Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Akuntansi Sektor Publik

1 Pembaca
Rp 120.000 46%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Akuntansi Sektor Publik.

Sistematika buku Akuntansi Sektor Publik ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Kapita selekta akuntansi sektor publik, Akuntansi Manajemen Sektor Publik, Akuntansi Manajemen Sektor Publik, Anggaran Sektor Publik, Anggaran Pemerintah APBN dan APBD, Tehnik Akuntansi Keuangan Sektor Publik, Laporan Keuangan Sektor Publik, Pengukuran Kinerja Sektor Publik, Akuntansi Desa, Akuntansi Pemerintahan Pusat, Akuntansi Keuangan Daerah, Akuntansi Organisasi Nirlaba, Auditing disektor pemerintah, Konsep pelaporan keuangansektor publik, Akuntansi Sektor Publik Islam; Sebuah Refleksi.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Hantono / Lakharis Inuzula / Sri Apriyanti Husain / Anny Widiasmara / Umi Rahma Dhany / Siswadi Sululing / Maya Novitasari / Joni Hendra / Siti Amerieska / Suryaningsi / Tatik Amani / Sanusi Ariyanto / Desak Nyoman Sri Werastuti / Saiful Muchlis
Editor: Syaiful Bahri

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233622073
Terbit: November 2021 , 285 Halaman










Ikhtisar

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Akuntansi Sektor Publik.

Sistematika buku Akuntansi Sektor Publik ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Kapita selekta akuntansi sektor publik, Akuntansi Manajemen Sektor Publik, Akuntansi Manajemen Sektor Publik, Anggaran Sektor Publik, Anggaran Pemerintah APBN dan APBD, Tehnik Akuntansi Keuangan Sektor Publik, Laporan Keuangan Sektor Publik, Pengukuran Kinerja Sektor Publik, Akuntansi Desa, Akuntansi Pemerintahan Pusat, Akuntansi Keuangan Daerah, Akuntansi Organisasi Nirlaba, Auditing disektor pemerintah, Konsep pelaporan keuangansektor publik, Akuntansi Sektor Publik Islam; Sebuah Refleksi.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga buku kolaborasi dalam bentuk book chapter dapat dipublikasikan dan dapat sampai di hadapan pembaca.

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing.

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Akuntansi Sektor Publik.

Sistematika buku Akuntansi Sektor Publik ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan.

Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Kapita selekta akuntansi sektor publik, Akuntansi Manajemen Sektor Publik, Akuntansi Manajemen Sektor Publik, Anggaran Sektor Publik, Anggaran Pemerintah APBN dan APBD, Tehnik Akuntansi Keuangan Sektor Publik, Laporan Keuangan Sektor Publik, Pengukuran Kinerja Sektor Publik, Akuntansi Desa, Akuntansi Pemerintahan Pusat, Akuntansi Keuangan Daerah, Akuntansi Organisasi Nirlaba, Auditing disektor pemerintah, Konsep pelaporan keuangansektor publik, Akuntansi Sektor Publik Islam; Sebuah Refleksi.

Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Yang Kuasa. Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung dalam proses penyusunan dan penerbitan buku ini, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Penulis

Hantono - Dilahirkan di Medan, 27 Agustus 1978 lulusan Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Methodist Indonesia, Medan, pada tahun 2002 lalu melanjutkan pendidikan S-2 program Pascasarjana Magister Sains Program Studi Ilmu Ekonomi di Universitas Negeri Medan dan menyelesaikannya pada tahun 2011 dan pada tahun 2015 mengikuti perkuliahan di PPAK USU dan telah menyelesaikan pada tahun 2016. Bahkan Pada tahun 2009, Beliau juga pernah menjadi Instruktur Perpajakan di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan ”Bakti Wijaya” Medan, mengajar dengan materi Pengenalan Perpajakan, Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, Pajak Penghasilan Orang Pribadi, Akuntansi Dasar serta Akuntansi Pajak. Beliau Sekarang dosen tetap Fakultas Ekonomi Universitas Pelita Harapan (UPH) Kampus Medan dengan mata kuliah Research Methodology, Corporate Finance, Issue in Financial Accounting and Reporting, Business Statistics, Managerial Accounting. Penulis pernah menjadi pemakalah di Fakultas Bisnis - Unika Widya Mandala Surabaya pada kegiatan The 9th NCFB 2016 and Doctoral Colloquium 2016, Pemakalah di Faculty of Economics and Business, Universitas Indonesia (FEB UI) tanggal 2 – 3 Agustus 2017 pada kegiatan International Conference And Doctoral Colloquium In Finance 2017 (The 3rd IFA Annual Conference), Pemakalah di The 4th Sebelas Maret International Conference on Business, Economics and Social Sciences...
Lakharis Inuzula - Ketertarikan penulis terhadap ilmu ekonomi dimulai pada tahun 2007 silam, dengan jenjang pendidikan penulis pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan Akuntansi Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh dan menyelesaikan studi Sarjana Ekonomi (S.E.) pada tahun 2012. Kemudian melanjutkan pendidikan Program Profesi Akuntansi (Ak.) pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh pada tahun 2013 dan mendapat gelar Chartered Accountant (CA) sekaligus pada tahun 2014. Selanjutnya menyelesaikan pendidikan terakhir pada tahun 2016 pada Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi (M.Si.) di Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh.

Penulis fokus pada bidang konsentrasi Akuntansi Manajemen dan Manajemen Keuangan. Penulis aktif sebagai dosen tetap di Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) dan dosen luar biasa di Universitas Malikussaleh (UNIMAL). Saat ini peneliti menjabat sebagai Ketua Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Aceh. Penulis pun aktif melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan berkontribusi dan berkolaborasi dalam menulis beberapa buku dengan judul “Dasar Manajemen Keuangan, Akuntansi Sektor Publik dan Perpajakan”. Beberapa penelitian yang dihasilkan oleh peneliti didanai oleh Kemenristek/BRIN di lingkungan LLDIKTI XIII wilayah Aceh....
Sri Apriyanti Husain - Ketertarikan penulis terhadap Ilmu Akuntansi dimulai pada tahun 2006. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Sekolah Menengah Kejuruan yakni di SMK Negeri 1 Gorontalo dengan memilih Jurusan Akuntansi dan berhasil lulus pada tahun 2009. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi pada Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo pada tahun 2013 dan menyelesaikan studi pada Program Magister Akuntansi di Universitas Brawijaya Malang pada Tahun 2016.

Sejak 1 Maret 2019 Penulis telah diamanahkan untuk menjadi Dosen Akuntansi pada Jurusan Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo. Untuk memiliki Kepakaran di Bidang Akuntansi serta untuk mewujudkan karir sebagai Dosen Profesional, Penulis aktif dalam melakukan Penelitian di Bidang Akuntansi, Keuangan maupun Perbankan Syariah. Beberapa paper ataupun artikel ilmiah telah penulis presentasikan dalam forum-forum ilmiah nasional. Selain itu, Penulis aktif mengikuti berbagai pelatihan, workshop maupun seminar serta aktif dalam menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan Ilmu Akuntansi.
Anny Widiasmara - Ketertarikan penulis terhadap ilmu ibidang Akuntansi dimulai pada saat awal kuliah di tahun 1994 silam. Dimana setelah lulus di Sekolah menengah Atas dimadiun jurusan IPA kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S1 di STIE Malagkucecwara Malang dan berhasil lulus pada tahun 1998. Penulis menyelesaikan studi S2 di Magister Akuntansi Universitas sebelas Maret Surakarta dan sekarang mengambil program Doktoral Ilmu Akuntansi di Universitas Brawijaya Malang.

Penulis memiliki kepakaran dibidang Akuntansi keuangan,Akuntansi sector public dan Contollership. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku yang berkaitan dengan ilmu Akuntansi dan menjadi Pemateri di seminar baik yang diadakan di Internal kampus atau diluar kampus dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Umi Rahma Dhany - Penulis lahir bertempat di Probolinggo, 12 April 1989. Penulis mulai tertarik dengan ilmu akuntansi pada tahun 2004 saat mulai masuk Sekolah Menengah Atas. Hal tersebut kemudian dilanjutkan saat lulus dari SMA Katolik Mater Dei Probolinggo pada tahun 2007 untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi Strata 1 di prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang pada tahun 2011. Pada tahun berikutnya, tepatnya tahun 2012 penulis melanjutkan studi Strata 2 di prodi Pendidikan Ekonomi program pasca sarjana Universitas Negeri Malang dan berhasil lulus pada tahun 2014. Tahun 2021, Penulis sedang melanjutkan studi Doktoral di prodi Ilmu Ekonomi Universitas Merdeka Malang.

Penulis bekerja sebagai dosen di lingkungan Universitas Panca Marga Probolinggo mulai tahun 2013 sampai dengan sekarang. Saat ini penulis menjadi Ketua Badan Gugus Kendali Mutu tingkat Fakultas. Penulis memiliki kepakaran pada bidang ilmu akuntansi dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis berhasil mendapatkan sertifikat dosen professional ditahun 2017. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi.
Siswadi Sululing - Pendidikan S1 Akuntansi STIE YPUP Makassar, selesai tahun 1999, Pendidikan Magister Akuntansi (Maksi) Universitas Padjadjaran Bandung, selesai tahun 2012 dan Pendidikan Profesi Akuntan (PPAk) Universitas Widyatama Bandung, selesai tahun 2012.
Saat ini aktif bekerja sebagai Dosen Tetap pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai Sulawesi Tengah dengan mengajar mata kuliah Auditing, Teori Akuntansi, Metode Penelitian Akuntansi, Teori Portofolio dan Analisa Investasi, Sistem Pengendalian Manajemen dan Kewirausahaan serta Seminar Akuntansi Keuangan. Telah lulus sertifikasi profesional dosen tahun 2015, jabatan fungsional Lektor, berhasil menerima hibah riset PDP, Stranas, Riset Terapan dan Hibah PKM dari Kementrian Ristek/Brin. Telah menulis beberapa buku antara lain: Akuntansi Desa: Teori dan Praktek, Manajemen Distruption, Manajemen Sumber Daya Manusia (Manusia, Data dan Analysis), dan Sistem Informasi Akuntansi
Menjadi anggota utama Ikatan Akuntan Indonesia dan Sekretaris Forum Dosen Indonesia, DPD Sulawesi Tengah Tahun 2020-2024. Aktif sampai sekarang. Selain dosen juga melakukan jasa assurance di bidang audit, akuntansi dan pelaporan keuangan, pernah mengaudit beberapa perusahaan yang ada di Kabupanten Banggai. Saat ini sedang menempuh Pendidikan Doktor Ilmu Akuntansi (PDIA) pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar.
Maya Novitasari - Lahir di Surabaya pada tanggal 5 November 1987. Gelar sarjana ekonomi dan magister akuntansi diperoleh dari Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UPN “Veteran” Jawa Timur. Saat ini sedang menempuh gelar doktor Ilmu Akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga. Dosen tetap pada Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas PGRI Madiun sejak 2016. Mengampu mata kuliah Akuntansi Manajemen, Akuntansi Keuangan Menengah, Akuntansi Keuangan Syariah, Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Statistik dan lain-lain. Aktif sebagai narasumber seminar dari Universitas lain. Aktif pada publikasi penelitian mengenai Akuntansi Lingkungan, Akuntansi Syariah dan Akuntansi Keuangan terindeks Scopus, WOS, Sinta, DOAJ, Copernicus dan Google Scholar. Dan juga aktif sebagai reviewer pada beberapa jurnal yang terindeks Sinta dan WOS.

Pengalaman kerja sebelum menjadi dosen adalah Staff Export pada PT. Kopi Toba Mas Indonesia di Surabaya tahun 2009, Staff Compliance pada Bank Shinhan (dulu Bank CNB) di Surabaya tahun 2010-2011 dan Staff Relationship Officer divisi High End Commercial Banking pada Bank CIMB Niaga di Surabaya tahun 2011-2014.
Joni Hendra - Ketertarikan penulis terhadap ilmu akuntansi dan keuangan dimulai pada tahun 1984 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih melanjutkan pendidikan AKUNTANSI ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S1 di jurusan Akuntansi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta pada tahun 1989. Kemudian, penulis menyelesaikan studi S2 di prodi Magister Manajemen Konsentrasi Manajemen Keuangan Program Pasca Sarjana Universitas Merdeka Malang pada tahun 2006.

Sejak tahun 1990 hingga 2006 penulis pernah menjadi praktisi di sebuah perusahaan BUMN sebagai staf di bidang Akuntansi, Keuangan, dan Internal Auditor. Kemudian tahun 2006 hingga 2014 penulis melanjutkan karier sebagai dosen di AMIK Taruna Probolinggo, dan kemudian tahun 2015 hingga saat ini adalah dosen tetap di Fakultas Ekonomi Universitas Panca Marga Probolinggo. Penulis memiliki kepakaran di bidang Manajemen Keuangan dan Investasi. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Penulisan buku ini penulis lakukan dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini. Atas dedikasi dan kerja keras dalam menulis buku.
Siti Amerieska - Ketertarikan penulis terhadap ilmu akuntansi dimulai pada tahun 2001 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Politeknik Universitas Brawijaya (Polinema) dengan memilih Jurusan Akuntansi dan berhasil lulus pada tahun 2004. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan S1 ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S1 di prodi Akuntansi UNMER pada tahun 2006. Tiga tahun kemudian, penulis menyelesaikan studi S2 di prodi Akuntansi Program Magister Sains Akuntansi Universitas Brawijaya.

Penulis memiliki kepakaran dibidang akuntansi sektor public dan public governance. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Suryaningsi - Penulis memperoleh gelar S-1 dari Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Katolik Widya Mandira pada tahun 2013, dan gelar S-2 dari Program Magister Akuntansi Universitas Padjajaran Bandung pada tahun 2017. Penulis merupakan dosen tetap Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Kupang sejak Tahun 2017 dengan materi seputar Pengantar Akuntansi, Akuntansi Keuangan Daerah, Perpajakan, Akuntansi Perpajakan, dan Auditing.

Sampai saat ini penulis juga menjabat sebagai Sekretaris Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Kupang dan juga merupakan Auditor Internal Universitas Muhammadiyah Kupang. Penulis mempunyai pengalaman Kerja pada salah satu perusahaan percetakan dan manufaktor di Kota bandung yakni CV. Yrama Widya dan PT. Sewu selama 2 tahun yakni tahun 2014 – 2016 dengan posisi sebagai accounting. Penulis juga pernah magang pada KAP JAR di Kota Bandung selama 3 bulan. Saat ini penulis juga mengajar sebagai Dosen Luar biasa Jurusan Ekonomi Syariah Di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Kupang. Penulis juga aktif sebagai peneliti dibidang Akuntansi. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif melakukan pelatihan – pelatihan seperti Pekerti, penyusunan Dokumen SPMI Perguruan Tinggi, Auditor Mutu Internal Perguruan Tinggi, dan Keuangan Syariah.
Tatik Amani - Terlahir di Ponorogo Propinsi Jawa Timur tepatnya tanggal 19 November 1968. Kecintaannya pada akuntansi tidak diragukan lagi, dibuktikan dengan pendidikan dan karirnya. Pendidikan akuntansi penulis tempuh mulai di SMK Negeri Ponorogo, S1 di Universitas Panca Marga dan S2 di Universitas Jember pada prodi akuntansi. Saat ini penulis sebagai dosen tetap di Universitas Panca Marga prodi Akuntansi.

Penulis aktif melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, selain mengajar penulis juga aktif sebagai peneliti di bidang akuntansi. Beberapa artikel penelitiannya telah diterbitkan di Jurnal Nasional maupun Internasional. Beberapa artikel ilmiah hasil penelitiannya juga telah penulis presentasikan dalam seminar nasional maupun internasional. Diantara penelitian yang penulis lakukan mendapatkan hibah dan didanai Kemenristek Dikti yaitu pada tahun 2019 dan tahun 2020. Pengabdian masyarakat terus dilakukan baik bersama dosen maupun mahasiswa. Keterlibatan penulis pada program Kuliah Kerja Nyata mahasiswa yang langsung terjun di tengah masyarakat baik sebagai panitia maupun pendamping lapangan, sebagai nara sumber pelatihan maupun penyuluhan kepada masyarajat merupakan wujud salah satu tri dharmanya.
Sanusi Ariyanto - Penulis menamatkan kuliah S1 Akuntansi dari Universitas Riau , S2 Magister Manajemen Universitas Soetome dan sedang menempuh pendidikan S3 Ilmu Akuntansi di Universitas Trisakti .Penulis pernah bekerja sebagai kepala Akuntansi PT.Gandaerah Hendana tahun (Barito Pacific Group) 1996-2001, Kepala Pembukuan PT.United Dico Citas (Takeda Corp)Tahun 2001-2003 ,Manajer Keuangan PD.Tuah Sekata (BUMD Kabupaten Pelalawan) Tahun 2003 – 2014 dan Direktur Utama PD.Tuah Sekata tahun 2014 -2018. Saat ini bekerja sebagai Direktur Kantor Jasa Akuntansi Sanusi Ariyanto dan Rekan , Dosen Tetap Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Islam Riau .Penulis telah menulis buku Akuntansi Keuangan Syariah dasar hukum , standar akuntansi dan study kasus , Akuntansi Biaya bersama penulis lainnya.
Desak Nyoman Sri Werastuti - Ketertarikan penulis terhadap ilmu akuntansi dimulai pada tahun 1994 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk memilih jurusan IPS yang didalamnya dipelajarai mengenai Akuntansi dan berhasil lulus pada tahun 1997. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S1 di prodi Akuntansi pada tahun 2002. Penulis menyelesaikan studi S2 di prodi Akuntansi Universitas Udayana dan pada tahun 2015 melanjutkan studi di prodi Ilmu Akuntansi, Universitas Brawijaya.

Penulis memiliki kepakaran dibidang Akuntansi. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Saiful Muchlis - Adalah Dosen tetap Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Alauddin Makassar. Lahir di Makassar, 21 April 1975, dari pasangan ayahanda Muchlis Nurdin (Allah Yarhamhu), dan ibunda Sitti Norma (Allah Yarhamha). Anak bungsu dari tiga bersaudara [Hertasmin Muchlis (Alm), dan Endang Kustiawati]. Pendidikan dasar pada SDN 201 Rantetiku, SMPN Kartaraharja I, di Kabupaten Luwu (sekarang Kabupaten Luwu-Timur). SMEA Handayani Utama Palapo Jurusan Akuntansi di Palopo. Menempuh pendidikan tinggi S1 di Jurusan Akuntansi STIE-YPUP Makassar lulus tahun 1999, Studi S2 di Program Magister Sains Akuntansi Universitas Brawijaya (UNIBRAW) Malang, lulus tahun 2005, Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) di Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya (UNIBRAW) Malang, lulus tahun 2005. Tahun 2011 melanjutkan studi Strata Tiga (S3) bidang Ilmu Akuntansi pada Program Pasca Sarjana (PPS) Universitas Sebelas Maret (UNS) di Surakarta.

Mengawali karir sebagai akademisi sejak tahun 2000 di Jurusan Akuntansi pada Akademi Akuntansi Edita Samarinda, Kalimantan Timur. Sejak tahun 2006 sebagai Dosen Luar Biasa pada beberapa PTS di Makassar, diantaranya yaitu: STIEM Bongaya, STIM Nitro, Universitas Atmajaya, dan Universitas Muhammadiyah. Sedangkan sebagai Dosen Luar Biasa diluar Kota Makassar yaitu diantaranya: pada STAIN Palopa, dan STIE Muhammadiyah Palopo, serta STAI DDI Polewali Mandar Sulawesi-Barat....

Editor

Syaiful Bahri - Menyelesaikan pendidikan S1 Jurusan Akuntansi di Universitas Muhammadiyah Malang, S2 Sains Akuntansi di Univesitas Brawijaya Malang, Program Pendidikan Profesi Akuntan di STIE Malangkucecwara Malang dan S3 Ilmu Ekonomi Akuntansi di Universitas Merdeka Malang.

Pada saat proses penyelesaian Strata-1, pernah menjadi Asisten Dosen Laboratorium Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang. Sejak tahun Januari 2002 telah tercatat sebagai staf pengajar di Unit kerja Wilayah Kopertis VII. Penulis pernah mengajar di beberapa perguruan tinggi swasta, seperti Universitas Islam Madura Pamekasan, Universitas Madura Pamekasan. Sekarang sebagai dosen tetap Fakultas Ekonomi Dan Bisnis di Institut Teknologi Dan Bisnis Asia Malang.

Buku yang telah dihasilkan adalah Buku Pengantar Akuntansi, Pengantar Akuntansi Berdasarkan SAK ETAP dan IFRS (Edisi III), Praktek Kerja Akuntansi Entitas Jasa dan Entitas Dagang (Berdasarkan SAK ETAP), Metodologi Penelitian Bisnis; Lengkap dengan Teknik Pengolahan Data SPSS, Akuntansi Manajemen; Teori dan Aplikasi, Akuntansi Keuangan Menengah (Berdasarkan SAK), Akuntansi Biaya, dan Akuntansi UMKM (Pendekatan Praktis Berdasarkan SAK EMKM).

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Kapita Selekta Akuntansi Sektor Publik
     Pendahuluan
     Pengertian, Karakteristik, Fungsi dan Tujuan Laporan
     Komponen Lingkungan yang Mempengaruhi
     Perbandingan Laporan Keuangan Sektor Publik dan
     Jenis–Jenis Akuntansi Sektor Publik
     Penyusunan Laporan Keuangan
     Metode Pencatatan Akuntansi Sektor Publik
Bab 2. Akuntansi Manajemen Sektor Publik
     Pendahuluan
     Pengertian Akuntansi Manajemen Sektor Publik
     Aktivitas Akuntansi Manajemen Sektor Publik
     Peran Akuntansi Manajemen Sektor Publik
     Pengendalian Manajemen Sektor Publik
     Tujuan Akuntansi Manajemen Sektor Publik
     Peranan Teknologi Dalam Akuntansi Manajemen
Bab 3. Anggaran Sektor Publik
     Pengertian
     Fungsi Anggaran Sektor Publik
     Jenis-Jenis Anggaran Sektor Publik
     Prinsip Anggaran Sektor Publik
     Siklus Penyusunan Anggaran Sektor Publik
     Pentingnya Anggaran Sektor Publik
Bab 4. Anggaran Pemerintah APBN dan APBD
     Pengertian
     APBN Menurut Para Ahli
     Struktur APBN
     Memahami Pengertian APBN dan APBD, Serta Fungsi
     Fungsi APBN
     Pengertian APBD
     Fungsi APBD
     Bagaimana Mekanisme Penyusunan APBN dan APBD
Bab 5. Teknik Akuntansi Keuangan Sektor Publik
     Pendahuluan
     Standar Akuntansi Sektor Publik
     Teknik Penyusunan Akuntansi Sektor Publik
     Akuntansi Dana
     Akuntansi Anggaran
     Akuntansi Komitmen
     Akuntansi Akrual
     Akuntansi Kas
     Sistem Pencatatan
     Fokus Pengukuran
     Basis Akuntansi
Bab 6. Laporan Keuangan Sektor Publik
     Pendahuluan
     Pengertian Sektor Publik
     Peraturan Pemerintah Tentang Laporan Keuangan
     Tujuan Dan Fungsi Laporan Keuangan Sektor Publik
     Komponen-Komponen Laporan Keuangan Sektor
     Pemakai Laporan Keuangan Sektor Publik
     Hak dan Kebutuhan Pemakai Laporan Keuangan
     Bentuk Laporan Keuangan Sektor Publik
     Kesimpulan
Bab 7. Pengukuran Kinerja Sektor Publik
     Pengertian
     Tujuan Pengukuran Kinerja Sektor Publik
     Elemen Pokok Pengukuran Kinerja Sektor Publik
     Aspek-Aspek Pengukuran Kinerja Sektor Publik
     Balanced Scoredcard Untuk Sektor Publik
Bab 8. Akuntansi Desav
     Pengertian Akuntansi Desa
     Laporan Keuangan Desa
     Pengelolaan Keuangan Desa
     Penatausahaan Keuangan Desa
     Laporan Realisasi Angggran
Bab 9. Akuntansi Pemerintah Pusat
     Kebijakan dan Sistem Akuntansi Pemerintah Pusat
Bab 10. Akuntansi Keuangan Daerahv
     Pengertian Akuntansi Keuangan Daerah
     Standar Akuntansi Pemerintahan
     Entitas Akuntansi dan Pelaporan
     Peran Laporan Keuangan Daerah
     Tujuan Pelaporan Keuangan Daerah
     Jenis–Jenis Laporan Keuangan Pemerintah Daerah
     Siklus Akuntansi Keuangan Daerah
Bab 11. Akuntansi Organisasi Nirlaba
     Pengertian
     Akuntansi Organisasi Nirlaba
     Standar Akuntansi Nirlaba
     Laporan Keuangan Nirlaba
     Catatan A
     Catatan B
     Catatan C
     Catatan D
     Catatan E
Bab 12. Auditing di Sektor Pemerintahan
     Pemeriksaan Keuangan Negara
     Pernyataan Standar Pemeriksaan 02 - Standar
     Pernyataan Standar Pemeriksaan 03 - Standar
     Perencanaan Pemeriksaan
     Pelaksanaan Pemeriksaan
     Pelaporan Pemeriksaan
     Penyusunan Konsep LHP
Bab 13. Konsep Pelaporan Keuangan Sektor Publik
     Pengertian
     Tujuan dan Fungsi Laporan Keuangan Sektor Publik
     Tujuan Laporan Keuangan Sektor Publik
     Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan Sektor
     Komponen-Komponen Laporan Keuangan Sektor
     Hak dan Kebutuhan Pemakai Laporan Keuangan
     Perbedaan Laporan Keuangan Sektor Publik dengan
     Sistem Pelaporan Keuangan Sektor Publik
     Siklus Akuntansi Keuangan Sektor Publik
Bab 14. Akuntansi Sektor Publik Islam; Sebuah Refleksi
     Menuju Pemahaman Akuntansi Sektor Publik Islam
     Praktik Akuntansi Sektor Publik di Masa
     Akuntansi Sektor Publik Dalam Perspektif
     Praktik Akuntansi Sektor Publik di Institusi Islam
     Akuntansi Sektor Publik, Orientasi Ekonomi Masa
Cover Belakang