Tampilkan di aplikasi

Bangun desa, bakti DT Peduli untuk Indonesia

Majalah Swadaya - Edisi 210
6 Maret 2020

Majalah Swadaya - Edisi 210

Kampung Domba

Swadaya
Desa menurut definisi universal, adalah sebuah aglomerasi pemukiman di area perdesaan. Di Indonesia, istilah desa adalah pembagian wilayah administratif di bawah kecamatan, yang dipimpin oleh Kepala Desa. Sedangkan menurut Wikipedia, desa adalah pemasok terhadap kebutuhan di kota, atau yang disebut dengan hinterland.

Desa adalah sumber tenaga kasar untuk perkotaan.. Sementara 'bangun' memiliki arti secara bahasa membangunkan, bangunkan, membangkitkan, jaga, menghidupkan kembali. Jadi, kata bangun desa memiliki kaya akan makna, yang semoga ini menjadi doa agar setiap kebaikan dari sebuah pemaknaan menjadi jalan terwujudnya harapan.

Daarut Tauhiid (DT) Peduli dengan segala kemampuan membangun sinergi di berbagai aspek. Mulai dari segi pendidikan, ekonomi, dakwah, kesehatan dan kemanusiaan, dengan Program Desa Tangguh, berusaha memberikan bakti terbaik untuk Indonesia tercinta. Membangun Indonesia dari desa adalah cara yang efektif menuju perubahan yang lebih baik. Misal, melalui pilar-pilarnya, DT Peduli melakukan pemberdayaan berkesinambungan dengan membina masyarakat pedesaan.

Pemberdayaan dari segi ekonomi desa bisa dimulai dengan pembentukan kelompok Petani Tangguh, Peternak Tangguh, UKM Tangguh, Misykat (Micro Ekonomi Syariah Berbasis Masyarakat) yang didukung pelatihan manajemen keuangan dalam usaha dan pola kehidupan sehari-hari dan dikuatkan dengan pembinaan ruhiyah, agar setiap binaan bersih akidahnya, serta semakin dekat kepada Allah.

Bersamaan dengan itu, pilar kesehatan untuk masyarakat, dalam rangka menjaga produktifitas yang mendukung suksesnya setiap program, dari penyuluhan kesehatan kepada masyarakat, mendukung fasilitas agar terbangun pola hidup sehat, serta memahamkan tentang kesadaran hidup sehat ala Rasulullah saw sebagai penguat dari segi kesehatan untuk masyarakat.
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI