Tampilkan di aplikasi

Membangun DNA Asean Class Company

Majalah Warta Ekonomi - Edisi 07/XXVIII/2018
23 Juli 2018

Majalah Warta Ekonomi - Edisi 07/XXVIII/2018

Lukman Hidayat, Presiden Direktur PT PP (Persero) Tbk / Foto : PT PP

Warta Ekonomi
Pada satu titik, manajemen PT PP menyadari bahwa apabila perusahaan tidak melakukan transformasi diri, akan dilibas oleh perubahan dan perusahaan lain. Dari sinilah DNA sebagai perusahaan konstruksi berkaliber global sedang dibangun.

Dari kegalauan ini, Bambang Triwibowo mencoba mendiskusikan hal ini dengan salah seorang komisaris di PT PP, yakni Daryatno. Ia sampaikan apa yang menjadi kerisauannya. Dari percakapan itu, lahir gagasan untuk melakukan transformasi di tubuh PT PP. Pasalnya kalau hanya mengandalkan laba bersih bisnis jasa konstruksi, hasilnya kurang memuaskan. Ia bersama jajaran direksi ketika itu pun menyepakati untuk menggarap bisnis yang masih terkait dengan jasa konstruksi.

“Langkah utama untuk membesarkan PT PP dengan tidak mengandalkan 100% proses bisnis pada konstruksi, tetapi harus dibarengi dengan bisnis-bisnis yang lain, yang tetap related dengan bisnis konstruksi,” tulis Bambang Triwibowo sebagaimana tertuang dalam buku Transformation by Heart PT PP yang diterbitkan Bisnis Indonesia pada 2015. Bisnis baru yang dimaksud seperti EPC (engineering, procurement, construction), properti, pracetak, peralatan konstruksi, dan investasi.

Untuk menangkap peluang bisnis tersebut, perusahaan melakukan tansformasi organisasi. Bisnis EPC dan investment masih digarap langsung PT PP. Sementara untuk menggarap bisnis properti, komersial, residensial, dan perhotelan (hospitality), PT PP membentuk anak usaha yakni PT PP Properti.

Untuk menangani bisnis pracetek (pre-cast), pembangunan perkotaan, dan konstruksi perkotaan, didirikanlah PT PP Urban. Untuk menggarap bisnis peralatan konstruksi yang menggarap pekerjaan sipil, ready mix, foundation, bekisting, dan sewa alat berat, dibentuk PT Presisi Tbk (Lihat: Tabel Pohon Bisnis PT PP)
Majalah Warta Ekonomi di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI