Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Medical Entrepreneurship Wirausaha Bidang Kesehatan

1 Pembaca
Rp 98.000 34%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Pada buku ini para penulis berupaya menghadirkan kebaruan berdasarkan data dan hasil penelitian terkini. Adapun metode penyusunan naskah menggunakan studi literatur. Secara struktur buku ini terdiri dari 12 bab yang terdiri dari Konsep Medical Entrepreneurship, Membentuk Karakter Pengusaha, Peluang dan Gagasan Bisnis Kesehatan, Prospek Bisnis Kesehatan, Regulasi dan Etika Bisnis Kesehatan, Bisnis Praktik Mandiri Bidan, Bisnis Home Care Perawatan, Bisnis Home Care Kebugaran Ibu Hamil dan Bayi, Bisnis Kesehatan Gigi dan Mulut, Bisnis Konsultasi Kesehatan, Bisnis Alat Kesehatan dan Obat, dan Bisnis Telemedicine.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Imanuel Sri Mei Wulandari / Bima Aminul Karim / Dewi Ratna Sulistina / Dwi Hendriani / Masta Haro / Elisa Danik Kurniawati / Yance Komela Sari / Elly Susilawati / Anjar Ariansyah Sejati / Herdhika Ayu Retno Kusumasari / Deby Jannati Gustiwi / Jennyla Puspitaning Ayu
Editor: Zeni Zaenal Mutaqin

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233629706
Terbit: Januari 2023 , 235 Halaman










Ikhtisar

Pada buku ini para penulis berupaya menghadirkan kebaruan berdasarkan data dan hasil penelitian terkini. Adapun metode penyusunan naskah menggunakan studi literatur. Secara struktur buku ini terdiri dari 12 bab yang terdiri dari Konsep Medical Entrepreneurship, Membentuk Karakter Pengusaha, Peluang dan Gagasan Bisnis Kesehatan, Prospek Bisnis Kesehatan, Regulasi dan Etika Bisnis Kesehatan, Bisnis Praktik Mandiri Bidan, Bisnis Home Care Perawatan, Bisnis Home Care Kebugaran Ibu Hamil dan Bayi, Bisnis Kesehatan Gigi dan Mulut, Bisnis Konsultasi Kesehatan, Bisnis Alat Kesehatan dan Obat, dan Bisnis Telemedicine.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Alhamdulillaahirabbil’alamiin. Puji dan syukur kehadirat Allah SWT, berkat izin dan karunia-Nya buku ini dapat ditulis dan berhasil diterbitkan. Buku kolaborasi dengan judul Medical Entrepreneurship Wirausaha Bidang Kesehatan ditulis oleh para akademisi dan peneliti dari berbagai institusi di Indonesia.

Pada buku ini para penulis berupaya menghadirkan kebaruan berdasarkan data dan hasil penelitian terkini.
Adapun metode penyusunan naskah menggunakan studi literatur. Secara struktur buku ini terdiri dari 12 bab yang terdiri dari Konsep Medical Entrepreneurship, Membentuk Karakter Pengusaha, Peluang dan Gagasan Bisnis Kesehatan, Prospek Bisnis Kesehatan, Regulasi dan Etika Bisnis Kesehatan, Bisnis Praktik Mandiri Bidan, Bisnis Home Care Perawatan, Bisnis Home Care Kebugaran Ibu Hamil dan Bayi, Bisnis Kesehatan Gigi dan Mulut, Bisnis Konsultasi Kesehatan, Bisnis Alat Kesehatan dan Obat, dan Bisnis Telemedicine.

Terima kasih yang tak terhingga kami haturkan kepada seluruh pihak yang telah membantu dan berkontribusi pada pembuatan buku ini. Secara khusus kami ucapkan terima kasih kepada penerbit Media Sains Indonesia yang telah menerbitkan. Untuk peningkatan kualitas penyusunan buku selanjutnya kami sangat mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca.

Harapan besar kami semoga buku ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang akan berkiprah di dunia bisnis kesehtan. Selain itu semoga menjadi amal jariyah yang pahalanya terus mengalir abadi kepada seluruh pihak yang terlibat. Aamiin yaa Rabbal ‘alamiin.

Penulis

Imanuel Sri Mei Wulandari - Penulis lahir di Nganjuk, Jawa Timur 15 Mei 1981, merupakan Dosen Tetap di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Advent Indonesia (UNAI). Menyelesaikan Pendidikan D3 Keperawatan di UNAI pada tahun 2003, menyelesaikan S1 Keperawatan Di UNAI pada tahun 2005. Pendidikan Ners diambil pada tahun 2010, kemudian menyelesaikan Pendidikan S2 Keperawatan di Universitas Padjadjaran Bandung konsentrasi Keperawatan Medikal Bedah pada tahun 2016. Matakuliah yang diampu adalah Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Dasar, dan Praktek Profesi Keperawatan. Pengalaman berorganisasi di Persatuan Perawat Nasional Indonesia, dan Himpunan Perawat Medikal Bedah Indonesia. Penulis telah bergabung dalam penulisan Book Chapter dengan judul Keperawatan medikal system Respirasi.
Bima Aminul Karim - Penulis yang lahir di Malang, 25 maret 1995 merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Riwayat Pendidikan penulis dimulai dari SDN 1 Donomulyo lulus tahun 2007, melanjutkan ke SMPN 1 Donomulyo lulus tahun 2010, melanjutkan ke SMAN 1 Kepanjen lulus tahun 2013, sempat terminal 1 tahun dan melanjutkan ke D4 Poltekkes Kemenkes Malang lulus tahun 2018, melanjutkan ke S2 Poltekkes Kemenkes Semarang lulus tahun 2020, dan saat ini masih menempuh S1 Hukum di universitas merdeka Malang sejak 2020.
Penulis juga aktif di dalam komunitas dan organisasi pemuda dan kemasyarakatan diantaranya Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, Kamar Dagang dan Industri Indonesia dan mendirikan sebuah wadah untuk generasi muda Rumah Kolaborasi Indonesia (ig : @rumahkolaborasi.id) selain itu juga menjadi Co-Founder Women And Man Indonesia Center (ig: @weminac) platform untuk kesehatan remaja dan generasi muda.
Penulis juga pernah mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Timur sebagai Pemuda Inspiratif Provinsi Jawa Timur tahun 2022, melalui terobosan kegiatan di masyarakat salah satunya menggerakan pelaku UMKM dengan membentuk Paguyuban Domasa.
Hingga saat ini penulis aktif menjadi staf dosen pengajar di STIKes Kepanjen kabupaten Malang dan menekuni bidang wirausaha serta pengembangan kepribadian.
Hidup disiplin dan sedarhana
Dewi Ratna Sulistina - Penulis dilahirkan di Kota Trenggalek, pada tanggal 22 Juni 1986. Penulis adalah dosen tetap di Program Studi Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Menyelesaikan pendidikan Diploma (D-III dan D-IV) Kebidanan Fakultas Kedokteran di Universitas Sebelas Maret Surakarta, melanjutkan pendidikan Magister (S2) Kebidanan di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya dan sekarang sedang menempuh program Doktoral (S3) Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. Beberapa mata kuliah yang diampu dikampus yakni Biologi sel; Biopsikologi Olahraga; Masase Olahraga; Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik; Asuhan Kebidanan I Kehamilan; Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana; Keterampilan Dasar Praktek Klinik (KDPK); Asuhan Neonatus Bayi dan Balita; Anatomi, Konsep Kebidanan; Biologi Reproduksi; Komunikasi dan Konseling; Promosi Kesehatan; Epidemiologi; Hypnobirthing; Kewirausahaan; Farmakologi. Sebelumnya penulis juga telah menghasilkan buku yang berjudul Buku Ajar Asuhan Neonatus; Modul Praktik Asuhan Neonatus; Modul Praktikum Konsep Kebidanan; Modul Praktik Biologi Dasar II.Penulis juga aktif dalam berorganisasi profesi Bidan (Ikatan Bidan Indonesia); profesi Dosen (ADI); hypnosis (IHC) dan saat ini penulis dipercayakan sebagai Reviewer Jurnal Sport Science Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.
Dwi Hendriani - Ketertarikan penulis terhadap ilmu kesehatan dimulai pada tahun 1996 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Sekolah Perawat Kesehatan di SPK Depkes Samarinda pada tahun 1996 dan melanjutkan studi ke Diploma III Kebidanan di Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur, dilanjutkan ke jenjang Sarjana Terapan Kebidanan. Penulis kemudian melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan berhasil menyelesaikan studi S1 Kesehatan Masyarakat Peminatan Promosi Kesehatan/PKIP di Universitas Widya Gama Mahakam pada tahun 2007. Selanjutnya pada tahun 2013, penulis menyelesaikan studi S2 Kesehatan Masyarakat Peminatan Promosi Kesehatan di Universitas Hasanuddin Makassar.

Terhitung bulan Desember 2018 penulis bergabung di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Kalimantan Timur. Selain itu penulis juga tergabung dalam organisasi Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPPKMI), Asosiasi Dosen Indonesia (ADI), organisasi Ikatan Bidan Indonesia (IBI), serta Asosiasi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND). Sebagai dosen, penulis aktif sebagai peneliti dibidang ilmunya serta menulis Buku dan Modul sebagai Luaran Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, dan sudah terdaftar pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI, dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ilmu kesehatan serta bagi bangsa dan negara yang tercinta ini.
Masta Haro - Penulis Lahir di Samosir pada tanggal 8 september 1973, anak pertama dari pasangan bapak A.M Haro dan ibu T. Simbolon. Menyelesaikan Pendidikan Diploma III Keperawatan pada tahun 1996 dari Universitas Advent Indonesia Bandung (UNAI). Pada tahun 1997 bekerja sebagai staf perawat di Rumah Sakit Advent Bandar Lampung. Tahun 2003 melanjutkan Pendidikan ke jenjang S1 Keperawatan di Universitas yang sama. Kurun waktu 2009-2013 menjadi CI (Clinical Instructor) di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Advent Indonesia, kemudian tahun 2013 melanjutkan Pendidikan ke jenjang S2 Magister Hukum, peminatan Hukum Kesehatan di Universitas Islam Bandung (UNISBA).
Sejak tahun 2014 menjadi dosen tetap di Fakultas Ilmu Keperawatan di Universitas Advent Indonesia Bandung hingga saat ini. Sejak tahun 2019 Aktif di Komite Etik Penelitian Kesehatan (KEPK) FIK UNAI, Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Advent Indonesia sebagai ketua.
Elisa Danik Kurniawati - Penulis dilahirkan di Kota Malang, pada tanggal 26 September 1996. Penulis adalah dosen tetap di Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pada tahun 2018, penulis menyelesaikan pendidikan Sarjana Terapan Kebidanan di Poltekkes Kemenkes Malang. Kemudian pada tahun 2019 penulis melanjutkan pendidikan S2 pada Program Studi Ilmu Kebidanan di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.

Sebagai pengalaman praktisi, setelah lulus dari program sarjana terapan kebidanan penulis bekerja sebagai bidan pelaksana di salah satu Praktik Mandiri Bidan di Kabupaten Malang (2018-2019). Kemudian pada tahun 2020 hingga saat ini, penulis menjadi manajer di Praktik Mandiri Bidan tersebut. Sedangkan dalam pengalaman akademisi, penulis pernah bergabung menjadi dosen prodi S1 kebidanan di salah satu stikes swasta di Kota Malang selama ± 1 semester. Kemudian penulis melanjutkan karir di Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Malang hingga saat ini.

Penulis memiliki kepakaran di bidang ilmu kesehatan dan kebidanan. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis juga aktif sebagai peneliti dan melakukan pengabdian kepada masyyarakat sesuai dengan bidang kepakarannya tersebut. Penulis juga menjadi salah satu reviewer di jurnal pengabdian masyarakat. Selain itu, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan memudahkan pembelajaran khususnya untuk mahasiswa kesehatan.
Yance Komela Sari - Lahir di Padang provinsi Sumatera Barat pada tanggal 26 Juni 1986. Penulis adalah lulusan S1 Keperawatan dan profesi Keperawatan (Ners) Universitas Andalas pada tahun 2011. Kemudian pada tahun 2019 menyelesaikan Pendidikan Magister Keperawatan dengan konsentrasi Keperawatan Medikal Bedah di Universitas Andalas Padang.

Sebagai dosen profesional penulis aktif melakukan Tridharma perguruan tinggi yaitu Pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Beberapa penelitian dan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan di danai oleh internal perguruan tinggi. Selain peneliti, penulis juga mulai aktif menulis buku dengan harapan buku yang ditulis dapat memudahkan pembacanya untuk memahami dengan mudah. Selain menulis, penulis juga sebagai editor dengan sertifikasi BNSP.
Elly Susilawati - Sejak kecil penulis bercita-cita menjadi seorang bidan sehingga pada tahun 2004 penulis menempuh Pendidikan di Universitas Abdurrab Kota Pekanbaru Prodi DIII Kebidanan. Penulis kemudian tertarik untuk menjadi dosen dan bergelut di dunia Pendidikan dengan melanjutkan kuliah pada tahun 2007 di Universitas Sumatera Utara Kota Medan Prodi DIV Bidan Pendidik. Pada tahun 2015 penulis berhasil dalam menyelesaikan Pendidikan Magister Kebidanan di Universitas Brawijaya Kota Malang Jawa Timur. Karir penulis dimulai dengan bergabung pada Prodi DIII Kebidanan Kota Langsa Poltekkes Kemenkes Aceh (2008-2017), kemudian penulis mutase dan bergabung di Prodi DIV Kebidanan PoltekkesKemenkes Riau (2017-sekarang). Sebagai dosen penulis aktif dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi dengan melakukan Pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat setiap tahunnya. Penulis telah menulis buku pertamanya yang berjudul mengenal covid 19 dalam kehamilan, persalinan dan masa menyusui, kemudian menulis Book Chapter Kesehatan Ibu, Anak Dan Keluarga Berencana, Book Chapter Asuhan Kebidanan Kehamilan, Book Chapter Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi, Balita Dan Anak Pra Sekolah, Book Chapter Asuhan Kebidanan Pada Remaja Dan Perimenopause, Book Chapter Kesehatan Reproduksi Ibu dan Anak, dan Book Chapter lainnya.
Anjar Ariansyah Sejati - Lahir di Kota Jayapura. Menempuh Pendidikan Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas di Kota Jayapura. Kemudian melanjutkan pendidikan Profesi Kedokteran Gigi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sejak Tahun 2010 dan lulus pada Tahun 2016. Tahun 2019 Bergabung di Politeknik Penerbangan Jayapura , Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Perhubungan. Semenjak lulus 2016 Penulis sudah mulai mengelola Praktik Dokter Gigi Perorangan, Apotek, Klinik Pratama dan kerja sama pada sarana kesehatan lainnya untuk meningkatkan jenis layanan kesehatan, serta menjalin Perjanjian Kerja Sama dengan asuransi kesehatan. Saat ini penulis sedang mengelola 2 klinik kesehatan untuk mempelajari lebih dalam dinamika perkembangan layanan kesehatan.
Herdhika Ayu Retno Kusumasari - Penulis adalah seorang dosen tetap di Universitas Negeri Malang (UM). Penulis merupakan lulusan Sarjana dan Profesi Bidan Universitas Brawijaya. Setelah lulus profesi, penulis memulai karirnya sebagai bidan di RSIA Samudra Husada Magetan selama kurang lebih 2 tahun. Penulis melanjutkan studi Magister Kebidanan di Universitas Brawijaya pada tahun 2018 dan lulus pada tahun 2020. Penulis tertarik dalam bidang konsultasi kesehatan karena aktif memberikan konseling dan edukasi di bidang kesehatan ibu dan anak pada bisnis yang dijalaninya sejak 2018 silam, yaitu usaha home care bernama Khumaira Mom Baby Care. Home care tersebut melayani melayani baby spa, mom spa, prenatal yoga dan konsultasi menyusui secara offline dan online di media sosial melalui Instagram @bidan_herdhikaayu dan @khumaira_mombabycare. Selain aktif dalam pelayanan, penulis aktif dalam pengabdian masyarakat dan penulisan jurnal ilmiah di kancah nasional dan internasional (Google Scholar:https://scholar.google.com/citations?view_op=list_works&hl=en&user=sj7mLNgAAAAJ).
Deby Jannati Gustiwi - Penulis merupakan Apoteker Praktisi dengan pengalaman di beberapa bidang kefarmasian. Setelah menyelesaikan Pendidikan S1 Farmasi di Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, penulis melanjutkan Pendidikan Profesi Apoteker di Fakultas yang sama. Lulus dan menjadi Apoteker pada tahun 2015, penulis bekerja sebagai Farmasi Klinis di salah satu Rumah Sakit Umum Pusat. Dua tahun menjadi Farmasi Klinis, penulis melanjutkan studi Program Magister Ilmu Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan lulus pada tahun 2019.

Pada tahun 2019 penulis bekerja di salah satu Pusat Pelayanan Kesehatan Pemerintahan di Jakarta sebagai Apoteker Manajerial yang juga melakukan pelayanan kefarmasian. Ketertarikan Penulis perlahan mucul saat menjalankan tugas managerial hingga akhirnya Penulis membuka Apotek sendiri. Penulis berharap kedepannya semakin bertambah Buku yang penulis buat dalam rangka berbagi pengalaman dengan rekan sejawat.
Jennyla Puspitaning Ayu - Ketertarikan penulis pada Administrasi Rumah Sakit dimulai pada tahun 2015 silam. Penulis memiliki ketertarikan di bidang administrasi rumah sakit dikarenakan penulis memiliki pengalaman sebagai staf administrasi dan akreditasi rumah sakit di salah satu rumah sakit di Kota Malang.

Memiliki latar belakang dari keparawatan dan memiliki minat yang tinggi pada manajemen dan administrasi rumah sakit. Penulis merupakan lulusan S1 Keperawatan STIKes Kepanjen tahun 2014. Kemudian penulis melanjutkan studi di S2 Manajemen Rumah Sakit Universitas Brawijaya dan lulus pada tahun 2020. Penulis memiliki ketertarikan pada Manajemen SDM, Mutu Pelayanan Rumah Sakit, Akreditasi Rumah Sakit dan lain-lain terkait manajemen rumah sakit. Penulis saat ini berprofesi sebagai Dosen di Program Studi Administrasi Rumah Sakit di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan STIKes Kapanjen. Beberapa penelitian penulis telah terbit pada salah satu jurnal internasional yang berfokus pada administrasi rumah sakit. Selain peneliti, penulis juga memulai untuk aktif dalam penulisan buku dengan harapan dapat berkontribusi dalam memperkaya literatur terkait bidang administrasi rumah sakit dan memberikan dampak positif bagi negara tercinta.

Editor

Zeni Zaenal Mutaqin - Editor lahir di Garut tanggal 12 Januari 1983. Ketertarikan editor pada dunia menulis mulai tumbuh saat duduk di bangku SMA. Beberapa tulisan editor dalam bentuk opini pernah dimuat di koran lokal Garut saat editor menjadi mahasiswa S-1 Kesehatan Masyarakat di STIKes Garut. Pada tahun 2011 editor menjadi PNS di Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Jakarta I. Tahun 2015 editor mendapatkan beasiswa tugas belajar S-2 di FKM Universitas Indonesia Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat peminatan Kebijakan dan Hukum Kesehatan lulus tahun 2017. Saat menjadi mahasiswa S-2 editor pernah diamanahi sebagai ketua Himpunan Mahasiswa Pascasarjana FKM UI tahun 2016-2017.

Selain memiliki keilmuan di bidang Kesehatan Masyarakat editorpun memiliki kompetensi di bidang Pendidikan Antikorupsi. Pada tahun 2020 editor mendapatkan sertifikat dari Lembaga Sertifikasi Profesi Komisi Pemberantasan Korupsi (LSP-KPK) sebagai penyuluh antikorupsi. Pada tahun 2021 editor mendapatkan sertifikat sebagai fasilitator diklat calon penyuluh antikorupsi dari LSP-KPK. Editor aktif melakukan penelitian dan menulis buku bidang Kesehatan Masyarakat dan Pendidikan Antikorupsi. Juga aktif memberikan penyuluhan baik di bidang Kesehatan Masyarakat maupun Pendidikan Antikorupsi. Selain sebagai dosen editor mendapatkan amanah sebagai ketua Satuan Pengawas Internal di Poltekkes Kemenkes Jakarta I.

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Konsep Medical  Entrepreneurship
     Pendahuluan
     Pengertian Entrepreneurship
     Medical Entrepreneursip
     Peluang Medical Entrepreneurship
     Potensi Seorang Entrepreneur
     4 Tipe Medical Entrepreur
     Ekosistem Medical Entrepreneur
     Faktor yang Mempengaruhi Minat Medical
Bab 2. Membentuk  Karakter Pengusaha
     Karakter Pengusaha
     Modal Psikologis Pengusaha
     Pendidikan Karakter Pengusaha
Bab 3. Peluang Dan Gagasan  Bisnis Kesehatan
     Revolusi Industri 4.0
     Membaca Peluang Bisnis Kesehatan
     Gagasan Bisnis Kesehatan Inovatif untuk Pemula dan
     Komponen Penting dari Rencana Bisnis Pelayanan
Bab 4. Prosfek Bisnis Kesehatan
     Pendahuluan
     Peluang Bisnis Di Tengah Pandemi Covid-19
     Kiat Bisnis Sukses dan Tetap Survive
     Tahapan Proses Inovasi dalam Dunia Bisnis
     Strategi dalam Menghadapi Persaingan Bisnis
     Contoh Bisnis dalam Bidang Kesehatan
     Bisnis Kesehatan Sebagai Langkah Cerdas
Bab 5. Regulasi Dan Etika  BISNIS KESEHATAN
     Pendahuluan
     Regulasi Bisnis Kesehatan
     Peraturan Perundangan Bisnis Pelayanan Kesehatan
     Etika Bisnis Kesehatan
Bab 6. Bisnis Praktik Mandiri Bidan
     Definisi Praktik Mandiri Bidan
     Persiapan Mendirikan PMB
     Prinsip dalam Menjalankan Bisnis PMB
     Proses Pengembangan Bisnis PMB
Bab 7. Bisnis Home Care Perawatan
     Pengertian Home Care
     Manfaat Home Care
     Peraturan Tentang Praktek Tenaga Kesehatan
     Standar Praktek Perawatan Di Rumah
     Standar Kinerja Profesional
     Bisnis Home Care
     Pengorganisasian
Bab 8. Bisnis Home Care Kebugaran  Ibu Hamil Dan Bayi
     Bisnis Usaha Home Care
     Kebugaran Ibu Hamil
     Jenis Pelayanan Home Care untuk Ibu Hamil dan Bayi
     Pose Yoga Trimester Pertama
     Pose Yoga Trimester Kedua
     Pose Yoga Trimester Ketiga
Bab 9. Bisnis Kesehatan  Gigi Dan Mulut
     Pendahuluan
     Kelengkapan Awal
     Penentuan Harga
     Strategi Marketing
     Kepuasan Pasien
Bab 10. Bisnis Konsultasi Kesehatan
     Pengertian Konsultasi dalam Bidang Kesehatan
     Tingkatan Konsultasi Kesehatan
     Tanggung Jawab Konsultan
     Indikator Mutu Konsultasi Klinis di Bidang Kesehatan
     Peluang Bisnis di Bidang Jasa Konsultasi Kesehatan
     Keuntungan Bisnis Konsultasi Kesehatan
     Memilih Model Bisnis Kesehatan adalah Kunci
Bab 11. Bisnis Alat Kesehatan  Dan Obat
     Pendahuluan
     Studi Kelayakan
     Alur Pendirian Apotek
     Persyaratan Pendirian Apotek
     Manajemen Pengelolaan Persediaan Farmasi
     Manajemen Strategis Apotek
     Manajemen Proses
     Manajemen Mutu
Bab 12. Bisnis Telemedicine
     Pendahuluan
     Pengertian Telemedicine
     Tujuan Telemedicine
     Fungsi Telemedicine
     Kelebihan Telemedicine
     Kekurangan Telemedicine
     Peluang Bisnis Telemedicine
Cover Belakang