Tampilkan di aplikasi

Bahaya kebiasaan tidur larut malam

Majalah Womens Obsession - Edisi 83
1 Desember 2021

Majalah Womens Obsession - Edisi 83

kesehatan

Womens Obsession
Tidur larut malam dapat mengganggu siklus tidur-bangun alami tubuh, yang dapat memengaruhi fungsi mental dan tingkat energi seseorang pada hari berikutnya. Sering bergadang sepanjang malam dapat menyebabkan masalah tidur dan dapat memiliki efek jangka panjang pada kesehatan. Menukil Halodoc, sering bergadang bisa jadi salah satu penyebab mudah sakit dan cepat lupa.

Pasalnya, seseorang yang sering tidur terlalu larut malam bisa berdampak pada kesehatan secara keseluruhan. Kurang tidur dapat menurunkan gairah seks, melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuat seseorang kehilangan fokus, dan menyebabkan penambahan berat badan. Lebih dari itu, orang yang punya kebiasaan bergadang memiliki risiko lebih tinggi mengidap diabetes dan lebih mungkin mengembangkan penyakit jantung. Memiliki kebiasaan tidur larut malam juga dapat memengaruhi mood dan memicu stres.

Namun sebaliknya, tidur malam yang berkualitas akan membantu tubuh kita segar kembali, meningkatkan ketajaman mental, serta kesejahteraan emosional. Berikut ini beberapa bahaya tidur terlalu larut malam lainnya yang wajib diketahui.

Membuat jantung lelah Menurut data kesehatan yang diterbitkan European Heart Journal, mempunyai kebiasaan tidur terlalu larut malam juga terbukti berdampak negatif pada kesehatan jantung. Terutama penyakit jantung koroner dan stroke.

Peningkatan resiko kanker Sering terjaga sampai larut malam ternyata dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara, kolorektal, hingga kanker prostat.

Susah berpikir Melewatkan satu malam tanpa tidur dapat menyebabkan beberapa masalah kognisi. Fungsi otak termasuk memori, pengambilan keputusan, penalaran, dan pemecahan masalah memburuk ketika tidak tidur malam. Reaksi respons dan kewaspadaan pun turut menurun.

Risiko cepat lupa Tidur sangat penting sebagai proses mengonsolidasikan hal-hal yang kita serap dan pelajari di otak. Dengan kata lain, kita membutuhkan istirahat yang cukup untuk mengunci informasi baru dan menyimpannya dalam ingatan.
Majalah Womens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI