Tampilkan di aplikasi

Buku Familia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Budidaya Lele Super Lengkap

Cara Pembenihan, Pembesaran, dan Olahan

1 Pembaca
Rp 75.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 225.000 13%
Rp 65.000 /orang
Rp 195.000

5 Pembaca
Rp 375.000 20%
Rp 60.000 /orang
Rp 300.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Proses pembenihan (pemijahan), konsep pertumbuhan, pembesaran seperti kolam terpal, kolam beton, serta manajemen air merupakan langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam budi daya lele. Untuk lebih mengetahui dan memahami jenis-jenis lele dan teknik pemeliharaan, serta menjadikan benih ikan terhindar dari stres sehingga dapat tumbuh optimal dengan tempo yang singkat maka buku inilah pilihannya.

Di dalamnya dijelaskan:
- Jenis-jenis ikan lele Pembenahan ikan lele
- Pembesaran lele
- Olahan ikan lele

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Farikhah, S.Pi, M.Si / Badrul Huda, S.Pi

Penerbit: Familia
ISBN: 9786023100774
Terbit: Januari 2023 , 220 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Proses pembenihan (pemijahan), konsep pertumbuhan, pembesaran seperti kolam terpal, kolam beton, serta manajemen air merupakan langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam budi daya lele. Untuk lebih mengetahui dan memahami jenis-jenis lele dan teknik pemeliharaan, serta menjadikan benih ikan terhindar dari stres sehingga dapat tumbuh optimal dengan tempo yang singkat maka buku inilah pilihannya.

Di dalamnya dijelaskan:
- Jenis-jenis ikan lele Pembenahan ikan lele
- Pembesaran lele
- Olahan ikan lele

Pendahuluan / Prolog

Prakata
Ikan lele dumbo bukan asli Indonesia, akan tetapi daya adaptasinya yang mengagumkan membuat ikan ini seolah-olah ikan Indonesia asli. Pertumbuhan yang cepat, dagingnya yang gurih, durinya tidak banyak, dan tekstur dagingnya lunak tapi kesat, adalah beberapa keunggulannya. Yang membuat kagum, adalah penerimaan masyarakat terhadap ikan yang satu ini.

Semua orang di negeri ini dari semua kalangan pasti mengenalnya. Meski banyak hal sudah diketahui, namun banyak aspek dan seluk beluk ikan lele yang masih perlu digali lebih lanjut. Semakin kita kenal, maka kita bisa memanfaatkannya secara optimal. Sekaligus bisa berkontribusi menemukan jalan keluar dari problem-problem mengkultur ikan ini untuk tujuan ekonomis.

Saat buku ini akan naik cetak, detik ini, ikan lele sedang langka di pasaran. Banyak yang membincangkan, khususnya para penjual sayur dan ibu-ibu Rumah Tangga. Kenapa ikan lele jadi sulit dicari. Ukuran table size tak ada, maka bayi-bayi seukuran jempol orang dewasa pun, jadi diminati orang. Padahal, seberapa bulan lalu, ukuran di atas 14 ekor/kg tidak ada yang mau membeli.

Namun detik ini ukuran 16-18 ekor/kg pun konsumen mau. Kenapa pula harganya tembus Rp 18.000/kg di kalangan konsumen akhir di Jatim, masih juga ada peminatnya. Apakah ini indikasi bahwa ke depan ikan lele masih bisa dijadikan lahan berusaha bagi manusia-manusia yang terlanjur jatuh cinta pdanya? Buku ini hadir dengan gaya santai, memaparkan proses pengenalan, pembesaran, dan pembenihan ikan yang melegenda ini. Meski tampaknya klise, namun ada satu penekanan dalam buku ini yaitu menikmati proses dan menghadirkan akal di berbagai aktivitas kedekatan manusia bersama ikan lele.

Suatu proses mengamati, membesarkan, merawat, membenihkan, dan menambah nilai ekonomisnya melalui pengolahan hasil panen adalah urutan yang tak akan putus selama masih ada manusia yang doyan lele. Akal selalu dibutuhkan karena merawat ikan lele sama halnya dengan merawat makhluk hidup lain. Tidak cukup sekadar prosedur teknis atau operasional saja yang dibutuhkan, akan tetapi butuh menalar, memikirkan, mengaitkan satu fenomena dengan fenomena yang lain. Selalu ada yang beda antara siklus satu dengan siklus lain.

Banyak aspek yang belum tergali, demikian pula banyak peluang yang belum tergarap dari pengusahaan dengan komoditas ikan lele. Namun semuanya itu. Tujuannya satu, yaitu membuat para pembaca yang tertarik membaca, lebih dekat mengenal ikan lele. Lebih dekat lagi. Termasuk detail-detailnya. Pengenalan itu akan membawa pada sikap makin sayang, dan makin ingin tahu.

Dampaknya adalah pemahaman yang mantap, bagaimana membuat ikan nyaman di tempat kulturnya sehingga ikan lele juga tidak ragu untuk mempersembahkan produksi yang terbaik untuk sang pemiliknya.

Adanya pola pikir di kalangan masyarakat bahwa ikan lele mudah dipelihara, cepat panen, menguntungkan dalam sekejap, tampaknya perlu diperbaiki. Mungkin dulu begitu, saat sumber daya alam masih perawan. Tanah dan air masih orisinal. Tapi sekarang? Kenapa masih seringterjadi kematian ikan lele? Kenapa pula banyak petani pemula yang gulung tikar? Banyak yang kapok, dan tidak ingin membudidayakannya lagi, karena biaya pakan buatan pabrik meroket, sementara harga jual ikan lele sulit naik. Apalagi di kalangan pemula, yang membudidayakannya dalam skala kecil. Apakah ikan lele hanya bisa dinikmati keuntungannya bagi para pengusaha besar saja? Tentu jawabannya tidak.

Sat ini tak ada yang mudah dalam berusaha dengan komoditas lele. Semua butuh upaya. Butuh perjuangan. Jika ingin untung, maka dibutuhkan sikap selalu ulet dan tak kenal menyerah. Tak ada untung tanpa kerja keras. Kerja keras saja juga tidak cukup, karena harus selalu punya senjata ampuh yaitu ilmu. Ilmu sendiri tak ada yang tahu di mana pangkalnya. Sedalam apa sejatinya.

Itu mengapa milist-milist terkait ikan lele menjadi primadona. Saling sharing pengalaman dengan rekan senasib. Yang senior membimbing yang pemula. Demikian pula, yang pemula berbagi semangat dengan yang senior. Alhamdulillah, itu berarti indikasi positif masyarakat gemar menambah ilmu. Jika sudah berilmu, maka, tak lama lagi keberhasilan hadir di pelupuk mata, akan bertambah derajat orang-orang yang mempelajarinya.

Derajat di dunia, dan semoga di akhirat juga.

Yang jelas kita tidaklah boleh berpuas diri. Di dalam ilmu ada ilmu. Menggali sepanjang umur kita pun, tampaknya tak akan cukup untuk mengenal seluruhnya pada ikan lele, ikan yang nampaknya terlalu remeh untuk didengar. Namun, karya kecil ini semoga menjadi teman yang menyenangkan bagi siapa saja penggemar ikan lele dan pembelajar akuakultur tentunya.

Tentu, kekurangan tulisan ini masih lebar menganga. Oleh karena itu kritik, saran, masukan, yang membangun sangat diharapkan untuk perbaikan di masa depan. Akhirnya, selamat menyimak, semoga bertemu dengan yang sedang dicari di buku ini.

Penulis

Farikhah, S.Pi, M.Si - Lahir di Malang, 14 Juli 1979. Menamatkan S1 tahun 2001 di Universitas Brawijaya Fakultas Perikanan, Program Studi Budi Daya Perairan. Tahun 2008 selesai S2 di Program Studi Ilmu Biologi Reproduksi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga. Memulai karir sebagai dosen sejak tahun 2002 hingga sekarang di Program Studi Budi Daya Perikanan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Gresik. Selalu takjub dengan ikan dan seluk-beluknya, termasuk pada ikan lele, dan selalu bersemangat menggali “maunya” ikan agar dapat mengembangkannya untuk kemanusiaan. Buku ini adalah karya pertama Penulis, dari hasil pengenalannya pada ikan lele di Laboraotirum Akuakultur UMG dan hasl menekuni bisnis ikan lele untuk tabulasi masalah di lapangan.
Badrul Huda, S.Pi - Lahir di Gresik, tanggal 27 Juli 1977. Menamatkan S1 tahun 2001 di Jurusan Budidaya Perairan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang. Menjadi tenaga pengajar di Program Studi Budi Daya Perikanan Universitas Muhammadiyah Gresik sejak tahun 2002, di sela profesi utama sebagai guru di SMK Negeri 1 Sidayu yang menjadi profesi utama sejak 2005.

Pendidikan informal berupa kursus dan pelatihan profesional yang diselenggarakan VEDC, Terlatih menjadi trainer pada pelatihan-pelatihan pengolahan daging ikan dengan jam ratusan kali, baik di tingkat Universitas, pemuda, pelajar, maupun komunitas masyarakat

Daftar Isi

Sampul
Prakata
Daftar Isi
Pendahuluan
     Ikan Lele, Ikan Konsumsi yang Paling Populer
     Trend Bisnis Ikan Lele Masa Kini
Lebih Dekat Mengenal Ikan Lele
     Anatomi Eksternal
     Anatomi Internal
     Para Kerabat Ikan Lele
     Biologi Ikan Lele
     Kebiasaan Makan di Alam
     Reproduksi Alamiah
Jenis-Jenis Ikan Lele
     Jenis-jenis Ikan Lele di Dunia
     Ikan Lele Lokal (Clarias bathracus)
     Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus)
     Ikan Lele Sangkuriang
     Lele Phyton
Pembenihan Ikan Lele
     Pemijahan (perkawinan) Ikan Lele
     Teknis Pemijahan Alami di Bak Terkontrol
     Pemijahan Dengan Rangsangan (induksi)
     Fenomena Penurunan Kualitas Benih Ikan Lele
     Upaya Perbaikan Genetik Ikan Lele
     Peluang Pengembangan Strain Ikan Lele Dumbo
Usaha Pembesaran Ikan Lele
     Teknik Pembesaran Ikan Lele
     Tahap Persiapan
          (1) Penentuan Lokasi
          (2) Persiapan Sumber Air
          (3) Persiapan Kolam
          (4) Persiapan Pakan
          (5) Persiapan Benih
          (6) Persiapan Managerial
     Tahap Pemeliharaan
          (1) Pemberian Pakan
          (2) Pengelolaan Kualitas Air
          (3) Pemantauan Kesehatan Ikan
     Jenis Kolam Pembudidayaan Ikan Lele
          Kolam Terpal
          Kolam Beton
          Kolam Tanah
          Lahan lain yang bisa digunakan sebagai kolam
     Teknik Penebaran Benih
     Kendala-kendala Dalam Pembesaran
     Pemanenan dan Pemasaran Hasil Panen
Manajemen Air
     Parameter Fisika
          Temperatur
          Salinitas
          Kecerahan
     Parameter Kimia
          Oksigen terlarut
          pH
     Parameter Biologi
          Kepadatan Plankton
          Pemantauan Kualitas Air
Olahan Ikan Lele
     Pembuatan Nugget Ikan Lele
     Pembuatan Bakso Ikan Lele
     Pembuatan Kaki Naga Ikan Lele
     Pembuatan Kerupuk Ikan Lele
     Pembuatan Stick Ikan Lele
     Pembuatan Sosis Ikan Lele
     Pembuatan Abon Ikan Lele
Daftar Pustaka
Biodata Penulis
Sampul Belakang