Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Consumer Behaviour

Essence, Position & Strategy

1 Pembaca
Rp 90.000 28%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan pengelolaan merek berdasarkan aspek brand marketing. Sistematika buku Consumer Behaviour: Essence, Position & Strategy ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 12 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Introduction to Consumer Behavior, Consumer Behaviour Model, Consumer Perception, Consumers as Decision Makers, Consumers and Culture, Consumer Attitude, Consumer Purchasing Decisions, Consumer Loyalty and Motivation, Customer Satisfaction, E-Consumer dan E-WOM, Consumer Trust, serta Consumer Behaviour in The Age of Online Business.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Aditya Wardhana / Putu Chris Susanto / Christina Yanita Setyawati / Ni Luh Putu Anom Pancawati / I Wayan Ruspendi Junaedi / Nila Krisnawati / Desi Susanti / Sri Mulyana / Muhammad Fahrozi / T. Arief Pahlevi Pasha / Kristian Suhartadi Widi Nugraha / Mutia Ulfah
Editor: Acai Sudirman

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233623360
Terbit: Januari 2022 , 215 Halaman










Ikhtisar

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan pengelolaan merek berdasarkan aspek brand marketing. Sistematika buku Consumer Behaviour: Essence, Position & Strategy ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 12 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Introduction to Consumer Behavior, Consumer Behaviour Model, Consumer Perception, Consumers as Decision Makers, Consumers and Culture, Consumer Attitude, Consumer Purchasing Decisions, Consumer Loyalty and Motivation, Customer Satisfaction, E-Consumer dan E-WOM, Consumer Trust, serta Consumer Behaviour in The Age of Online Business.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga buku kolaborasi dalam bentuk book chapter dapat dipublikasikan dan dapat sampai di hadapan pembaca. Book cahpter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan pengelolaan merek berdasarkan aspek brand marketing.

Sistematika buku Consumer Behaviour: Essence, Position & Strategy ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 12 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Introduction to Consumer Behavior, Consumer Behaviour Model, Consumer Perception, Consumers as Decision Makers, Consumers and Culture, Consumer Attitude, Consumer Purchasing Decisions, Consumer Loyalty and Motivation, Customer Satisfaction, E-Consumer dan EWOM, Consumer Trust, serta Consumer Behaviour in The Age of Online Business.

Pembahasan materi dalam buku ini telah disusun secara sistematis, dengan tujuan memudahkan pembaca untuk memahaminya. Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan dan masih terdapat banyak kekurangan, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Yang Kuasa. Oleh sebab itu, kami tentu menerima masukan dan saran dari pembaca demi penyempurnaan lebih lanjut.

Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penulisan buku ini hingga dapat selesai dengan baik, secara khusus kepada Penerbit Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini. Penulis berharap buku ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapat memberi kontribusi yang positif demi kemajuan nusa dan bangsa Indonesia yang tercinta.

Penulis

Aditya Wardhana - Penulis merupakan dosen tetap Universitas Telkom. Penulis menyelesaikan studi Sarjana Ekonomi (SE) di Universitas Padjadjaran pada tahun 1997 sebagai wisudawan terbaik. Kemudian, menyelesaikan studi Magister Sains (MSi) di Universitas Padjadjaran tahun 2003 dan Magister Manajemen (MM) di Universitas Pasundan tahun 2012 sebagai wisudawan terbaik. Saat ini penulis sedang melanjutkan studi Doktor Ilmu Manajemen di prodi Manajemen Universitas Pasundan. Penulis memiliki kepakaran di bidang manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, dan manajemen strategik. Penulis memiliki pengalaman praktisi di Citibank dan di PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan meraih predikat the best employee serta sebagai konsultan di beberapa BUMN seperti Surveyor Indonesia, Badan Klasifikasi Kapal Indonesia, Pertamina, BNI 46, PTPN VIII, Biofarma, Kementerian Koordinator Perekonomian RI dan Kementerian Perhubungan. Penulis juga aktif melakukan berbagai penelitian terindeks Scopus dan Sinta dan telah menulis lebih dari 250 buku dalam bidang bisnis. Penulis mendapatkan penghargaan sebagai dosen dengan kinerja penelitian terbaik tahun 2022 dari LLDIKTI Wilayah 4 Jawa Barat dan memiliki Sertifikasi Penulis Buku Non-Fiksi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) RI.
Putu Chris Susanto - Penulis adalah akademisi yang berbasis di Program Studi S1 Manajemen, Universitas Dhyana Pura Bali. Ia lahir dan dibesarkan di Bali, dan sempat mendapatkan kesempatan untuk mengeyam pendidikan S1 dan S2 di Amerika Serikat. Putu Chris Susanto menempuh S1 double major di bidang Business Administration dan Hotel/Restaurant Management di College of the Ozarks (USA) sebagai lulusan terbaik (IPK 4.00), menyelesaikan Master of Business Administration di University of Missouri (USA) sebagai Best Marketing Graduate dan Best International Graduate (IPK 4.00), serta meraih Master of Education dari Central Methodist University (USA; IPK 4.00). Penulis yang merupakan Certified Marketing Analyst mengampu mata kuliah pemasaran, perilaku konsumen, bisnis digital, social entrepreneurship, dan knowledge management, dengan research interests di bidang perilaku konsumen, branding, advertising, dan perbedaan antar generasi dalam konteks pemasaran. Di samping aktif meneliti dan mengabdikan ilmu di masyarakat, penulis juga berpengalaman sebagai editor jurnal, conference organizer, penerjemah dan interpreter.
Christina Yanita Setyawati - Penulis mengawali Pendidikan di perguruan tinggi pada tahun 2000 dengan bergabung pada program English Education di Universitas Negeri Malang dan berhasil menyelesaikannya pada tahun 2004. Ketertarikan penulis terhadap ilmu manajemen dimulai pada tahun 2002 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk melanjutkan studi di Universitas Brawijaya Malang dengan memilih Jurusan Manajemen dan berhasil lulus pada tahun 2006. Penulis kemudian melanjutkan ke Program Magister Manajemen Universitas Brawijaya Malang pada tahun 2008 dan berhasil menyelesaikannya pada Perguruan Tinggi. Selanjutnya, sejak tahun 2019, penulis menempuh program Doktoral Ilmu Manajemen pada Universitas Brawijaya Malang. Penulis memiliki kepakaran di bidang Manajemen khususnya yang berhubungan dengan Strategik Manajemen, Finansial Manajemen, dan Entrepreneurship. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif terlibat sebagai peneliti sesuai dengan kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Penulis juga aktif melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan mengambil peran sebagai Narasumber dan Mentor untuk mendampingi UMKM. Penulis juga terlibat dalam penulisan buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Ni Luh Putu Anom Pancawati - Penulis lahir di Mataram 16 April 1984 anak pertama dari dua bersaudara pasangan I Wayan Wirya dan Ni Ketut Mariasti. Penulis menyelesaikan pendidikan Magister Akuntansi di Universitas Mataram tahun 2012 dan Profesi Akuntan di Universitas Udayana pada tahun 2016. Pengalaman pekerjaan penulis antara lain sebagai dosen tetap yayasan di Universitas Islam Al-Azhar Mataram pada tahun 2014-2019 dan saat ini terdaftar sebagai dosen tetap di Institut Agama Hindu Negeri (IAHN) Gde Pudja Mataram. Beberapa pemikiran penulis mengenai Ekonomi dan Akuntansi telah disajikan melalui karya-karya penulis dalam bentuk artikel pada jurnal ilmiah dan lainnya antara lain Pengaruh Perputaran Aktiva, Piutang dan Hutang Terhadap Profitabilitas PT. Bukit Uluwatu Villa Tbk, Pengaruh Utang Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan PT. Astra Agro Lestari Tbk, dan Study On Strategic Policy New Normal Covid-19: Economic Recovery for MSMEs. Penulis aktif dalam berbagai pertemuan ilmiah seperti workshop, seminar dan lain-lain baik nasional maupun internasional.
I Wayan Ruspendi Junaedi - Lahir di Desa Legian Kelod, Kuta, Kab. Badung, Bali, 27 Juni 1974. Beliau adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Ayahnya I Nyoman Sukartika (alm) adalah Majelis Jemaat Mula-mula di GKPB Philadelphia Legian. Ibunya Ni Wayan Ayuadi di masa mudanya adalah seorang professional di bidang bisnis jasa persewaan mobil, penginapan, dan seorang penari Bali.

Beliau menyelesaikan Pendidikan Sarjana S1 di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga pada jurusan Ekonomi Manajemen pada tahun 1997. Tahun 2002, Beliau menyelesaikan Pendidikan Magister S2 di Ruhr University Bochum (Jerman) pada jurusan Development Management. Tahun 2014 menyelesaikan S3 di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga pada jurusan Ekonomi Studi Pembangunan.

Pada tahun 2002-2004, Beliau sebagai Operasional Manager di Orchid Garden Cottage & Restaurant, Kuta, Bali; tahun 2005-2009 sebagai General Manager di Dhyana Pura Beach Resort & Spa, Kuta, Bali; dan pada tahun 2011-2012, Beliau sebagai General Manager di Laras Asri Resort & Spa, di Salatiga, Jawa Tengah.

Sejak tahun 2002 sampai saat ini, Dr. I Wayan Ruspendi Junaedi, S.E., M.A. mengabdikan dirinya sebagai dosen di Universitas Dhyana Pura, Bali, Jl. Raya Padang Luwih, Tegal Jaya, Dalung, Kuta, Kabupaten Badung, Bali. tahun 2015-2019, Beliau menjabat sebagai wakil Rektor II Bidang Operasional; sejak tahun 2019 sampai saat ini, Beliau menjabat sebagai Kepala Bagian Pembelajaran Karakter di universitas yang sama.
Nila Krisnawati - Lulus sebagai Sarjana Ekonomi dan Sarjana Magister Manajemen dari Universitas Indonesia pada tahun 2008 dan 2012, serta dari Doktoral Ilmu Manajemen Universitas Padjadjaran, Bandung pada tahun 2016. Mengawali karir pada industri perhotelan di Hotel Santika Yogyakarta sebagai management trainee dan sebagai marketing officer bersama Grup Accor (Ibis), ia sempat pula bergabung dalam perusahaan konsultan yang bermitra dengan University of Adelaide Australia, afiliasi dengan UNESCO, serta terlibat dalam beberapa proyek pengembangan, hingga dipercayakan menjalankan tugas struktural dan fungsional di berbagai lembaga pendidikan tinggi ternama di Indonesia. Bidang pengajaran yang digelutinya meliputi area consumer behavior, professional development, international business dan business research and methodology. Kegiatan penelitian dan publikasi menjadi bagian dari aktivitas rutinnya, khususnya untuk bidang strategic management and human resources for the hospitality, serta creative industries. Selain, menjalankan tugas fungsionalnya di Universitas Swiss German sebagai Wakil Rektor bidang Non-Akademik, saat ini ia juga aktif sebagai asesor kompetensi bidang industri perhotelan dan pariwisata, serta reviewer penelitian tingkat Nasional.
Desi Susanti - Lahir di Pekanbaru, saat ini sebagai dosen tetap di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Persada Bunda, Program Studi Manajemen (S1) dengan jabatan fungsional Lektor, dengan pengalaman mengajar lebih dari (20) tahun. Saat ini sedang sedang menempuh kuliah pada Program Doktor Ilmu Manajemen di Universitas Pasundan, tertarik menulis dan meneliti secara kolaborasi yang berfokus pada bidang Manajemen terutama Marketing Kontemporer, Entrepreneurship dan UMKM. Penulis memiliki kepakaran di bidang pemasaran. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan juga Kemenristek DIKTI. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi semua pihak. Penulis juga aktif berkolabaorasi dengan dosen-dosen di perguruan tinggi yang ada Indonesia dalam menghasilkan bookchapter diantaranya yaitu Metodologi Penelitian Ekonomi, dan Digital Marketing. Selain itu penulis juga aktif sebagai editor buku.
Sri Mulyana - Lahir di Pekanbaru, 11 September 1982, adalah dosen di jurusan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Persada Bunda di Pekanbaru program studi manajamen. Setelah menyelesaikan pendidikan di SMK 2 Muhammadiyah, pada tahun 2000, melanjutkan studi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Persada Bunda jurusan Manajemen selesai pada tahun 2008. Selanjutnya, pendidikan strata dua diselesaikan pada tahun 2012 di program studi Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Riau.
Muhammad Fahrozi - Ketertarikan penulis terhadap ilmu manajemen pemasaran dimulai pada tahun 2006 ketika penulis masih dibangku kuliah. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk mendalami ilmu pemasaran tersebut dengan sangat serius. Penulis menghabiskan waktu pendidikan di Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S1 di program studi MANAJEMEN kosentrasi Pemasaran UNIVERSITAS RIAU pada tahun 2011. Pada tahun 2015 kemudian, penulis menyelesaikan studi S2 di program studi MANAJEMEN KOSENTRASI PEMASARAN PROGRAM PASCA SARJANA UNIVERSITAS RIAU.

Penulis memiliki kepakaran dibidang ilmu manajemen pemasaran. Penulis saat ini tercatat aktif sebagai Dosen Tetap di SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI PERSADA BUNDA PEKANBARU. Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut yaitu manajemen pemasaran. Beberapa penelitian yang telah penulis lakukan dan diterbitkan di berbagai jurnal nasional. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis berbagai buku dengan tema manajemen pemasaran dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara indonesia yang sangat tercinta ini.
T. Arief Pahlevi Pasha - Merupakan salah satu dosen ilmu manajemen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda Pekanbaru. Mengambil jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial di SMAN 8 Pekanbaru, ketertarikan beliau terhadap ilmu sosial khusunya ekonomi semakin timbul. Beliau kemudian mengikuti program sarjana di Institut Pertanian Bogor jurusan Ilmu Ekonomi dan melanjutkan program Magister Sains Manajemen di Universitas Riau. Beliau merupakan sosok yang gemar berorganisasi. Sejak bangku sekolah menengah hingga saat ini. Beliau pernah tergabung di kepengurusan OSIS, BEM, organisasi kemahasiswaan lain yang berbasis minat dan bakat, hingga Asosiasi Persona Vaporizer Indonesia Perwakilan Wilayah Riau. Selain aktif sebagai pengajar, beliau juga tercatat sebagai pendiri dari Gerakan Maju Bersama, sebuah komunitas yang menampung para pegiat UMKM di Provinsi Riau untuk sama-sama belajar mengenai ilmu kewirausahaan dan bisnis. Beliau saat ini aktif sebagai business coach untuk materi manajerial perusahaan dan manajemen keuangan.
Kristian Suhartadi Widi Nugraha - Penulis merupakan dosen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Setelah lulus dari SMA Negeri 2 Jember, penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S1 Manajemen pada Fakultas Ekonomi Universitas Jember pada tahun 2008. Sempat bekerja pada dunia profesional sebagai Relationship Officer PT Bank Bukopin (Tbk) sebelum akhirnya memutuskan melanjutkan studi pada S2 Magister Manajemen Universitas Jember dan lulus dengan predikat Cum Laude pada tahun 2012. Penulis juga sempat menjadi dosen pada Universitas Widyatama Bandung tahun 2012 sampai tahun 2015.

Penulis memiliki kepakaran dibidang Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Pariwisata. Saat ini, penulis tergabung pada kelompok riset Risma Code (Tourism Management and Community Development) yang telah berhasil mempublikasikan berbagai artikel ilmiah baik nasional (terindeks Sinta) maupun internasional bereputasi (terindeks scopus dan WoS) dengan sumber pendanaan dari berbagai hibah penelitian. Beberapa artikel penulis antara lain (1) Destination quality, experience involvement And memorable tourism experience: is it relevant for rural tourism?; (2) Internet Banking Service Quality: Building Satisfaction and Customer Trust; (3) Experiential Marketing: Managing Tourist Satisfaction And Revisit Intention Bangsring Underwater Banyuwangi. Sertifikasi non akademis yang dimiliki oleh penulis antara lain Certified Risk Associates (CRA), Certified Marketing Analyst (CMA) dan....
Mutia Ulfah - Minat yang tinggi pada dunia bisnis membuat penulis memilih untuk menyelesaikan studi S2 pada Program MM Young Professional Business Management Binus Business School pada 2012 dan lulus di tahun 2013.

Selain berkecimpung di dunia bisnis, penulis juga mulai berkecimpung di dunia akademisi dengan menjadi dosen sejak 2016. Memadukan profesi wirausaha dan akademisi justru membuat penulis melihat peluang mencerdaskan anak bangsa dengan mengkombinasikan pendekatan pengajaran yang unik melalui penerapan praktis dan pendekatan ilmiah.

Tri Dharma Perguruan Tinggi yang penulis lakukan dalam 5 tahun terakhir berfokus pada kajian Branding, Business Model, Entrepreneurship, dan Entrepreneurial Marketing.

I ignore topics that drain my attention; I unfollow people that drain my energy; I abandon projects that drain my time, I do not keep up with it all. The more selectively ignorant I become, the more broadly knowledgeable I can be.

Editor

Acai Sudirman - Lahir di Lubuk Pakam, 15 Maret 1989, lulus dari Jurusan Sarjana Manajemen dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung pada tahun 2016. Gelar Magister Manajemen diperoleh dari program Magister Manajemen Fakultas Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen Medan dengan konsentrasi Manajemen Pemasaran dan lulus pada tahun 2018. Saat ini aktif mengajar pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung pada Program Studi Manajemen. Selain sebagai dosen, penulis mengisi waktu sehari-hari dengan menulis dan telah menulis buku lebih dari 70-an dengan topik manajemen dan bisnis. Selain aktif menulis buku, penulis juga mulai belajar menjadi editor buku. Penulis menargetkan di akhir tahun 2022 bisa menghasilkan sebanyak 100 buku, baik sebagai penulis maupun sebagai editor. Motto penulis “Jomblo 4.0: Talk Less Do More”.

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Introduction to Consumer Behavior
     Pengertian Perilaku Konsumen
     Pentingnya Memahami Perilaku Konsumen
     Jenis-Jenis Perilaku Konsumen
     Sifat-Sifat Perilaku Konsumen
     Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen
Bab 2. Consumer Behavior Model
     Pentingnya Model Perilaku Konsumen
     Model Ekonomi
     Model Pembelajaran (Learning Model)
     Model Psikoanalisis
     Model Sosiologis
     Model Howard Sheth
     Model Nicosia
     Model Kotak Hitam (Black Box)
     Model Webster & Wind
     Model Gabungan Perilaku Konsumen Kontemporer
Bab 3. Consumer Perception
     Pendahuluan
     Proses Pembentukan Persepsi
     Persepsi Kualitas
     Faktor-faktor yang Memengaruhi Persepsi
     Persepsi Organisasi
     Sistem Sensorik
     Distorsi Persepsi
     Citra Konsumen dan Persepsi Pemasaran
     Pemetaan Perseptual dan Pemosisian Produk
     Persepsi Risiko
Bab 4. Consumers as Decision Makers
     Pendahuluan
     Pembahasan
     Penutup
Bab 5. Consumers and Culture
     Pendahuluan
     Definisi Perilaku Konsumen
     Strategi Pemasaran
     Peran Perilaku Konsumen Dalam Strategi Pemasaran
     Makna Kultural dari Produk ke Konsumen
     Subkultur
     Kognisi
     Perilaku Konsumen
Bab 6. Consumer Attitude
     Landasan Teori
     Fungsi Sikap (The Function of Attitudes)
     Tiga Komponen Sikap
     Model Sikap (Attitude Model)
Bab 7. Consumer Purchasing Decisions
     Memahami Perilaku Konsumen
     Definisi Perilaku Konsumen
     Faktor Penentu Keputusan Pembelian Konsumen
     Proses Pengambilan Keputusan Konsumen
Bab 8. Consumer Loyalty and Motivation
     Pengertian loyalitas konsumen
     Karakteristik dan Keuntungan Konsumen Loyal
     Merancang Loyalitas Pelanggan
     Mengukur Loyalitas
     Motivasi
     Proses Motivasi
     Sumber dan Tujuan Motivasi Konsumen
     Dimensi Motif Pembelian Konsumen
     Asas Motivasi
Bab 9. Customer Satisfaction
     Pentingnya Kepuasan Konsumen
     Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen
     Manfaat-manfaat Kepuasan Konsumen
     Pengukuran Tingkat Kepuasan Konsumen
Bab 10. E-Consumer and E-WOM
     Pendahuluan
     E-Consumer
     Faktor Penyebab Konsumen Berbelanja Secara Online
     Saluran Pertumbuhan E-Consumer
     Perkembangan E-Consumer
     E-Word of Mouth (E-WOM)
     Dimensi E-Word of Mouth (E-WOM)
     Motif Mengirim E-Word of Mouth (E-WOM)
     Perkembangan E-WOM
Bab 11. Customer Trust
     Memahami Kepercayaan Konsumen
     Faktor-faktor yang Memengaruhi Kepercayaan Konsumen
     Implikasi Kepercayaan Konsumen
Bab 12. Consumer Behaviour in the Age of Online Business
     Pendahuluan
     Perkembangan E-Commerce Di Indonesia
     Consumer Behaviour in the Age of Online Business
     Indonesia Online Consumer Behaviour
     Consumer Behaviour in the Next-Normal
Cover Belakang