Tampilkan di aplikasi

Buku Fatiha Media hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Pemuda Tanggap Covid-19

1 Pembaca
Rp 52.000 13%
Rp 45.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 135.000 13%
Rp 39.000 /orang
Rp 117.000

5 Pembaca
Rp 225.000 20%
Rp 36.000 /orang
Rp 180.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku Bunga Rampai: cara mencegah dan mengatasi Covid-19 di bidang agama, pendidikan, lingkungan, dan kesehatan. Buku Bunga Rampai ini memuat berbagai artikel tentang Covid-19. Tulisan-tulisan yang terdapat di dalam buku ini merupakan pandangan dari masing-masing penulis baik secara langsung, maupun tidak langsung. Dalam konteks ini para penulis diberikan kebebasan untuk membahas tema-tema yang berkaitan dengan Covid-19 berdasarkan perspektif keilmuannya. Dengan adanya buku ini diharapkan akan menjadi ruang publik untuk mengeksppresikan bagaimana keterbukaan informasi mengenai Covid-19. Terdapat 15 (limabelas) artikel yang disajikan dalam buku bunga rampai ini.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Reri Adesca / Hafidha Asni Akmalia / Gatari Dimar / Maghfiroh Ayu / Rahma Puji Lestari / Labib Majdi Siregar / Elsa Amelia / Siti Ria Larasati
Editor: Eka Andini Oktasyah

Penerbit: Fatiha Media
ISBN: 9786234100242
Terbit: Desember 2021 , 120 Halaman










Ikhtisar

Buku Bunga Rampai: cara mencegah dan mengatasi Covid-19 di bidang agama, pendidikan, lingkungan, dan kesehatan. Buku Bunga Rampai ini memuat berbagai artikel tentang Covid-19. Tulisan-tulisan yang terdapat di dalam buku ini merupakan pandangan dari masing-masing penulis baik secara langsung, maupun tidak langsung. Dalam konteks ini para penulis diberikan kebebasan untuk membahas tema-tema yang berkaitan dengan Covid-19 berdasarkan perspektif keilmuannya. Dengan adanya buku ini diharapkan akan menjadi ruang publik untuk mengeksppresikan bagaimana keterbukaan informasi mengenai Covid-19. Terdapat 15 (limabelas) artikel yang disajikan dalam buku bunga rampai ini.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Pandemi COVID-19 yang melanda di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia, menuntut perhatian banyak pihak terkhusus dalam upaya penanganan dan pencegahan penyebarannya. Berbagai kebijakan dan program telah dilakukan oleh pemerintah terkait hal tersebut. Hingga sampai akhirnya, setelah memakan waktu satu tahun lebih, virus corona mulai menunjukan penurunan baik secara rasional. Hal ini tidak terlepas dari peran aktif seluruh lapisan masyarakat yang turut berupaya dalam pencegahan penyebarannya. Penyebaran virus ini terbilang cukup cepat. Keterbatasan fasilitas dan tenaga medis yang kurang memadai menjadi salah satu hambatan pasien untuk mendapatkan penanganan dini. Akan tetapi, sejak dilakukannya vaksinasi secara nasional virus inipun mulai terkendali. Maka dengan melalui sosialisasi diharapkan masyarakat lebih memahami bagaimana cara pencegahan yang dilakukan jika terdapat anggota keluarga yang menunjukan gejala Covid-19.

Berdasarkan bukti ilmiah, Covid-19 dapat menular dari manusia ke manusia melalui percikan batuk/bersin (droplet), tidak melalui udara. Orang yang paling berisiko tertular penyakit ini adalah orang yang kontak erat dengan pasien Covid-19 termasuk yang merawat pasien Covid-19. Rekomendasi standar untuk mencegah penyebaran infeksi adalah melalui cuci tangan secara teratur menggunakan sabun dan air bersih, menerapkan etika batuk dan bersin, menghindari kontak secara langsung dengan ternak dan hewan liar serta menghindari kontak dekat dengan siapapun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk dan bersin. Selain itu, menerapkan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) saat berada di fasilitas kesehatan terutama unit gawat darurat.

Dalam keadaan seperti itu, pada dasarnya tidak hanya kesehatan jasmani saja yang terganggu, melainkan kesehatan mental juga ikut terancam. Sebagaimana diketahui, bahwasannya pandemi ini menyebabkan hampir seluruh kegiatan yang biasanya dilakukan di luar rumha, terpaksa harus dilakukan dari rumah. seperti halnya kegiatan belajar mengajar, bekerja, dan lain-lain. Bagi anak-anak sekolah dan mahasiswa, kegiatan belajar dari rumah tentu dapat memiliki nilai kekurangannya sendiri. Begitupun bagi orang-orang yang mencari nafkah untuk keluarganya, tak sedikit dari mereka yang bahkan kehilangan pekerjaan akibat pemberhentian massal. Bagaimanapun hal-hal tersebut juga dapaat mengganggu esehatan mental.

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka diadakanlah Kuliah Kerja Nyata dengan berbagai macam program kerja yang menyangkut dengan pandemik Covid-19 ini, dapat membantu masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan sesuai dengan anjuran WHO. Tujuan dari program kerja yang dilaksanakan adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang bagaimana cara pencegahan Covid-19, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan Covid-19. Dengan dijalankannya program kerja dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini, diharapkan pemahaman masyarakat mengenai Covid-19 dan upaya pencegahannya dapat meningkat.

Out-put Buku Bunga Rampai Buku Bunga Rampai ini memuat berbagai artikel tentang Covid-19. Tulisan-tulisan yang terdapat di dalam buku ini merupakan pandangan dari masing-masing penulis baik secara langsung, maupun tidak langsung. Dalam konteks ini para penulis diberikan kebebasan untuk membahas tema-tema yang berkaitan dengan Covid-19 berdasarkan perspektif keilmuannya. Dengan adanya buku ini diharapkan akan menjadi ruang publik untuk mengeksppresikan bagaimana keterbukaan informasi mengenai Covid-19. Terdapat 15 (limabelas) artikel yang disajikan dalam buku bunga rampai ini.

Pada bagian pertama terdapat artikel karya Rahma Puji Lestari yang membahas tentang “Vaksin dalam Relasi Agama dan Kesehatan (Sains)”. Kedua terdapat artikel karya Elsa Amelia yang berjudul “Dilema Pendidikan Ditengah Pandemi Covid-19). Ketiga terdapat artikel karya Muhammad Arif Zakian yang bertajuk “Metode Self Healing Ditengah Pandemi Covid-19”. Keempat terdapat artikel karya Nisrokhah Diyah “Penerapan Hidup Sehat Menjadi Kebutuhan Primer Disaat Pandemi”. Kelima terdapat artikel karya Maghfiroh Ayu Firdani yang berjudul “Hubungan Pengetahuan dan Kesadaran Masyarakat dalam Menjaga Jarak”. Keenam terdapat artikel karya Alwadi Sabbih Degora yang berjudul “Olahraga Aman Ditengah Pandemi”. Ketujuh terdapat artikel karya Labib Majdi Siregar yang berjudul “Korelasi Tafsir Surah al-Kahfi Ayat 16 dengan Menyepi Menghindari Kemaksiatan dengan Beruzlah dan Tetap Produktif di Era Pandemi”. Kedelapan terdapat artikel karya Reri Adesca dengan judul “Keuntungan dan Kekurangan Belajar di Rumah Agar Lebih Maksimal di Masa Pandemi”. Kesembilan terdapat artikel karya Gatari Dimar Ajiningrum dengan judul “Pemanfaatan Ekstra Daun Sirih Sebagai Bahan Antiseptic Ramah Lingkungan”. Kesepuluh terdapat artikel karya Nur Rahmi Ilahi yang berjudul “Festival Pasar Sehat UMKM Sebagai Wadah Kebangkitan Ekonomi di Masa Pandemi”. Kesebelas terdapat artikel karya Yulia Nur Ariva yang berjudul “Pentingnya Mematuhi Protokol Kesehatan di Masa Pandemi”. Keduabelas terdapat artikel karya Mega Nurjanah Setiawati yang berjudul “Pentinganya Kesehatan Mental sebagai Resolusi di Tahun Baru”. Ketigabelas terdapat artikel karya Siti Ria Larasati yang berjudul “Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Melalui Makanan Selama Pandemi Covid-19”. Keempatbelas terdapat artikel karya Kahirun Nisa yang berjudul “Melakukan Hal-hal Produktif di Masa Pandemi Covid-19”. Dan kelimabelas terdapat artikel karya Diki Kurniawan yang berjudul “Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Kesehatan Masyarakat”.

Semua artikel yang tersaji dalam Buku Bunga Rampai ini dapat menjadi materi diskusi untuk dibahas dan dianalisis. Menurut penulis wahana diskusi tidak terbatas pada media cetak ini, tetapi bisa dilanjutkan di berbagai fitur media maya yang sudah kita akrapi bersama. Pada kesempatan ini kami ucapkan terimakasih kepada para kontributor artikel, dan semua pihak yang telah berpartisipasi baik secara langsung maupun tidak langsung atas terbitnya Buku Bunga Rampai ini.

Buku ini tidak akan ada maknanya, tanpa kritik dan saran dari pembaca dan semua partisipan. Buku ini mempunyai makna yang sangat terbatas, karena materi yang diekspresikan penulis adalah hasil pemikiran ketika ia sedang menulis. Sementara ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang begitu cepat, seiring dengan perubahan eksistensinya. Bisa saja apa yang ditulis si buku ini, kedepannya telah bergeser jauh kedepan. Semoga dengan terbitnya buku ini dapat menambah koleksi buku kita dan semoga dapat bermanfaat.

Daftar Isi

Cover
Kata Pengantar
Daftar Isi
Sambutan Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok 4 KKN RDR 77 UIN Walisongo
Bab 1 Vaksin Dalam Relasi Agama dan Kesehatan
Bab 2 Dilema Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19 dengan Tetap Memikirkan Pentingnya Kesehatan
Bab 3 Metode Self Healing di Tengah Pandemi Covid-19
Bab 4 Penerapan Kebiasaan Hiduop Bersih dan Sehat Menjadi Kebutuhan Primer Saat Covid-19
Bab 5 Hubungan Pengetahuan dan Kesadaran Masyarakat dalam Menjaga Jarak
Bab 6 Olahraga Aman yang Dapat Dilakukan Saat Pandemi Covid-19
Bab 7 Korelasi Tafsir Surah Al-kahfi Ayat 16
Bab 8 Kenali Keuntungan dan Kekurangan Belajar di Rumah Agar Lebih Maksimal
Bab 9 Pemanfaatan Ekstrak Daun Sirih sebagai Bahan Antiseptic Ramah Lingkungan
Bab 10 Festival Pasar Sehat
Bab 11 Pentingnya Mematuhi Protokol Kesehatan di Masa Pandemi
Bab 12 Pentingnya Kesehatan Mental sebagai Resolusi di Tahun Baru
Bab 13 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Melalui Makanan Selama Pandemi Covid-19
Bab 14 Melakukan Hal-hal Produktif di Masa Pandemi Covid-19
Bab 15 Pengaruh Pandemi Covid terhadap Kegiatan Masyarakat
Daftar Pustaka
Kontributor
Cover