Tampilkan di aplikasi

Buku Selaras Media hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Strategi Pemasaran Pakan Ayam

1 Pembaca
Rp 75.000 33%
Rp 50.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 150.000 13%
Rp 43.333 /orang
Rp 130.000

5 Pembaca
Rp 250.000 20%
Rp 40.000 /orang
Rp 200.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Berawal dari pemahaman penulis tentang kondisi peningkatan jumlah populasi ayam di Indonesia yang menyebabkan peningkatan jumlah permintaan terhadap pakan ayam yang sangat tinggi. Permintaan jumlah pakan yang tinggi menjadikan peluang baru para produsen pabrik pakan ternak, baik pengusaha yang sudah ada maupun pengusaha yang baru. Untuk merebut pangsa pasar yang tinggi, maka sesama produsen pakan harus bersaing untuk memberikan produk pakan yang terbaik bagi peternak.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Ir. Sumarno, MMA. / Nonok Supartini

Penerbit: Selaras Media
ISBN: 9786029047639
Terbit: Agustus 2011 , 88 Halaman










Ikhtisar

Berawal dari pemahaman penulis tentang kondisi peningkatan jumlah populasi ayam di Indonesia yang menyebabkan peningkatan jumlah permintaan terhadap pakan ayam yang sangat tinggi. Permintaan jumlah pakan yang tinggi menjadikan peluang baru para produsen pabrik pakan ternak, baik pengusaha yang sudah ada maupun pengusaha yang baru. Untuk merebut pangsa pasar yang tinggi, maka sesama produsen pakan harus bersaing untuk memberikan produk pakan yang terbaik bagi peternak.

Pendahuluan / Prolog

Pendahuluan
Industri pakan ternak merupakan suatu usaha yang menjanjikan karena pakan merupakan salah satu variabel utama dalam suatu perusahaan peternakan disamping bibit. Pakan memberikan kontribusi yang paling besar dari biaya produksi peternakan, yaitu sebesar 70% dari keseluruhan biaya yang dikeluarkan.

Dilihat dari tingkat produksi, industri pakan ternak mengalami pertumbuhan rata-rata 8,4% dalam periode lima tahun terakhir. Total produksi pakan ternak nasional merosot menjadi 7,7 juta ton pada 2007 dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 9,9 juta ton. Hal ini diakibat oleh maraknya kasus flu burung H5N1 pada 2007 lalu di sejumlah provinsi termasuk Jawa Barat, DKI, Banten, JawaTengah, Bali, Sumatera Utara, Jambi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat dan Sulawesi Selatan.

Saat ini sebaran industri pakan ternak berskala besar di Indonesia terdapat di delapan provinsi. Sumatera Utara memiliki 8 pabrik, Lampung 4 pabrik, Banten 10 pabrik dan DKI Jakarta 4 pabrik. Di Jawa Barat terdapat 4 pabrik dan Sulawesi Selatan 2 pabrik.

Produsen pakan ternak paling banyak terdapat di Jawa Timur mencapai 15 pabrik. Wilayah Jawa Timur merupakan sentra industri pakan ternak dan peternakan terbesar di Indonesia. Lingkup agribisnis Jatim cukup kuat dengan dukungan tak kurang dari 15 pabrik besar pakan ternak dan 52 industri rumahan pakan ternak (self mixing).

Penulis

Ir. Sumarno, MMA. - Ir. Sumarno, MMA. adalah staf pengajar pada fakultas Ekonomi Peternakan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Lahir Lamongan Jawa Timur tahun 1963. Pendidikan Sekolah Dasar (1975) diselesaikan di Lamongan, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (1979) dan Sekolah Menengah Tingkat Atas (1981) diselesaikan di Malang. Strata 1 ditempuh di Institut Pertanian Bogor (1986), sedangkan pendidikan Magister Manajemen Agribis diselesaikan di Program Pascasarjana Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang tahun 2004.
Nonok Supartini - Nonok Supartini, S.Pt., MP. adalah staf pengajar pada Fakultas Peternakan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Lahir di Lamongan Jawa Timur tahun 1976. Pendidikan Sekolah Dasar (1990) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (1993) diselesaikan di Kabupaten Lamongan, Sekolah Menengah Tingkat Atas (996) diselesaikan di SMA Jombang. Sedangkan pendidikan Magister Peterbakan diselesaikan di Program Pascasarjana Universitas Gajah Mada Yogyakarya tahun 2003.

Daftar Isi

Sampul
Pengantar Penulis
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar
Bab 1: Pendahuluan
     1.1. Gambaran Industri Pakan Ternak di Indonesia
     1.2. Konsep Dasar Pemasaran
Bab 2: Strategi Pemasaran
Bab 3: Proses Pembelian
     3.1. Perilaku Pembeli
     3.2. Keputusan Membeli
Bab 4: Segmentasi Pasar
     4.1. Definisi Segmentasi Pasar
     4.2. Variabel Utama Segmentasi Pasar Industri
     4.3. Proses Segmentasi Pasar
Bab 5: Penentuan Target Pasar
     5.1. Definisi Target Pasar
     5.2. Hubungan Penetapan Sasaran Pasar dengan Segmentasi Pasar
Bab 6: Posisi Pasar
Bab 7: Bauran Pemasaran
Bab 8: Studi Kasus Pemasaran Pakan Ayam Pedaging di Kabupaten Mojokerto
     8.1. Gambaran Umum Kabupaten Mojokerto
     8.2. Karakteristik Responden
     8.3. Bauran Pemasaran Pakan Ayam Pedaging
Daftar Pustaka
Tentang Penulis