Tampilkan di aplikasi

Kembali ke Indonesia saat booming startup

Majalah Warta Ekonomi - Edisi 05/XXIX/2019
21 Mei 2019

Majalah Warta Ekonomi - Edisi 05/XXIX/2019

Arip Tirta, Founder Urbanindo / Foto : Agus Aryanto

Warta Ekonomi
Arip Tirta, Founder Urbanindo meninggalkan kariernya yang mapan di Amerika Serikat untuk kembali ke tanah air dan mendirikan startup. Sebelumnya dia telah bekerja selama tujuh tahun di Hercules Technology Growth Capital yang berbasis di Palo Alto. Posisinya yang ditinggalkan di tahun 2001 adalah Director of Investment Analysis and Strategy.

Keputusan yang diambil kala itu mengejutkan banyak pihak, terutama keluarga. Saat itu semua orang menganggap langkah yang dia ambil kurang tepat dengan meninggalkan karier yang telah dibangun dengan cemerlang untuk kembali ke tanah air dan memulai kembali dari nol. Banyaknya tentangan dari lingkungan sekitarnya tak menyurutkan langkah Arip.

Bagi pria yang mendapatkan gelar masternya di Stanford University ini, keputusan kembali ke Indonesia bukanlah sebuah keputusan sulit sebab ia ingin ikut aktif berperan dalam momen perubahan. Selama berada di Amerika Serikat, Arip telah mempelajari banyak perusahaan teknologi besar Amerika, seperti Google, eBay, Amazon, Yahoo,Paypal, yang didirikan di era dot com boom dipertengahan hingga akhir 90-an.

Dia juga menyaksikan banyak perusahaan teknologi besar Amerika lainnya didirikan di era yang disebut web2.0 boom pada pertengahan tahun 2000, seperti YouTube, Facebook, Kayak, dan Zillow. Arip melihat perusahaanperusahaan itu tidak hanya mengubah cara orang Amerika hidup, tetapi juga mendefinisikan ulang cara orang Amerika melakukan bisnis.
Majalah Warta Ekonomi di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI