Tampilkan di aplikasi

Aksi peduli korban banjir di tanah air

Majalah Swadaya - Edisi 209
27 Februari 2020

Majalah Swadaya - Edisi 209

DT Peduli

Swadaya
Hari terakhir di 2019, yakni pada Selasa (31/12), terjadi bencana banjir yang besar, dan meluas ke berbagai daerah di Kota dan Kabupaten Bandung. Lalu pada hari pertama di 2020, yaitu pada (1/1), terjadi pula banjir yang lebih dahsyat di daerah Banten dan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi).

Muhammad Ihsan, Direktur Program Daa rut Tauhiid (DT) Peduli menjelaskan, ber dasarkan informasi yang didapat dariBadan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), serta Tim dari DT Peduli yang bekerja sama dengan DT Berdaya, terdapat tidak kurang dari 150 titik banjir terjadi di Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten.

Tidak kurang dari 25 ribu masyarakat terdampak yang mengungsi, dan 40 jiwa meninggal dunia. “Alhamdulillah pada 31 Desember 2019, Tim DT Peduli Bandung langsung bergerak cepat memberikan bantuan evakuasi, dapur umum, posko, dan memberikan bantuan kebutuhan mendesak saat itu.

Mohon doanya dari semua sahabat DT Peduli, agar masyarakat yang terdampak ini bisa tabah menghadapi ujian, karena memang menghadapi bencana ini tidak mudah. Ada yang ketinggian banjirnya melebihi dua meter, sehingga banyak rumah, dan fasilitas umum yang rusak, bahkan hanyut,” tutur Muhammad Ihsan.

Sampai saat ini, DT Peduli masih melakukan proses pembersihan fasilitas umum, dan akan berusaha membangun kembali jembatan-jembatan yang putus di Kecamatan Sajira, Banten, untuk memulihkan perekonomian warga setempat
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI