Tampilkan di aplikasi

Buku Jejak Pustaka hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Globalisasi: Dimensi dan Implikasinya

1 Pembaca
Rp 69.000 15%
Rp 58.500

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 175.500 13%
Rp 50.700 /orang
Rp 152.100

5 Pembaca
Rp 292.500 20%
Rp 46.800 /orang
Rp 234.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Globalisasi menjadi sebuah fenomena yang dikaji secara khusus dalam hubungan internasional. Relasi kuasa di antara actor-aktor internasional tidak lepas dari signifikansi globalisasi. Globalisasi kemudian sebagai sebuah fase yang menjadi perhatian. Fenomena ini membangun sebuah kesadaran, bahwa kita saling terhubung melalui isu-isu global kontemporer, dan mulai ditinggalkannya persoalan sekat-sekat teritorial yang semakin tereduksi karena pengaruh dari kemajuan pesat teknologi informasi dan komunikasi yang membuat akses terhadap informasi semakin mudah didapat tanpa harus kita datang langsung ke suatu tempat.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Putu Titah Kawitri Resen / Sukma Sushanti

Penerbit: Jejak Pustaka
ISBN: 9786235422046
Terbit: Mei 2022 , 113 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Globalisasi menjadi sebuah fenomena yang dikaji secara khusus dalam hubungan internasional. Relasi kuasa di antara actor-aktor internasional tidak lepas dari signifikansi globalisasi. Globalisasi kemudian sebagai sebuah fase yang menjadi perhatian. Fenomena ini membangun sebuah kesadaran, bahwa kita saling terhubung melalui isu-isu global kontemporer, dan mulai ditinggalkannya persoalan sekat-sekat teritorial yang semakin tereduksi karena pengaruh dari kemajuan pesat teknologi informasi dan komunikasi yang membuat akses terhadap informasi semakin mudah didapat tanpa harus kita datang langsung ke suatu tempat.

Pendahuluan / Prolog

Prakata
Globalisasi menjadi sebuah fenomena yang dikaji secara khusus dalam hubungan internasional. Relasi kuasa di antara aktoraktor internasional tidak lepas dari signifikansi globalisasi. Globalisasi kemudian sebagai sebuah fase yang menjadi perhatian. Fenomena ini membangun sebuah kesadaran, bahwa kita saling terhubung melalui isu-isu global kontemporer, dan mulai ditinggalkannya persoalan sekat-sekat teritorial yang semakin tereduksi karena pengaruh dari kemajuan pesat teknologi informasi dan komunikasi yang membuat akses terhadap informasi semakin mudah didapat tanpa harus kita datang langsung ke suatu tempat.

Hal tersebut menjadi sebuah urgensi untuk merumuskan sebuah pengantar untuk memahami dinamika sosial politik dan kultur dalam konteks globalisasi. Hal ini semakin mempertegas bahwa globalisasi adalah sebuah proses yang akan terus berlanjut sesuai dengan perkembangan peradaban manusia.

Berangkat dari urgensi terhadap kebutuhan yang dapat mendukung perkembangan studi hubungan internasional di Indonesia, khususnya terkait dengan kajian globalisasi, maka buku ini hadir untuk membantu para pembelajar Hubungan Internasional dalam membangun kerangka berpikir kritis untuk menghasilkan analisis mengenai esensi globalisasi. Buku ini terbagi menjadi enam pokok bahasan yang komprehensif mengenai aspek-aspek yang saling terkait dan dipengaruhi oleh fase yang dikatakan sebagai momentum transformasi dunia.

Di bab pertama dibahas mengenai definisi globalisasi dan konteks historisnya. Pembahasan bab ini akan berfokus pada pengenalan globalisasi dan konteks yang melingkupinya. Selain itu, penting juga untuk menjelaskan lini masa perkembangan globalisasi yang tentunya memiliki karakter yang berbeda di setiap pembabakan historisnya. Bab selanjutnya membahas mengenai keterkaitan antara globalisasi dan interdependensi, dan bagaimana kemudian karakteristik yang melekat pada fenomena peradaban ini. Dalam bab ini juga dibahas mengenai signifikansi kegiatan lintas batas negara dalam berbagai sektor kehidupan yang tentunya semakin memberikan gambaran mengenai fenomena globalisasi.

Di bab tiga memberikan penjelasan landasan berpikir untuk menelaah globalisasi dari perspektif teoretis yang ada. Bab ini juga akan menampilkan perbedaan asumsi dasar dari setiap perspektif teoretis dalam globalisasi. Hal ini akan menunjukkan bahwa globalisasi adalah sebuah realita kehidupan yang akan memberikan dampak tertentu terhadap kehidupan bermasyarakat dan bernegara, yang sangat tergantung dari penggunaan pilihan perspektif teoretis ketika menganalisis fenomena globalisasi.

Pokok bahasan di bab empat, lima, dan enam menjabarkan mengenai globalisasi dari berbagai dimensi kehidupan, yakni ekonomi, politik, dan budaya. Meskipun terbagi beberapa kelompok dimensi yang ada, setiap aspek-aspek tersebut saling kerkelindan. Pengembangan asumsi dasar dari setiap dimensi globalisasi disertai contoh kasus riil akan memberikan dukungan bagi para pembelajar hubungan internasional dalam memahami fenomena ini.

Harapan penulis bahwa buku ini bisa memberikan manfaat bagi mahasiswa, dosen dan seluruh civitas akademika. Dan juga memberikan kontribusi positif yang dapat dimanfaatkan bagi para pembelajar hubungan internasional dalam membangun kerangka berpikir praktis untuk memahami fenomena ini. Akhirnya, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung proses penyusunan buku ini.

Penulis

Putu Titah Kawitri Resen - Putu Titah Kawitri Resen menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 di Program Studi Hubungan Internasional, Universitas Gadjah Mada. Ia kini menjadi dosen di Jurusan Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Udayana. Ia juga menjadi salah satu pengajar pada program Bali International Program on Asian Studies (BIPAS) di universitas yang sama sejak 2015 dengan mengampu mata kuliah Globalisasi dan Perubahan Sosial. Penelitiannya berfokus pada beberapa tema utama dalam Hubungan Internasional kontemporer seperti kebijakan luar negeri, pariwisata dan soft power, budaya dalam Hubungan Internasional serta globalisasi dan perubahan sosial.
Sukma Sushanti - Menempuh pendidikan S1 pada Jurusan Sastra Inggris, Universitas Udayana dan kemudian melanjutkan Pendidikan S2 di Program Studi Hubungan Internasional, Universitas Gadjah Mada. Saat ini, ia menjadi salah satu dosen di Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Udayana. Beberapa mata kuliah yang diampu diantaranya adalah Ekonomi Politik Global, Perdagangan Etis, Diplomasi, dan Globalisasi. Ia juga mengajar mata kuliah Globalisasi dan Perubahan Sosial pada program Bali International Program on Asian Studies (BIPAS) Universitas Udayana.

Daftar Isi

Sampul Depan
Halaman Judul
Identitas Buku
Prakata
Daftar Isi
Bab 1: Definisi dan Konteks Historis
     A. Pengertian Globalisasi
     B. Globalisasi Dalam Konteks Historis
     C. Intisari
Bab 2: Interdependensi dan Karakteristik Globalisasi
     A. Globalisasi dan Interdepedensi
     B. Karakteristik Globalisasi
     C. Intisari
Bab 3: Globalisasi: Perdebatan Teoretis
     A. Globalisasi Dalam Tinjauan Teoretis Hubungan Internasional
          Pandangan Realis
          Pandangan Liberalisme
          Pandangan Marxist
          Pandangan Konstruktivisme
     B. Perspektif Kritis Globalisasi
          Globalist
          Inter-nationalist
          Transformationalist
     C. Intisari
Bab 4: Globalisasi: Dimensi Ekonomi
     A. Globalisasi: Representasi Kegiatan
Transaksional Lintas Batas
     B. Perusahaan Multinasional dan Globalisasi Produksi
     C. Intisari
Bab 5: Globalisasi: Dimensi Politik
     A. Transisi Power Negara Menuju Tata Kelola
Global
     B. Mekanisme Global Governance
     C. Intisari
Bab 6: Globalisasi: Dimensi Budaya
     A. Dimensi Budaya Globalisasi
     B. Tiga Teori Globalisasi Budaya
     C. Intisari
Referensi
Biodata Penulis
Sampul Belakang