Tampilkan di aplikasi

Buku Adab hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Problem Based Learning VS Sains Teknologi

Dalam Meningkatkan Intelektual Siswa

1 Pembaca
Rp 65.000 19%
Rp 52.500

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 157.500 13%
Rp 45.500 /orang
Rp 136.500

5 Pembaca
Rp 262.500 20%
Rp 42.000 /orang
Rp 210.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Setiap model pembelajaran memiliki karakteristik masing-masing, baik model pembelajaran sains teknologi maupun model pembelajaran problem based learning. Kedua model tersebut mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing, tetapi kita perlu mengetahui tingkat keberhasilan masing-masing model tersebut. Sehingga kita dapat menentukan model mana yang paling tepat digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran terutama untuk menjawab permasalah lingkungan saat ini.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Dr. Rasto,M.Pd. / Rego Pradana
Editor: Abduloh, SKM

Penerbit: Adab
ISBN: 9786236233658
Terbit: April 2021 , 134 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Setiap model pembelajaran memiliki karakteristik masing-masing, baik model pembelajaran sains teknologi maupun model pembelajaran problem based learning. Kedua model tersebut mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing, tetapi kita perlu mengetahui tingkat keberhasilan masing-masing model tersebut. Sehingga kita dapat menentukan model mana yang paling tepat digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran terutama untuk menjawab permasalah lingkungan saat ini.

Ulasan Editorial

-

- / -

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT., oleh karena atas Rahmat dan Petunjuk-Nya jualah sehingga buku ini dapat penulis selesaikan. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada baginda Nabiyullah Muhammad SAW., Nabi yang telah memberikan petunjuk perbuatan mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh umatnya, agar umatnya memperoleh keselamatan dunia dan akhirat.

Buku ini berjudul Problem Based Learning VS Sains Teknologi : Dalam Meningkatkan Intelektual Siswa, tulisan ini, berasal dari kajian penelitian dan studi kasus tindakan kelas.

Akhirnya, dengan segala ikhtiar diseminasi informasi dan pengetahuan dalam buku ini, penulis menyadari banyak pihak yang telah terlibat dalam proses penulisan buku ini. Oleh karena itu penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulis baik langsung maupun tidak langsung, semoga Allah SWT memberikan balasan kebaikan yang berlipat ganda. Buku ini juga diyakini masih dalam Meningkatkan Intelektual Siswa banyak kesalahan dan kekeliruan, baik dari sudut metodologi, runtutan pembahasan, pemaparan dan kelengkapan data. Oleh karena itu, kritik dan konstruktif dari pembaca sangat penulis harapkan. Segala kesalahan dan kekeliruan dalam buku ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Walhasil, semoga kehadiran buku ini dapat menjadi solusi dan bahan acuan dalam pendidikan.

Penulis

Dr. Rasto,M.Pd. - Rasto, lahir pada tanggal 01 Mei 1978 di Indramayu, Jawa Barat. Penulis S1 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Jurusan Pendidikan Sejarah dan lulus 2001. Studi S2 di Universitas Kuningan (UNIKU) Jurusan Pendidikan Ekonomi, lulus 2011. Penulis tahun 2014 melanjutkan studi S3 Program Doktor Ilmu Pendidikan konsentrasi Manajemen Pendidikan di Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung dan lulus 2018. Disela­sela kesibukannya Penulis menulis artikel di media masa dan media online, publikasi hasil penelitian dalam Jurnal ilmiah tingkat Nasional yang terakreditasi dan 9 buku antologi ber­ISBN.

Buku solo yang pernah dibuat dengan judul ‘Kapitulasi Kalijati, Catatan Sejarah tentang Pendudukan Jepang di Indonesia’ tahun 2019, buku kedua dengan judul ‘Pembelajaran Sejarah Indonesia Bermutu (Implementasi Kurikulum 2013 pada Sekolah Pilot Project di Kabupaten Indramayu)’ tahun 2020, buku ketiga dengan judul “Meraih Bintang (Sebuah Biografi seorang anak buruh tani dalam mewujudkan mimpi)’ tahun 2020 dan buku ke empat dengan judul “Kado untuk Guru Profesional” tahun 2021. Kontak yang bisa dihubungi WA 085224618550 atau E­mail: rasto.mayone@gmail.com
Rego Pradana - Rego Pradana, M.Pd. lahir pada tanggal 16 September 1990 di Batu Agung, Lampung Selatan. Penulis menempuh Pendidikan di SD Negeri Karya Usaha lulus tahun 2002, SMP Negeri 5 Mesuji lulus tahun 2005 dan SMA Negeri 3 Kayu Agung lulus tahun 2008. Setelah itu melanjutkan studi S1 di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Jurusan Pendidikan Geografi dan lulus tahun 2012 Studi S2 di Universitas Pendidikan Geografi (UPI) Jurusan Magister Pendidikan Geografi dan lulus tahun 2015.

Editor

Abduloh, SKM - Nama : ABDULOH, SKM
NIK : 3212172707890002
Alamat Perusahaan : Jl. Kristal Blok H2 Perum Griya Permata Pabean Pabean Udik Indramayu Jawa Barat
No.Hp/Tlp : 081221151025

Daftar Isi

Cover
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I. Dinamika Model Pembelajaran
Bab II. Literasi Model Pembelajaran
     A. Model Pembelajaran Problem Based Learning
     B. Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat
     C. Model Pembelajaran Konvensional
     D. Ranah Kognitif
     E. Penelitian yang Relevan
Bab III. Penerapan Model Pembelajaran
     A. Populasi dan Sampel
     B. Definisi Operasional
     C. Instrumen Penelitian
     D. Prosedur Penelitian
     E. Teknik Pengumpulan Data
Bab IV. Implementasi Model Pembelajaran
     A. Deskripsi Kelas
     B. Data Hasil Penelitian
     C. Analisis Data
     D. Deskripsi Hasil Matched Subject
     E. Pembahasan
Daftar Pustaka
Profil Penulis

Kutipan

BAB II
Problem based learning (PBL) pertama kali dikembangkan pertama kali oleh Prof. Howard Barrows sekitar tahun 1970-an dalam pembelajaran ilmu medis di McMaster University Canada (dalam Amir, 2014, hlm. 21). Model pembelajaran ini menyajikan suatu masalah yang nyata bagi peserta didik sebagai awal pembelajaran kemudian diselesaikan melalui penyelidikan dan diterapkan dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah.

Menurut Dutch (dalam Amir, 2014, hlm. 21) problem based learning merupakan metode intruksional yang menantang mahapeserta didik agar belajar untuk belajar, bekerja sama dalam kelompok untuk mencari solusi bagi masalah yang nyata. Masalah ini digunakan untuk mengaitkan rasa ingin tahu serta kemampuan analisis mahapeserta didik untuk berpikir kritis dan analitis, dan untuk mencari serta menggunakan sumber pembelajaran yang sesuai.

Sedangkan menurut Howard Barrorws dan Kelson (dalam Amir, 2014, hlm. 21) problem based learning adalah kurikulum dan proses pembelajaran. dalam kurikulumnya, dirancang masalah-maslah yang menuntut mahapeserta didik mendapatkan pengetahuan yang penting, membuat mereka mahir dalam memecahkan masalah dan memilki strategi belajar sendiri serta memiliki kecakapan berpartisipasi dalam tim.