengolah limbah jadi berkah dengan menciptakan model peternakan yang ramah lingkungan, meningkatkan kesejahteraan keluarga, membantu menyediakan lapangan kerja di pedesaan, meningkatkan wawasan dan keterampilan peternak kecil di pedesaan yang ramah lingkungan, menambah populasi jumlah ternak dan menjadikan desa sentra ternak domba, menghasilkan nilai guna tambahan dari teknologi tepat guna biogas berupa bioenergi, meningkatkan kualitas hewan ternak, dan menjadi sumber pendapatan baru bagi masyarakat.
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI