Tampilkan di aplikasi

Buku Bestindo Berkah Lestari hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Pembuatan dan Pemanfaatan Pupuk Kompos

1 Pembaca
Rp 75.000 15%
Rp 63.750
Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Pupuk kompos adalah pupuk yang terdiri dari bahan-bahan hidup, seperti tumbuhan, hewan, dan sisa-sisa manusia. Tujuan pemberian pupuk kompos adalah untuk meningkatkan produksi secara optimal. Pupuk organik merupakan jenis pupuk yang sangat bermanfaat untuk nutrisi sebagian atau seluruhnya tanah dan tanaman yang diolah dari sumber nabati dan hewani. Pupuk alami jenis ini dapat berbentuk padat dan fungsi utamanya adalah untuk memperbaiki kualitas biologi, fisik dan kimia tanah. Banyak orang lebih suka menggunakan pupuk kompos dibanding pupuk kimia. Selain lebih bermanfaat, pupuk kompos juga lebih aman bagi tumbuhan, hewan, dan tentunya manusia.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Nining Haryuni / Lestariningsih / Muhamad Khoerul Musyafa / Imam Baichuni / Luthfan Abdul Ghoni Asykur / Bayu Bimantara / Nurhidayatun Ni’mah / Yunika Putri Rifana / Alfani Nur Khusni / Muhammad Wildan / Mochammad Saddam Husain Assodiqi
Editor: Dr. H. M Subhan Ansori,M.Pdi

Penerbit: Bestindo Berkah Lestari
ISBN: 9786230944192
Terbit: Juni 2023 , 139 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Pupuk kompos adalah pupuk yang terdiri dari bahan-bahan hidup, seperti tumbuhan, hewan, dan sisa-sisa manusia. Tujuan pemberian pupuk kompos adalah untuk meningkatkan produksi secara optimal. Pupuk organik merupakan jenis pupuk yang sangat bermanfaat untuk nutrisi sebagian atau seluruhnya tanah dan tanaman yang diolah dari sumber nabati dan hewani. Pupuk alami jenis ini dapat berbentuk padat dan fungsi utamanya adalah untuk memperbaiki kualitas biologi, fisik dan kimia tanah. Banyak orang lebih suka menggunakan pupuk kompos dibanding pupuk kimia. Selain lebih bermanfaat, pupuk kompos juga lebih aman bagi tumbuhan, hewan, dan tentunya manusia.

Pendahuluan / Prolog

Prakata
Alhamdulillah puji syukur penulis panjatkan kehadirat Alloh SWT yang telah memberikan kemampuan, kesabaran dan hidayahNya sehingga penulis dapat menyelesaikan buku referensi yang berjudul "Pembuatan & Pemanfaatan Pupuk Kompos". Pupuk kompos adalah pupuk yang terdiri dari bahan-bahan hidup, seperti tumbuhan, hewan, dan sisa-sisa manusia.

Tujuan pemberian pupuk kompos adalah untuk meningkatkan produksi secara optimal. Pupuk organik merupakan jenis pupuk yang sangat bermanfaat untuk nutrisi sebagian atau seluruhnya tanah dan tanaman yang diolah dari sumber nabati dan hewani.

Pupuk alami jenis ini dapat berbentuk padat dan fungsi utamanya adalah untuk memperbaiki kualitas biologi, fisik dan kimia tanah. Banyak orang lebih suka menggunakan pupuk kompos dibanding pupuk kimia. Selain lebih bermanfaat, pupuk kompos juga lebih aman bagi tumbuhan, hewan, dan tentunya manusia.

Blitar, Juli 2023

Penulis

Penulis

Nining Haryuni - Dr. Nining Haryuni, S.Pt.,M.Pt lahir di Blitar pada tanggal 16 Januari 1985. Pendidikan formal penulis dimulai dari TK Al Hidayah Plosorejo tamat tahun 1991. Tahun 1997 Lulus dari MI Miftahul Ulum Plosorejo Kec. Kademangan Kabupaten Blitar, tahun 2000 Lulus dari MTsN 1 Blitar, tahun 2003 Lulus dari SMAN 1 Blitar. Pendidikan penulis dijenjang perguruan tinggi dimulai pada tahun 2003 di Jurusan Nutrisi dan makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya dan lulus pada tahun 2007. Tahun 2015 penulis menyelesaikan Program Magister di Program Studi Ilmu Ternak Program Pascasarjana Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang. Penulis diterima di Program Doktor Ilmu Ternak Pascasarjana Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang. Selama menjadi mahasiswa Program Magister penulis mendapatkan Beasiswa Tesis dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementrian Keuangan Republik Indonesia dan pada tahun 2017 penulis mendapatkan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN) untuk menempuh Program Doktoral dan Lulus tahun 2021.
Lestariningsih - Penulis lahir di Blitar pada 13 Maret 1990. Tahun 2008 menempuh pendidikan di S1 Prodi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang dan Lulus pada tahun 2012. Kemudian melanjutkan Program magister Ilmu Ternak dengan program fast track (Program akselerasi) di Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang Lulus pada tahun 2013. Sejak 2010 hingga 2012 menjadi asisten Dosen di Prodi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya. Pada tahun tahun 2012 – 2015 bekerja di PT. Prima Anugerah Perkasa sebagai Quality Qontrol. Pada tahun 2016 bergabung di Prodi Peternakan Universitas Nahdlatul Ulama Blitar sebagai Dosen dan juga Kaprodi Peternakan. Pada Tahun 2019 – 2020 sebagai Dekan Fakultas Ilmu Eksakta Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Pada tahun 2021 mendapatkan amanah menjadi sekretaris LPPM hingga saat ini. Tugas tambahan penulis juga menjadi Asesor Pengawas Mutu Pakan di Lembaga Sertifikasi Profesi P1 UNU Blitar pada tahun 2020 hingga sekarang. Selain itu penulis juga mendapat amanah sebagai trainer dan pendamping produk halal (pph) dari BPJPH pada tahun 2022. Tahun 2022 penulis menjadi Direktur PT. Bestindo Berkah Lestari
Muhamad Khoerul Musyafa - Muhamad Khoerul Musyafa lahir di Lampung, 17 November 2001, merupakan anak ke dua dari pasangan Misiran dan Siti Kholifah. Penulis merupakan berkebangsaan Indonesia dan beragama Islam. Penulis tinggal di Kota Blitar, Provinsi Jawa Timur. Penulis memulai pendidikan dasar di Kendalrejo, MI Misbahul Munir 2009-2015. MTs Daarul Uluum Margomulyo 2015-2018, MA Almuslihun tlogo 2018-2021, Dan sekarang masih menempuh studi di Universitas Nahdlatul Ulama semester 3. Penulis adalah salah satu anggota dalam tim penelitian pembuatan pupuk organik ini. Latar belakang penulis juga memiliki rasa keingintahuan terhadap pembuatan pupuk organik , agar suatu saat dapat mengembangkan pembuatan pupuk organic yang dapat mengurangi pemakaian pupuk non organic di masyarakat.
Imam Baichuni - Imam Baichuni lahir di Blitar, 25 Maret 2002 , merupakan anak pertama dari pasangan Wahyono dan Tutik Siti Fatimah. Penulis merupakan berkebangsaan Indonesia dan beragama Islam. Penulis tinggal di kota Blitar, Provinsi Jawa Timur. Penulis memulai pendidikan dasar di Kedung Bunder, MI Miftahul Huda 2009-2015.SMP Nabawi Maftahul Uluum 2015-2018, SMA Nabawi Maftahul Ulum 2018-2021, Sekarang menempuh studi di Universitas Nahdlatul Ulama semester 3.
Luthfan Abdul Ghoni Asykur - Luthfan Abdul Ghoni Asykur lahir di Blitar, 14 Juli 2002, Beragama islam berkebangsaan indonesia, tinggal di kota Blitar Provinsi Jawa timur .Pendidikan formal penulis dimulai dari TK PKK Kalitengah Tamat 2008 ,SDN Kalitengah 01 2009-2015 ,Mts Sirojut Tholibin Bacem 2015 -2018 , MA Sirojut Tholibin Bacem 2018-2021, Dan Sekarang masih menempuh studi di Universitas Nahdlatul Ulama semester 3. Penulis adalah salah satu anggota dalam tim penelitian pembuatan pupuk organik ini.
Bayu Bimantara - Bayu Bimantarta lahir di Blitar pada tanggal 31 Desember 2002. Penulis adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Pendidikan formal penulis dimulai dari TK Al Umron selesai pada tahun 2007. Kemudian melanjutkan jenjang Sekolah Dasar di SDN 1 Bendosewu selesai pada tahun 2015. Tahun 2018 penulis menyelesaikan pendidikannya di SMP Negeri 1 Talun. Kemudian melanjutkan ke SMK Negeri 1 Kota Blitar selesai pada tahun 2021. Pada tahun 2021 penulis terdaftar sebagai Mahasiswa Fakultas Eksakta Prodi Peternakan di Universitas Nahdlatul Ulama Blitar sebagai Mahasiswa aktif. Pengalaman Organisasi penulis menjadi anggota Saka Bhayangkara Talun. Selanjutnya menjadi anggota aktif serta Ketua Ranting Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama. Pengalaman kerja pertama penulis saat tamat dari SMK pada tahun 2021 yaitu pernah bekerja menjadi tukang panen buah jeruk. Setelah itu penulis selama ini juga masih bekerja untuk membantu ayahhanda bekerja di Peternakan sapi keluarga yang menggunakan sistem “gaduhan”.
Nurhidayatun Ni’mah - Penulis lahir di Blitar nggal 27 Juni 2002. Penulis adalah anak ketiga dari tiga bersaudara. Pendidikan formal dimulai dari TK Dharma Wanita Lulus tahun 2007. Lulus dari MI Miftahul Huda Gogodeso tahun 2015. Tahun 2018 Lulus Madrasah Tsanawiyah Al-Muslihuun Tlogo. Lulus dari Madrasah Aliyah Negeri 1 Blitar tahun 2021. Tahun 2021 sebagai Mahasiswa Fakultas Eksakta Prodi Peternakan di Universitas Nahdlatul Ulama’ Blitar. Penulis menjadi anggota Marching Band dan Hadrah di MI Miftahul Huda Gogodeso selama 3 tahun. Penulis pernah menjabat Wakil Ketua OSIS di MTs Al-Muslihun Tlogo pada tahun 2016-2017. Saat kelas VIII penulis juga pernah mengikuti perlombaan Olimpiade SAINS tingkat SMP/MTS di MTSN Jabung Tahun 2017. Dan penulis juga menjadi anggota Pramuka di MAN 1 Blitar pada tahun 2019. Pengalaman kerja pertama penulis saat tamat dari Madrasah Aliyah Negeri 1 Blitar pada tahun 2021 yaitu pernah bekerja di salah satu toko baju dekat rumah “Kannia Fashion” selama 4 bulan. Alasan penulis bekerja waktu itu karena untuk mengisi liburan sekolah sambil menunggu pengumuman masuk dari Universitas Nahdlatul Ulama’ Blitar. Setelah itu penulis melanjutkan pendidikan di Universitas Nahdlatul Ulama’ Blitar . Selama menempuh kuliah penulis bekerja di Fotocopy selama 1 tahun. Sekarang sembari menempuh kuliah, penulis melanjutkan bekerja sebagai tenaga pendidik di salah satu sekolah yang ada di Blitar, yaitu “RA Plus Sunan Pandanaran” dan mengajar Les Privat di rumah.
Yunika Putri Rifana - Yunika Putri Rifana lahir di Blitar pada tanggal 29 Juni 2002. Penulis adalah anak pertama dari dua bersaudara. Pendidikan formal penulis dimulai dari TK Dharma Wanita selesai pada tahun 2007. Kemudian melanjutkan jenjang Sekolah Dasar di SDN Klemunan 1 selesai pada tahun 2015. Tahun 2018 penulis menyelesaikan pendidikannya di SMP Negeri 1 Wlingi. Kemudian melanjutkan ke SMA Negeri 1 Garum selesai pada tahun 2021. Pada tahun 2021 penulis terdaftar sebagai Mahasiswa Fakultas Eksakta Prodi Peternakan di Universitas Nahdlatul Ulama Blitar sebagai Mahasiswa aktif. Pengalaman Organisasi penulis menjadi anggota OSIS dan Ketua Bidang Keagaaman 2 tahun di jenjang SMP. Selanjutnya pernah mengikuti kegiatan karate pada saat SMP. Penulis pernah juga mengikuti kegiatan kepenulisan di beberapa penerbitan. Pengalaman kerja pertama penulis saat tamat dari SMA pada tahun 2021 yaitu pernah bekerja untuk mengajar les privat lalu pada kesempatan waktu penulis juga pernah jaga stand makanan di daerah tinggal sekitar penulis. Setelah itu penulis melanjutkan pendidikan di Universitas Nahdlatul Ulama’ Blitar. Selama menempuh kuliah penulis bekeja menjadi admin olshop di daerah Malang, walau berkuliah di Blitar tidak menganggu pekerjaan dan pendidikan penulis
Alfani Nur Khusni - Alfani Nur Khusni lahir di Blitar pada tanggal 07 April 2002. Pendidikan formal penulis dimulai dari RA Perwanida Olak Alen tamat tahun 2008. Tahun 2015 tamat dari MI Negeri Olak Alen. Tahun 2017 tamat dari Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Blitar. Tahun 2021 tamat dari Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar. Tahun 2021 hingga sekarang masih menempuh pendidikan di Fakultas Eksakta Prodi Peternakan di Universitas Nahdlatul Ulama Blitar sebagai Mahasiswa aktif. Selama menjadi Mahasiswa penulis kerja part time di sebuah industri makanan di daerah Selorejo Blitar. Pengalaman organisasi penulis menjadi Anggota Marching Band di MIN Olak Alen selama 4 tahun dilanjutkan dengan Anggota marching Band di MTsN 5 Blitar selama 3 tahun. Menjabat sebagai sekretaris pada organisasi Pramuka di MTsN 5 Blitar selama 2 tahun. Menjadi Wakil Ketua Robotik di MAN 2 Blitar. Pengalaman kerja penulis masih kerja part time di industry makanan di daerah selorejo Blitar sampai sekarang.
Muhammad Wildan - Muhammad Wildan lahir di Kutai kartanegara pada tanggal 28 April 2003.Pendidikan formal di mulai dari RA Sananul Huda Sumberagung Selorejo lulus tahun 2009.Tahun 2015 lulus dari Mit Sananul Huda Sumberagung Selorejo Blitar Tahun 2018 tamat Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Blitar tahun 2021 tamat dari Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar mengambil jurusan IPA dan kejuruan komputer. Tahun 2022 Memulai kuliah di Universitas Nahdlatul Ulama Blitar Prodi Peternakan hingga sekarang. Sembari menempuh kuliah penulis juga mengajar di Madrasah Tsanawiyah Sananul huda Selorejo blitar. Pengalaman kerja peternakan penulis di mulai di Pondok pesantren sananul huda.mulai dari membuat fermentasi,menyuntik ternak,menanam hijauan dan berbagai ilmu peternakan di ajarkan di sini bagi santri yang di tunjuk oleh Kiyai.Pengalaman organisasi penulis pertama kali menjadi wakil lurah pondok pesantren mambaul hisan,mengikuti MMPJ regional blitar, Operator di Madrasah Tsanawiyah Sananul Huda.
Mochammad Saddam Husain Assodiqi - Mochammad Saddam Husain Assodiqi lahir di Blitar pada tanggal 21 Agustus 2003, Pendidikan formal penulis dimulai dari TK Al Hidayah 02 Nglegok tamat pada tahun 2008. Tahun 2015 tamat dari MI Nurul Huda Krenceng Nglegok Blitar. Pada tahun 2018 tamat dari MTs Syekh Subakir 1 nglegok. Dan melanjutkan sekolah MA, di MA Ma'arif Selorejo tamat pada tahun 2021. Dan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, di jurusan peternakan , bertepatan kampus berada di sebuah Pondok Pesantren Sanan Gondang , hingga saat ini masih menempuh di UNU semster 4. Dan sekarang masih menuntur ilmu di pondok pesantren Sananul Huda Selorejo.Pengalaman keorganisasian penulis, pernah menjabat sebagai OSIS di MTs Syekh Subakir, diawal kelas VIII sampai kenaikan kelas IX masa jabat 2016-2017 . Kepramukaan DKR Selorejo di tahun 2019-sekarang.

Daftar Isi

Cover
Identitas Buku
Prakata
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar
Bab 1: Pendahuluan
Bab 2: Pertanian Terpadu
     A. Pertanian Ramah Lingkungan
     B. Pertanian Terpadu
     C. Model Pertanian Terpadu
Bab 3: Pupuk Organik
     A. Pupuk Organik
     B. Jenis Pupuk Organik
     C. Manfaat Pupuk Organik
Bab 4: Pengomposan
     A. Proses Pengomposan
     B. Tanda-tanda Kompos Matang
     C. Faktor yang Mempengaruhi Pengomposan
Bab 5: Pembuatan Pupuk Kompos ( Kotoran Kambing dan Tauge)
     A. Alat dan Bahan
     B. Pembuatan Kompos
     C. Karakteristik Pupuk Organik
Bab 6: Penggunaan Kompos Tanaman Kangkung
     A. Tanaman Kangkung
     B. Kualitas Kangkung
Bab 7: Penggunaan Kompos Pada Fodder Jagung
     A. Fodder Jagung
     B. Pembuatan Fodder Jagung
     C. Pemupukan Fodder Jagung
     D. Kualitas Fodder Jagung
Bab 8: Penutup
Daftar Pustaka
Glosarium
Indek
Biografi Penulis
Back Cover