Tampilkan di aplikasi

Buku Garudhawaca hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Seni Imajinasi Teater PMTOH

1 Pembaca
Rp 75.000 60%
Rp 30.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 90.000 13%
Rp 26.000 /orang
Rp 78.000

5 Pembaca
Rp 150.000 20%
Rp 24.000 /orang
Rp 120.000

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Selama 30 tahun terakhir, Agus Nur Amal telah mempraktikkan seni teater yang unik. Memadukan seni hikayat, yaitu seni tutur tradisional yang berkembang di wilayah Aceh, dengan logika-logika imajinasi teater yang ia pelajari di bangku kuliah.

PMTOH, nama yang melekat pada salah satu penghikayat ulung, Tengku Adnan, yang adalah salah satu gurunya, ia warisi dan ia kembangkan menjadi gaya baru baik dalam seni hikayat maupun seni teater itu sendiri, ia menyebutnya teater PMTOH.

Buku ini memuat cuplikan pengalaman, gagasan dan metode praktis yang pelan-pelan merevolusi seni hikayat dan membentuk apa yang disebut Teater PMTOH.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Agus Nur Amal

Penerbit: Garudhawaca
ISBN: 9786236521243
Terbit: Oktober 2020 , 185 Halaman

BUKU SERUPA













Ikhtisar

Selama 30 tahun terakhir, Agus Nur Amal telah mempraktikkan seni teater yang unik. Memadukan seni hikayat, yaitu seni tutur tradisional yang berkembang di wilayah Aceh, dengan logika-logika imajinasi teater yang ia pelajari di bangku kuliah.

PMTOH, nama yang melekat pada salah satu penghikayat ulung, Tengku Adnan, yang adalah salah satu gurunya, ia warisi dan ia kembangkan menjadi gaya baru baik dalam seni hikayat maupun seni teater itu sendiri, ia menyebutnya teater PMTOH.

Buku ini memuat cuplikan pengalaman, gagasan dan metode praktis yang pelan-pelan merevolusi seni hikayat dan membentuk apa yang disebut Teater PMTOH.

Pendahuluan / Prolog

Pengantar
Buku kecil ini berisi pengalaman berteater saya beserta gagasan-gagagasan yang melalarbelakangi penciptaan teater dan bentuk teater PMTOH sendiri. Dimaksudkan sebagai buku panduan untuk mengadakan workshop khususnya teater pmtoh. Namun buku ini juga bisa dipergunakan bagi siapa saja yang ingin mendalami seni pertunjukan teater. Bagi anda yang ingin mengembangkan seni tutur di Nusantara menjadi seni pertunjukan baru maka buku ini bisa menjadi acuan. Juga bagi anda yang ingin mengembangkan diri sebagai pendongeng dapat memamfaatkan buku sederhana ini. Seluruh gagasan dalam buku ini diturunkan dari pengalaman 30 tahun dalam seni pmtoh. Tentu di sana-sini masih banyak kekurangan, tanggapan pembaca sangat kami perlukan untuk penerbitan buku selanjutnya. Selamat membaca dan berpraktek.

Penulis

Agus Nur Amal - Agus Nur Amal lahir di Kota Sabang (pulau Weh). Nama panggungnya PMTOH. Melakoni seni teater sejak di Bangku SD negri no 5 di Kota Sabang, Menyelesaikan pendidikan di Departemen Teater Institut Kesenian Jakarta. Hobinya adalah berjalan kaki pagi hari. Memulai debut sebagai aktor PMTOH sejak tahun 1990 sampai sekarang. Ratusan kali pertunjukan panggilan telah dilakukannya. Teater PMTOH disebutnya sebagai teater yang bermain-main dengan imajinasi yang dapat dilakukan dimana saja, kapan saja, untuk apa saja dan siapa saja. Tontonan buat keluarga, sahabat dan kekasih. Melalui teater PMTOH ia ingin merevolusi imajinasi manusia yang telah dekaden dan berkarat, membentuk suatu imaji dunia yang baru, dunia yang sehat dan berbahagia, politik yang bermoral, hubungan-hubungan manusia yang semakin saling bersahabat, hubungan antar agama yang simpatik dan produk benda-benda yang membuat manusia menjadi bersahaja dan alam yang terpelihara.

Daftar Isi

Sampul
Pengantar Penulis
Daftar Isi
1. Latar Belakang Teater PMTOH
     Apa Itu PMTOH
     Ekspresi Teater Era 90-an
     Politik dan Bahasa
     Dialektika Teater dan Masyarakat
     Mencari Jawaban Pada Adnan PMTOH
     Jawaban Teater PMTOH
     Benda Sehari-hari
     Mengolah Kenangan
2. Teori Teater Bermain
     Teaer Objek
     Muasal Benda
     Bermain
     Imajinasi Aktif
     Asosiasi Benda (Similaritas)
     Representasi Benda (Ciri-Ciri)
     Setting Imajinatif
     Pengadeganan
     Bermain Dengan Irama
     Bentuk-Bentuk Permainan Bunyi Bahasa
     Suara Efek
     Aksi Bermain-Main
3. Sejarah Properti, Motif, Hubungan Bahasa Dengan Benda
     Jendela Stomata
     Bahasa, Benda dan Revolusi Imajinasi
     Dialog Teater
     Motif, Ethos dan Imajinasi Aktif
     Teater Dramatik-Lirik
     Teater Epik-Didaktik
     Teater Imajinatif Aktif
4. Referensi Mengenai Tubuh
     Mulut
     Energi Napas
     Asal Bunyi
     Kualitas Suara
     Tangan-Haptik
     Mata
     Telinga
Penutup
Daftar Pustaka
Penulis