Tampilkan di aplikasi

Rohani, berdayakan perempuan manfaat tanaman pangan

Majalah Womens Obsession - Edisi 83
1 Desember 2021

Majalah Womens Obsession - Edisi 83

tanaman

Womens Obsession
Berawal dari memanfaatkan lahan kosong seluas 400 m² di belakang rumahnya, Rohani kini dipercaya untuk mengelola 20 lahan dengan luas kurang lebih 2500 m². Temulawak, kunyit putih dan kuning, jahe merah, bayam, serta kangkung merupakan sedikit dari beberapa tanaman yang dikelola Rohani dan timnya.

Menggunakan lahan di sekitar Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) tidak jauh dari rumahnya sebagai lahan produktif, dia dinobatkan sebagai Penggerak Literasi Lingkungan Ibu Ibukota Awards 2021. Tidak sendiri, dia menggandeng ibu-ibu di lingkungan rumahnya untuk turut andil.

Memulai langkahnya sejak tahun 2016, tidak sedikit tantangan yang dihadapi Rohani. Salah satunya adalah memberikan edukasi kepada masyarakat sekitarnya tentang manfaat tanaman obat keluarga (toga) yang akan ditanam. Mulanya, kebanyakan masyarakat acuh dengan apa yang dikerjakan oleh Rohani. Seiring keuletan yang dia lakukan, sedikit demi sedikit masyarakat mulai tertarik dan ikut bergabung.

Selain itu, melihat hasil toga yang memiliki begitu banyak manfaat membuat antusias warga juga terus meningkat. Tidak hanya dikenal sebagai penggerak lingkungan yang memberi edukasi tentang manfaat berbagai tanaman, Rohani juga menjadi penggagas berdirinya Dapoer Mak Demplon. Menjajakan jamu bubuk, camilan, hingga berbagai minuman, bisnis ini menggandeng dan memberdayakan ibu-ibu di sekitar lingkungannya untuk turut serta dalam pengolahan bahan bakunya.

Mulai dari menanam benih, hingga proses pengemasan dilakukan sendiri oleh Rohani dan masyarakat sekitar yang telah dibuatkan kelompok dengan sedemikian rupa. Pengelompokan ini dibuat untuk memudahkan pekerjaan yang dilakukan.
Majalah Womens Obsession di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI