Tampilkan di aplikasi

Menghadapi suami kecanduan game online

Majalah Swadaya - Edisi 209
27 Februari 2020

Majalah Swadaya - Edisi 209

Game online

Swadaya
1. Niat yang kuat Cara mengatasi kecanduan game pada orang dewasa tidak akan dapat dilakukan dengan benar apabila yang bersangkutan tidak mengakui masalahnya sendiri.

Untuk dapat pulih dari kecanduan game, pelakunya harus mengakui dengan lapang dada bahwa dirinya memiliki masalah.

Setelah proses pengakuan diri tersebut dilewati, maka niat yang kuat harus ditanamkan ke dalam diri untuk sembuh dan menjalani cara yang diperlukan mengatasi kecanduan tersebut. Jadi yang bersangkutan harus memahami dulu kerugian dan kecanduannya terhadap game online.

2. Mengenali pemicunya Anda perlu mengenali pemicu yang membuat suami bermain game secara berlebihan. Bermain game berlebihan seringkali merupakan bentuk pelarian diri atas masalah yang sedang dihadapi.

Mencari penghiburan diri di kala stres memang suatu hal yang diperlukan, namun jika kegiatan bermain game tersebut menjadi suatu hal yang mulai berlebihan maka hal itu perlu diwaspadai.

Ketika pemicunya sudah didapatkan, hal yang pertama harus dilakukan adalah mencoba mengatasi masalah yang menjadi akar kecanduan game tersebut, bukalah dialog, komunikasi yang lancar dan aman dengan suami, tidak menyudutkan atau menyalahkan.

3. Kurangi durasinya Cara mengatasi kecanduan game pada orang dewasa tidak mungkin dilakukan sekaligus. Karena, dengan durasi permainan yang panjang maka kesehariannya akan menjadi kosong mendadak jika langsung dihentikan.

Lakukan proses berhenti bermain secara bertahap. Atur jadwal kapan untuk bermain atau keperluan lain, dan kapan akan memegang gadget untuk keperluan penting. Jangan melakukan permainan diluar jadwal yang sudah dibuat. Kurangi waktunya sedikit demi sedikit.
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI