Tampilkan di aplikasi

Buku Bestindo Berkah Lestari hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Pembuatan Pupuk Organik Cair

1 Pembaca
Rp 70.000 15%
Rp 59.500

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 178.500 13%
Rp 51.567 /orang
Rp 154.700

5 Pembaca
Rp 297.500 20%
Rp 47.600 /orang
Rp 238.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Pupuk organik cair atau yang biasa dikenal dengan istilah POC adalah salah satu jenis dari pupuk organik mempunyai banyak manfaat yaitu ramah lingkungan, mudah untuk dibuat dan ramah dikantong (murah). Pupuk organik cair ini memiliki banyak manfaat dibanding dengan pupuk anorganik yang harganya terus meningkat. Pupuk organik cair sangat aman diberikan pada tanaman sebab pupuk organik cair ini tidak menyebabkan kerusakan pada tanah dan tanaman, meskipun penggunaannya dalam frekuensi yang sering. Pupuk organik cair memiliki keunggulan yaitu mengandung giberelin atau asam giberelat (GA) yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Giberelin merupakan jenis hormon yang bekerja untuk merangsang pertumbuhan tanaman dengan cara merangsang munculnya bunga. Selain itu giberelin juga dapat menyerentakkan proses pembungaan pada tanaman.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Nining Haryuni / Lestariningsih / Cici Radhya Ayuningtyas / Dwi Ulya Ainur Rofika / Farhan Maeladi / Zubaidi Nawir / Ilham Taufiqul Hakim
Editor: Nita Opi Ari Kustanti,S.Pt., M.MA., M.Agr / Dr. H. M Subhan Ansori,M.Pdi

Penerbit: Bestindo Berkah Lestari
QRSBN: 620116004439
Terbit: Juli 2023 , 108 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Pupuk organik cair atau yang biasa dikenal dengan istilah POC adalah salah satu jenis dari pupuk organik mempunyai banyak manfaat yaitu ramah lingkungan, mudah untuk dibuat dan ramah dikantong (murah). Pupuk organik cair ini memiliki banyak manfaat dibanding dengan pupuk anorganik yang harganya terus meningkat. Pupuk organik cair sangat aman diberikan pada tanaman sebab pupuk organik cair ini tidak menyebabkan kerusakan pada tanah dan tanaman, meskipun penggunaannya dalam frekuensi yang sering. Pupuk organik cair memiliki keunggulan yaitu mengandung giberelin atau asam giberelat (GA) yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Giberelin merupakan jenis hormon yang bekerja untuk merangsang pertumbuhan tanaman dengan cara merangsang munculnya bunga. Selain itu giberelin juga dapat menyerentakkan proses pembungaan pada tanaman.

Pendahuluan / Prolog

Prakata
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Alloh SWT yang telah memberikan kesempatan dan kemudahan kepada penulis dalam menyelesaikan buku monograf yang berjudul “Pembuatan Pupuk Cair Organik”. Pupuk organik cair atau yang biasa dikenal dengan istilah POC adalah salah satu jenis dari pupuk organik mempunyai banyak manfaat diantaranya ramah lingkungan, mudah untuk dibuat dan ramah dikantong (murah).

Pupuk organik cair ini memiliki banyak manfaat dibanding dengan pupuk anorganik yang harganya terus meningkat. Pupuk organik cair sangat aman diberikan pada tanaman sebab pupuk organik cair ini tidak menyebabkan kerusakan pada tanah dan tanaman, meskipun penggunaannya dalam frekuensi yang sering.

Pupuk organik cair memiliki keunggulan diantaranya mengandung giberelin atau asam giberelat (GA) yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Giberelin merupakan jenis hormon yang bekerja untuk merangsang pertumbuhan tanaman dengan cara merangsang munculnya bunga. Disamping itu giberelin juga dapat menyerentakkan proses pembungaan pada tanaman.

Pupuk organik cair juga dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas tanah yang meliputi sifat (fisik, kimia dan biologi tanah), membantu dalam meningkatkan produksi tanaman pada saat panen, meningkatkan kualitas hasil panen, dapat digunakan untuk mengurangi ketergantungan terhadap pupuk anorganik dan sebagai alternatif pengganti pupuk kandang.

Blitar, Juli 2023

Penulis

Penulis

Nining Haryuni - Dr. Nining Haryuni, S.Pt.,M.Pt lahir di Blitar pada tanggal 16 Januari 1985. Pendidikan formal penulis dimulai dari TK Al Hidayah Plosorejo tamat tahun 1991. Tahun 1997 Lulus dari MI Miftahul Ulum Plosorejo Kec. Kademangan Kabupaten Blitar, tahun 2000 Lulus dari MTsN 1 Blitar, tahun 2003 Lulus dari SMAN 1 Blitar. Pendidikan penulis dijenjang perguruan tinggi dimulai pada tahun 2003 di Jurusan Nutrisi dan makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya dan lulus pada tahun 2007. Tahun 2015 penulis menyelesaikan Program Magister di Program Studi Ilmu Ternak Program Pascasarjana Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang. Penulis diterima di Program Doktor Ilmu Ternak Pascasarjana Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang. Selama menjadi mahasiswa Program Magister penulis mendapatkan Beasiswa Tesis dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementrian Keuangan Republik Indonesia dan pada tahun 2017 penulis mendapatkan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN) untuk menempuh Program Doktoral dan Lulus tahun 2021.
Lestariningsih - Penulis lahir di Blitar pada 13 Maret 1990. Tahun 2008 menempuh pendidikan di S1 Prodi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang dan Lulus pada tahun 2012. Kemudian melanjutkan Program magister Ilmu Ternak dengan program fast track (Program akselerasi) di Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang Lulus pada tahun 2013. Sejak 2010 hingga 2012 menjadi asisten Dosen di Prodi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya. Pada tahun tahun 2012 – 2015 bekerja di PT. Prima Anugerah Perkasa sebagai Quality Qontrol. Pada tahun 2016 bergabung di Prodi Peternakan Universitas Nahdlatul Ulama Blitar sebagai Dosen dan juga Kaprodi Peternakan. Pada Tahun 2019 – 2020 sebagai Dekan Fakultas Ilmu Eksakta Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Pada tahun 2021 mendapatkan amanah menjadi sekretaris LPPM hingga saat ini. Tugas tambahan penulis juga menjadi Asesor Pengawas Mutu Pakan di Lembaga Sertifikasi Profesi P1 UNU Blitar pada tahun 2020 hingga sekarang. Selain itu penulis juga mendapat amanah sebagai trainer dan pendamping produk halal (pph) dari BPJPH pada tahun 2022. Tahun 2022 penulis menjadi Direktur PT. Bestindo Berkah Lestari
Cici Radhya Ayuningtyas - Cici Radhya Ayuningtyas lahir di Malang pada tanggal 11 Maret 2002. Pendidikan formal penulis di mulai dari RA Khodijah tamat tahun 2009. Tahun 2015 tamat dari SDN Ngroto 2 Pujon Malang. Tahun 2018 tamat dari Madrasah Tsanawiyah TMI Pujon Malang. Pada tahun 2021 tamat dari SMA Negeri 1 Garum Blitar. Sekarang penulis sedang menempuh pendidikan sarjana di Progam Studi Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Nahdlatul Ulama Blitar.
Dwi Ulya Ainur Rofika - Dwi Ulya Ainur Rofika lahir di Blitar pada tanggal 15 Juli 2002. Pendidikan formal penulis di mulai dari RA Perwanida Pandanarum tamat tahun 2009. Tahun 2014 tamat dari MI Miftahul Huda Kedung Bunder Sutojayan Blitar. Tahun 2018 tamat dari Madrasah Tsanawiyah Sirojuth Tholibin Bacem Blitar. Pada tahun 2021 tamat dari Madrasah Aliyah Sirojuth Tholibin Bacem Blitar. Sekarang penulis sedang menempuh pendidikan sarjana di Prodi Peternakan UNU Blitar.
Farhan Maeladi - Farhan Maeladi, lahir di Lampung pada tanggal 12 Mei 2003. Pendidikan formal penulis dimulai dari TK Pertiwi Srimulyo Kalirejo Lampung Tengah tamat tahun 2009. Tahun 2015 tamat dari SDN 3 Srimulyo Kalirejo Lampung Tengah, kemudian penulis mondok di salah satu Pondok Pesantren yang berada Jawa Timur tepatnya di Blitar dan saat itu juga penulis melanjutkan pendidikan sampai tamat pada tahun 2018 di Sekolah Menengah Pertama Mamba'ul Hisan Gondang Gandusari Blitar, pada tahun 2021 tamat dari Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar, dan sekarang sedang menempuh pendidikan S1 Peternakan di Universitas Nahdlotul Ulama' Blitar.
Zubaidi Nawir - Zubaidi Nawir, lahir di Lampung pada tanggal 3 Januari 2002. Pendidikan formal penulis dimulai dari TK Pertiwi Srimulyo Kalirejo Lampung Tengah tamat tahun 2009. Tahun 2015 tamat dari SDN 3 Srimulyo Kalirejo Lampung Tengah, kemudian penulis menuntut ilmu agama di salah satu Pondok Pesantren yang berada di Provinsi Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Blitar dan saat itu juga penulis melanjutkan pendidikan sampai tamat pada tahun 2018 di Sekolah Menengah Pertama Mamba'ul Hisan Gondang Gandusari Blitar, pada tahun 2021 tamat dari Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar, dan sekarang sedang menempuh pendidikan S1 Peternakan di Universitas Nahdlotul Ulama' Blitar.
Ilham Taufiqul Hakim - Ilham Taufiqul Hakim, kelahiran Lamongan, 02 Agustus 2001. Anak pertama dari pasangan Tajuddin dan Sumari. Saat ini sedang menempuh pendidikan S1 di UNU Blitar Program Studi Peternakan Semester 3. Pria yang akrab disapa Fikko ini merupakan lulusan dari SMK Sunan Drajat Lamongan Program Studi Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Tahun 2020. Sebuah kata-kata Motivasi yang selalu jadi pegangannya yaitu "Apa yang kau inginkan (lakukan), apa yang tak kau sukai (hindari)". Kata-kata tersebut diharapkan dapat menjadi kekuatan dalam bertindak di situasi apapun. Penulis dapat dihubungi melalui e-mail alfaruqfikko@gmail.com.

Editor

Nita Opi Ari Kustanti,S.Pt., M.MA., M.Agr - Nita Opi Ari Kustanti, S.Pt., M.MA., M.Pt lahir di Blitar pada tanggal 8 Oktober 1982. Pendidikan formal penulis dimulai dari TK PKK Bendo Kota Blitar lulus tahun 1988. Tahun 1994 lulus dari SD Negeri Bendo 1 Kota Blitar. Tahun 1997 lulus dari SMP Negeri 1 Blitar dan tahun 2000 lulus dari SMA Negeri 1 Blitar. Tahun 2005 lulus dari Program Studi Produksi Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya dan tahun 2009 lulus dari Program Magister Jurusan Magister Manajemen Agribisnis Universitas Islam Kadiri. Tahun 2016 penulis menyelesaikan Program Magister Ilmu Ternak di Universitas Brawijaya dengan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN). Pengelaman kerja penulis sebagai Dosen di Program Studi Ilmu Ternak Fakultas Peternakan Universitas Islam Balitar Blitar dari tahun 2007 sampai sekarang.

Daftar Isi

Cover
Identitas Buku
Prakata
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar
Bab 1: Pendahuluan
Bab 2: Limbah Peternakan (Dampak Lingkungan & Kesehatan)
     A. Limbah Peternakan
     B. Dampak Lingkungan
     C. Dampak Kesehatan
Bab 3: Pupuk Organik Cair
     A. Manfaat dan Aplikasi POC
     B. Prinsip Pembuatan POC
Bab 4: POC Sabut Kelapa
     A. Sabut Kelapa
     B. Manfaat Sabut Kelapa
     C. POC Sabut Kelapa
     D. Pembuatan POC Sabut Kelapa
     E. Kualitas POC Sabut Kelapa
Bab 5: POC Limbah Cucian Beras
     A. Air Cucian Beras
     B. Manfaat Air Cucian Beras
     C. Pembuatan POC Air Cucian Beras
     D. Kualitas POC Air Cucian Beras
Bab 6: Penutup
Daftar Pustaka
Indek
Glosarium
Biografi Penulis

Kutipan

Bab 1/ Pupuk Hasil Fermentasi Bahan Organik
Pupuk organik cair dinilai oleh sebagian besar masyarakat dan juga para pakar yang bergerak dalam bidang pertanian sebagai salah satu jenis pupuk yang ramah lingkungan. Pupuk organik cair selain ramah lingkungan juga memiliki banyak keunggulan diantaranya harganya murah sehingga ramah dikantong, pembuatannya mudah dan aman untuk digunakan meskipun dengan penggunaan yang sangat sering. Pupuk organik cair lebih aman untuk digunakan dibanding dengan pupuk anorganik atau pupuk sintetis karena pupuk organik cair ini tidak merusak keseimbangan unsur hara dalam tanah dan tidak merusak tanaman.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh pupuk organik cair adalah adanya kandungan giberelin atau asam giberelat (GA). Giberelin merupakan hormon yang berfungsi sebagai perangsang pertumbuhan pada tanaman dengan cara merangsang munculnya bunga. Disamping itu giberelin juga dapat menyerentakkan proses pembungaan pada tanaman. Pembuatan buku ini bertujuan untuk memberikan referensi kepada masyarakat terkait pupuk organik khusunya yang berbentuk cair. Buku ini menyajikan manfaat penggunaan pupuk organik cair, keunggulan pupuk organik cair dan juga proses pembuatan yang dilakukan dengan berbagai jenis bahan organik yang bisa dipraktekkan oleh masyarakat.