Tampilkan di aplikasi

Perusahaan global pendulang benefit IoT

Majalah Warta Ekonomi - Edisi 12/XXVIII
27 Desember 2017

Majalah Warta Ekonomi - Edisi 12/XXVIII

Penerapan teknologi Internet of Thing (IoT) di Indonesia sudah memasuki babak baru.

Warta Ekonomi
1. Industri E-Commerce. Selain Apple, Amazon adalah salah satu penguasa pangsa pasar e-commerce yang memaksimalkan penggunaan IoT. Pelan tapi pasti, produk-produk IoT Amazon mulai memenuhi ruang keluarga, mulai dari Kindle TV, Amazon Echo, dan Amazon Dash.

Amazon Echo adalah perangkat unit karena bisa memberikan instruksi urutan, memainkan musik, serta menginformasikan kondisi cuaca dan jalan raya. Ketiga produk Amazon tersebut adalah paket yang lengkap untuk menguatkan citra Amazon sebagai perusahaan e-commerce.

2. Industri Peternakan. Telstra, Peloris, Chinese Quarantine, Sendum, M2M Connectivity, dan berbagai produsen susu segar dari Australia menggunakan teknologi IoT untuk memonitor suhu dan melacak distribusi produk mereka ke Cina hanya dalam waktu 36 jam.

Dengan IoT, waktu distribusi untuk jarak yang mencapai 7.000 kilometer bisa dipangkas dari yang semula 3 pekan menjadi maksimal 2 hari saja. Penggunaan robot dan drone, serta otomasi sistem penyemaian telah membawa perubahan sangat positif terhadap rantai pasok secara keseluruhan.

3. Industri Makanan dan Minuman. Heineken, produsen minuman bir ternama asal Belanda, memanfaatkan IoT untuk desain botol terbaru mereka. Perusahaan memasang RO sensor di botol minuman agar bisa merespon detak musik di sebuah kelab, serta menyala secara otomatis saat tidak ada yang menyentuhnya dengan bantuan alat pintar lain yang terhubung.

Fitur ini tentu memberikan pengalaman baru bagi para konsumen. Saat ini, perusahaan menjual lebih dari 8,5 juta barel bir di AS dan menjadi produsen minuman bir terbesar di Eropa.

4. Industri Hiburan Warner Bros, produsen film yang berlokasi di pusat industri hiburan Hollywood, tengah mengembangkan penggunaan IoT untuk menciptakan model pembelian digital bagi konsumennya dan mengintegrasikan semua konten dengan kehidupan konsumen lewat semua alat berbasi IoT.
Majalah Warta Ekonomi di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI