Tampilkan di aplikasi

Mencegah penyakit degeneratif

Majalah Swadaya - Edisi 210
6 Maret 2020

Majalah Swadaya - Edisi 210

Buah dan sayur

Swadaya
Penyakit degeneratif! Seiring perkembangan zaman, istilah ini semakin sering kita dengar. Namun, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan penyakit degeneratif tersebut? Penyakit degeneratif! zaman, istilah ini semakin sering kita dengar.

Namun, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan Seiring perkembanganpenyakit degeneratif tersebut? Secara umum, penyakit degeneratif adalah penyakit yang muncul seiring dengan pertambahan usia sebagai akibat dari menurunnya fungsi-fungsi tubuh.

Penyakit ini disebabkan oleh fungsi atau struktur dari jaringan atau organ yang mengalami perubahan ke arah yang lebih buruk dari waktu ke waktu. Tubuh mengalami defisiensi produksi enzim dan hormon, imunodefisiensi, peroksida lipid, kerusakan sel (DNA), pembuluh darah, jaringan protein dan kulit.

Apabila kita identifikasi, penyakit degeneratif ada banyak macamnya. Jumlahnya tidak kurang dari 50 macam. Dari sekian jenis tersebut, beberapa di antaranya sangat familiar bagi kita, semisal penyakit jantung koroner (PJK), hipertensi, diabetes melitus (DM), stroke, osteoporosis, artritis rhematoid (rematik), kerusakan saraf otak (pikun), termasuk pula parkinson.

Faktor pencetus penyakit degeneratif pun sangat beragam, mulai dari faktor keturunan, lingkungan, mutasi gen, usia tua, sampai dengan gaya hidup yang tidak sehat. Berikut ini beberapa penyebab spesifik dari penyakit degeneratif, antara lain:

1. Gaya hidup yang tidak sehat, di antaranya kurang olahraga (pola hidup sedentarian, kurang bergerak), merokok, minumal beralkohol, narkoba, gila kerja (workoholic) dan kurang istirahat, stres psikologis alias tekanan batin;

2. terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh (kolesterol), gula murni berlebihan, makanan yang kurang serat, makanan sintetik, dan sejenisnya;

3. faktor obesitas atau kegemukan;

4. paparan zat kimia (Pb, Ar, Hg, zat warna pakaian, asam borak, formalin, plastik, dan lainnya).
Majalah Swadaya di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI