Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Perilaku Konsumen

(Teori dan Implementasi)

1 Pembaca
Rp 95.000 32%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku kolaborasi ini merupakan ide dan pemikiran dari para praktisi dan akademisi dan dituangkan dalam bentuk book chapter.

Buku ini diberi judul Perilaku Konsumen (Teori dan Implementasi) yang membahas mengenai teori dan aspek-aspek penting yang terkait perilaku konsumen, dan diuraikan ke dalam sebelas bab. Walaupun buku ini masih belum sempurna, san masih terdapat banyak kekurangan. Namun, penulis berusaha memperbaikinya. Dengan segala kerendahan hati, kami mengharapkan saran dan kritikan dari para pembaca untuk menyempurnakan karya-karya selanjutnya.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Aditya Wardhana / Endah Budiastuti / Novianti Br Gultom / Acai Sudirman / Julyanthry / Galih Ginanjar Saputra / Nanda Dwi Rizkia / Ade Risna Sari / Hardi Fardiansyah / Citra Savitri / Amruddin
Editor: Hartini

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233623575
Terbit: Februari 2022 , 211 Halaman










Ikhtisar

Buku kolaborasi ini merupakan ide dan pemikiran dari para praktisi dan akademisi dan dituangkan dalam bentuk book chapter.

Buku ini diberi judul Perilaku Konsumen (Teori dan Implementasi) yang membahas mengenai teori dan aspek-aspek penting yang terkait perilaku konsumen, dan diuraikan ke dalam sebelas bab. Walaupun buku ini masih belum sempurna, san masih terdapat banyak kekurangan. Namun, penulis berusaha memperbaikinya. Dengan segala kerendahan hati, kami mengharapkan saran dan kritikan dari para pembaca untuk menyempurnakan karya-karya selanjutnya.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan berkah dan karunia-Nya sehingga buku ini dapat diselesaikan dan dipublikasikan tepat waktu. Buku kolaborasi ini merupakan ide dan pemikiran dari para praktisi dan akademisi dan dituangkan dalam bentuk book chapter.

Buku ini diberi judul Perilaku Konsumen (Teori dan Implementasi) yang membahas mengenai teori dan aspekaspek penting yang terkait perilaku konsumen, dan diuraikan ke dalam sebelas bab. Walaupun buku ini masih belum sempurna, san masih terdapat banyak kekurangan. Namun, penulis berusaha memperbaikinya.

Dengan segala kerendahan hati, kami mengharapkan saran dan kritikan dari para pembaca untuk menyempurnakan karya-karya selanjutnya.

Buku ini dapat selesai karena dukungan dari berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, perkenankan kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas bantuan dan dukungan dalam proses penyusunan buku ini. Secara khusus terima kasih kepada Media Sains Indonesia sebagai inisiator book chapter ini. Akhirnya, semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Desember, 2021
Editor

Penulis

Aditya Wardhana - Penulis merupakan dosen tetap Universitas Telkom. Penulis menyelesaikan studi Sarjana Ekonomi (SE) di Universitas Padjadjaran pada tahun 1997 sebagai wisudawan terbaik. Kemudian, menyelesaikan studi Magister Sains (MSi) di Universitas Padjadjaran tahun 2003 dan Magister Manajemen (MM) di Universitas Pasundan tahun 2012 sebagai wisudawan terbaik. Saat ini penulis sedang melanjutkan studi Doktor Ilmu Manajemen di prodi Manajemen Universitas Pasundan. Penulis memiliki kepakaran di bidang manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, dan manajemen strategik. Penulis memiliki pengalaman praktisi di Citibank dan di PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan meraih predikat the best employee serta sebagai konsultan di beberapa BUMN seperti Surveyor Indonesia, Badan Klasifikasi Kapal Indonesia, Pertamina, BNI 46, PTPN VIII, Biofarma, Kementerian Koordinator Perekonomian RI dan Kementerian Perhubungan. Penulis juga aktif melakukan berbagai penelitian terindeks Scopus dan Sinta dan telah menulis lebih dari 250 buku dalam bidang bisnis. Penulis mendapatkan penghargaan sebagai dosen dengan kinerja penelitian terbaik tahun 2022 dari LLDIKTI Wilayah 4 Jawa Barat dan memiliki Sertifikasi Penulis Buku Non-Fiksi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) RI.
Endah Budiastuti - Penulis merupakan salah satu Dosen Tetap di kampus STIE Cirebon, Lahir di Manado pada tanggal 30 September 1988, ketertarikan penulis terhadap ilmu komputer dan ilmu manajemen dimulai pada tahun 2006 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih melanjutkan ke Perguruan Tinggi setelah menyelesaikan tingkat SMA, penulis melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S-1 di prodi Teknik Informatika di STIKOM Poltek Cirebon pada tahun 2010. Kemudian, penulis melanjutkan studi S-2 di prodi Magister Manajemen SDM pada Program Pascasarjana di STIE Cirebon. Penulis memiliki kepakaran dibidang Komputer dan SDM. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis juga menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini atas dedikasi dan kerja keras dalam menulis buku.
Novianti Br Gultom - Penulis menyelesaikan jenjang S1 Farmasi dan Profesi Apoteker pada Universitas Sumatera Utara pada tahun 1998. Pada tahun 2006 penulis menyelesaikan jenjang S2 pada Program Studi Magister Manajemen, Universitas Bengkulu. Ketertarikan terhadap kegiatan tulis-menulis dimulai pada tahun 2014 pada saat penulis bertugas di unit penelitian dan pengembangan. Gelar Doktor Manajemen dan Bisnis diraih pada tahun 2021 dari dari Sekolah Bisnis – IPB University, Bogor.

Penulis telah menulis beberapa artikel, jurnal dan book chapter.
Acai Sudirman - Lahir di Lubuk Pakam, 15 Maret 1989, lulus dari Jurusan Sarjana Manajemen dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung pada tahun 2016. Gelar Magister Manajemen diperoleh dari program Magister Manajemen Fakultas Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen Medan dengan konsentrasi Manajemen Pemasaran dan lulus pada tahun 2018. Saat ini aktif mengajar pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung pada Program Studi Manajemen. Selain sebagai dosen, penulis mengisi waktu sehari-hari dengan menulis dan telah menulis buku lebih dari 70-an dengan topik manajemen dan bisnis. Selain aktif menulis buku, penulis juga mulai belajar menjadi editor buku. Penulis menargetkan di akhir tahun 2022 bisa menghasilkan sebanyak 100 buku, baik sebagai penulis maupun sebagai editor. Motto penulis “Jomblo 4.0: Talk Less Do More”.
Julyanthry - Penulis berdomisili di Pematangsiantar, Sumatera Utara. Saat ini penulis merupakan salah satu tenaga pengajar di STIE Sultan Agung Pematangsiantar dan mengajar untuk jurusan Manajemen. Penulis menyelesaikan pendidikan Sarjana di STIE Sultan Agung P. Siantar pada tahun 2012 dan pendidikan Magister di Universitas HKBP Nomensen, Medan tahun 2015. Penulis mulai mengajar di STIE Sultan Agung sejak tahun 2015 hingga sekarang. Selama proses kegiatan belajar dan mengajar, penulis dipercaya mengajar beberapa mata kuliah. Beberapa mata kuliah yang pernah dan masih diampu oleh penulis antara lain: Sistem Informasi Manajemen, Etika Bisnis, Strategi Pemasaran, Analisis Pasar, Tingkah Laku Konsumen, Kewirausahaan, Perilaku Organisasi, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Operasional.
Galih Ginanjar Saputra - Penulis lahir di Cianjur 01 Agustus 1986. Meraih gelar Sarjana dari Universitas Pendidikan Indonesia pada tahun 2009. Kemudian gelar Magister Manajemen dengan konsentrasi manajemen pemasaran dari Universitas Winaya Mukti Bandung pada tahun 2015. Saat ini, bertugas sebagai dosen tetap pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Beberapa mata kuliah yang diampu salah satunya strategi pemasaran, praktikum strategi bersaing, manajemen produk. Selain mengajar, penulis aktif juga melakukan penelitian-penelitian di bidang manajemen pemasaran, pengabdian kepada masyarakat dan seminar di bidang manajemen pemasaran. Sebelum menjadi dosen, penulis memiliki beberapa pengalam kerja juga sebagai praktisi di bidang perbankan dan layanan konsumen.
Nanda Dwi Rizkia - Ketertarikan penulis tentang dunia hukum dimulai pada tahun 2009 silam, yang membuat penulis untuk masuk ke sekolah ilmu hukum di Universitas Islam Bandung dan penulis kemudian melanjutkan pendidikan Program Magister Ilmu Hukum, Jurusan hukum bisnis, di Universitas Pancasila, Jakarta, lulus tahun 2016, dan Magister Kenotariatan Universitas Jayabaya, Magister Administrasi di Program Pascasarjana Institut Stiami serta melanjutkan kembali Program Doktor Ilmu Hukum di Universitas Padjadjaran, Bandung, lulus tahun 2019.

Penulis memiliki kepakaran dibidang hukum bisnis, hukum hak kekayaan intelektual, hukum pasar modal, Hukum Jaminan, hukum surat berharga, hukum perusahaan, hukum perdata, filsafat hukum, teori hukum, dan hukum perdata internasional, Hukum Persaingan Usaha, Hukum Perbankan, untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Dharma Andigha dan beberapa kampus hukum lainya serta sebagai seorang Advokat dan mengajar Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) di beberapa Organisasi Advokat.

Pada saat ini penulis pun mempunyai lisensi sebagai Mediator bersertifikat dan Arbiter profesional yang membantu penyelesaian kasus diluar pengadilan. Selain itu penulis aktif menulis buku dan beberapa karya ilmiah nasional maupun internasional dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang atas dedikasi dan kerja keras dalam menulis buku.
Ade Risna Sari - Lahir di Pontianak, 30 September 1973. Saat ini penulis tinggal di Pontianak, Kalimantan Barat. Pendidikan tinggi ditempuh mulai dari S-1 di Fakultas Hukum Universitas Panca Bhakti Pontianak (lulus 1997), S-2 pascasarjana Universitas Tanjungpura Pontianak (UNTAN) prodi Administrasi Publik konsentrasi Kebijakan Publik (lulus 2014). Penulis mengambil Akta Mengajar (Akta IV) di Universitas Terbuka Pontianak (lulus 2006). Aktivitas penulis saat ini mengajar pada jenjang Diploma III dan jenjang sarjana (S-1) di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik  dan beberapa Fakultas lain di lingkungan Universitas Tanjungpura Pontianak. Penulis juga menjadi korektor UAS THE Padang serta menjadi editor buku dan reviewer jurnal.
Hardi Fardiansyah - Penulis mempunyai latar belakang pendidikan dibidang Hukum, Keuangan, Administrasi Publik, Manajeman & politik. Hal tersebut membuat penulis untuk mempelajari multidisiplin ilmu untuk menunjang kariernya sebagai Dosen, advokat, trainer, mediator, arbiter, pembicara dan Konsultan di beberapa Perusahaan BUMN, Pemerintah Daerah maupun Perusahaan Swasta. Pada saat ini Penulis juga berprofesi sebagai Akademisi dengan menjabat sebagai Dosen & Ketua II Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Dharma Andigha Bogor dan merupakan Kandidat Doktor di bidang Hukum dari Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, dengan peminatan Business Law.

Pada saat ini Penulis juga merupakan seorang Mediator dan Arbiter bersertifikat dimana sering membantu pihak berkonflik untuk menyelesaikan suatu permasalahan dan penyelesaian sengketa diluar pengadilan. Penulis memiliki ketertarikan menulis dibidang hukum, kesehatan, ekonomi, administrasi dan politik serta aktif menulis buku dan beberapa karya berupa jurnal ilmiah, nasional maupun internasional dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta.
Citra Savitri - Penulis tertarik pada Ilmu manajemen sejak memilih untuk melanjutkan studi jenjang sarjana pada program studi manajemen tahun 2001 pada Universitas Lampung dan kemudian melanjutkan studi pada Magister Manajemen di Pascasarjana Universitas Lampung tahun 2008. Penulis mendapatkan Gelar Doktor Ilmu Manajemen pada Sekolah Pascasarjana di Universitas Pendidikan Indonesia dengan mengambil kepakaran Pemasaran pada Januari tahun 2022. Dalam mewujudkan karir sebagai dosen yang profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti di bidang pemasaran dan Ilmu Manajemen pada umumnya. Seluruh penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi dan sejak tahun 2018 ada beberapa penelitian yang mendapatkan hibah dari Kemenristek DIKTI sampai saat ini. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku sesuai bidang ilmunya antara lain buku Manajemen Pemasaran (Strategi dan Orientasi Pasar), Manajemen Pemasaran (Konsep Pemasaran Digital), Perilaku Konsumen dan buku lainnya. Harapannya dengan publikasi artikel dan book chapter yang ada dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini khususnya bagi pendidikan. Atas dedikasi dan kerja keras dalam menulis buku dan mengikuti berbagai konferensi di tingkat internasional dan nasional.
Amruddin - Menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Peternakan Unhas (1996) selanjutnya S2 di PPs UNM (2001) dan PPs UIM (2014) Program Studi Agribisnis, serta menyelesaikan S3 di Program Sosiologi UNM (April-2021). Aktif berorganisasi pada Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (PISPI), Asosiasi Agribisnis Indonesia (AAI), PERHEPI Komisariat Makassar serta ICMI Sulsel (2023-2028). Sejak (16/6/2022) penulis berhomebase di Pascasarjana Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar sebelumnya diamanahkan ketua prodi Agribisnis periode 2014-2018 di Fakultas Pertanian.

Alhamdulillah sejak akhir 2020 telah menulis lebih 60 buku kolaborasi yang diterbitkan 8 penerbit. Diterbitkan oleh Penerbit Media Sains Indonesia diantaranya adalah Manajemen Agribisnis, Dasar-Dasar Manajemen (Konsep dan Teori), Kewirausahaan, Bisnis Digital, Pengantar Manajemen, Manajemen Bisnis Kontemporer (Konsep Syariah), Manajemen Strategik (Konsep, Teori dan Praktik), Tatakelola Penelitian Era Society 4.0, serta Ekonomi Manajerial (Teori dan Analisis) dan Manajemen Pemasaran : Konsep dan Aplikasinya (Mei-2023) selain menjadi editor buku Pengantar Sosiologi Pertanian (Jan-2022). Sehari-hari sebagai dosen pada matakuliah; Sosiologi Pertanian, Modal Sosial Pertanian, Manajemen Agribisnis, Manajemen Strategi Agribisnis, Agribisnis Peternakan, Ekonomi Manajerial serta Manajemen Pemasaran dan Rantai Pasok Agribisnis.

Editor

Hartini - Editor berasal dari Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Menyelesaikan pendidikan Strata Satu (S-1) di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE-YPUP) Makassar tahun 2005. Selanjutnya, melanjutkan pendidikan Strata Dua (S-2) di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE-YPUP) Makassar tahun 2010 program studi magister manajemen. Kemudian melanjutkan pendidikan (S-3) pada Universitas Hasanuddin (UNHAS) program studi ilmu ekonomi, jurusan manajemen dan menyelesaikan pendidikan pada tahun 2018. Saat ini, bekerja sebagai dosen tetap pada STKIP Pembangunan Indonesia Makassar. Pada tahun 2013, menjabat sebagai ketua Program Studi, kemudian diberi amanah untuk menjabat Ketua LPM. Memiliki kepakaran dalam bidang manajemen dan mulai aktif menulis berbagai buku, beberapa buku yang berhasil diterbitkan antara lain: Buku referensi dengan judul (Person Organization Fit (P-O Fit), Quality of Work Life, dan Keadilan Organisasi; MSDM (Digitalisasi Human Resources)). Buku kolaborasi (Pengantar Manajemen untuk Organisasi Publik; Pengantar Bisnis; Perilaku Organisasi; Kinerja Karyawan; Setahun Covid-19 dari Berbagai Perspektif; BUM Desa sebagai Kekuatan Ekonomi Baru Kisah Inspirasi S-3). Beberapa tulisan yang telah dihasilkan dalam bentuk jurnal nasional yang terakreditasi dan jurnal internasional pada bidang keilmuan khususnya manajemen. Beberapa artikel...

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Teori Perilaku Konsumen
     Pengertian Perilaku Konsumen
     Teori-Teori Perilaku Konsumen
Bab 2. Peran Perilaku Konsumen dalam Strategi Pemasaran
     Pendahuluan
     Pengertian Perilaku Konsumen
     Pentingnya Perilaku Konsumen
     Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen
     Kepribadian dan Konsep Diri
     Sikap Nickels dalam Swastha dan Handoko (2000)
Bab 3. Pengetahuan Produk dan Keterlibatan Konsumen
     Pengantar
     Berbagai Bentuk Pengetahuan
     Tingkat Pengetahuan Produk
     Jenis Pengetahuan Produk
     Keterlibatan Konsumen
     Pelayanan Kesehatan sebagai Sebuah Produk/Jasa
     Penutup
Bab 4. Brand Awarenesss, Brand Image, dan Brand Loyalty
     Pendahuluan
     Brand awareness
     Brand Image
     Brand Loyalty
     Konsep Brand Loyalty
     Hubungan Perilaku Konsumen dengan Brand
Bab 5. Menumbuhkan Loyalitas dan Manfaatnya
     Pendahuluan
     Pengertian Loyalitas
     Jenis-Jenis Loyalitas
     Faktor Penyebab Peralihan Konsumen
     Membangun Loyalitas Pelanggan
     Manfaat Loyalitas Konsumen
Bab 6. Persepsi Konsumen dan Keputusan Pembelian
     Pendahuluan
     Apa itu Persepsi Konsumen?
     Proses Persepsi
     Pengertian Keputusan Pembelian
     Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian
     Proses Keputusan Pembelian
     Persepsi Konsumen dan Keputusan Pembelian
     Rangkuman Materi
Bab 7. Segmentasi, Target, dan Pemosisian Produk
     Latar Belakang
     Segmentasi
     Targeting
     Positioning
     Cara Penerapan Segmenting, Targeting, Positioning (STP)
     Segmentasi, Targeting dan Positioning Produk Neo Coffee dari Wings Food
     Analisis SWOT
Bab 8. Kualitas Pelayanan & Kualitas Produk
     Kualitas Pelayanan
     Kualitas Produk
Bab 9. Kepribadian, Nilai, dan Gaya Hidup dalam Perilaku Konsumen
     Latar Belakang
     Perilaku Konsumen
     Gaya Hidup
     Pengaruh Gaya Hidup, dan Merek terhadap Perilaku Pembelian Konsumen
     Kepuasan Konsumen
     Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen
     Metode Pengukuran Kepuasan Konsumen
     Indikator Kepuasan Konsumen
     Keputusan Pembelian
     Jenis-Jenis Perilaku Keputusan Pembelian
     Tahap-Tahap dalam Proses Keputusan Pembelian
Bab 10. Strategi Digital Marketing untuk Menarik Konsumen
     Pemasaran Digital
     Konsep Pemasaran Digital
     Manfaat Digital Marketing
     Jenis Pemasaran Digital
     Strategi Digital Marketing
Bab 11. Etika Bisnis dan Perlindungan Konsumen
     Etika dan Etika Bisnis
     Perlindungan Konsumen
     Sejarah Perlindungan Konsumen
     Sejarah Perlindungan Konsumen di Indonesia
     Beberapa Kasus tentang Perlindungan Konsumen
Cover Belakang