Tampilkan di aplikasi

Sensasi belaian belalai kecil

Majalah Swara Cinta - Edisi 72
18 September 2017

Majalah Swara Cinta - Edisi 72

Andalas merupakan anak gajah sumatera berusia tiga tahun yang oleh pengelola Taman Nasional Way Kambas Lampung (TNWK) sengaja dilepas-liarkan.

Swara Cinta
Di bawah awan putih yang menggumpal Andalas tampak liar. Ia bebas berlarian kesana kemari. Ketika ada manusia yang mendekat, Andalas tak segan menyeruduknya. Namun serudukan itu bukan pertanda mengusir, melainkan ajakan untuk bermain. Tak jauh darinya tampak Ella, ibunda Andalas yang kaki belakangnya terpasung rantai. Lelah berlarian bebas, tanpa sungkan Andalas kembali ke pangkuan sang bunda untuk menyusu.

Andalas merupakan anak gajah sumatera berusia tiga tahun yang oleh pengelola Taman Nasional Way Kambas Lampung (TNWK) sengaja dilepas-liarkan. Ia hidup bebas tanpa kerangkeng. Berbeda dengan Ella induknya yang dirantai. Saat waktu mandi tiba, baru rantai yang membelit kaki Ella dilepas, sang Mahout (pawang) pun secara perlahan menuntun Ella menuju sebuah kolam sedalam 2 meter. Di belakangnya Andalas mengikuti.

Itulah suasana kehidupan keluarga gajah sumatera selama masa pendidikan di area konservasi TNWK. Usai dimandikan, Ella dan Andalas bagaikan artis ibu kota. Kedua mamalia darat terbesar di bumi itu langsung diserbu pengunjung yang hendak berswafoto. Ketika lensa kamera mengarah pada wajah Andalas, belalai kecilnya menjulur seraya meminta camilan. Selain melihat kehidupan gajah di alam liar, wisatawan TNWK juga dapat menikmati menunggang gajah keliling area pelatihan.

Di sana wisatawan akan diberikan edukasi oleh Mahout mengenai kehidupan gajah, cara bersosialisasi, jenis panganan dan kebiasaan gajah di alam liar. Guna mengakses TNWK yang berada di wilayah Sukadana dan Way Kanan, Lampung dari arah Pelabuhan Bakauheni bisa ditempuh melalui jalur lintas timur dengan lama perjalanan 3 jam, atau 2 jam perjalanan jika ditempuh dari kota Bandar Lampung via Metro.
Majalah Swara Cinta di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Edisi lainnya    Baca Gratis
DARI EDISI INI