Tampilkan di aplikasi

Buku Media Sains Indonesia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Komunikasi Pembangunan

1 Pembaca
Rp 102.000 36%
Rp 65.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 195.000 13%
Rp 56.333 /orang
Rp 169.000

5 Pembaca
Rp 325.000 20%
Rp 52.000 /orang
Rp 260.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini ditulis oleh para akademisi, pakar, dan praktisi yang ada di Indonesia. Terdiri dari 13 bab yang membahas pengertian, perspektif, sejarah, ruang lingkup, tujuan, prinsip, strategi dan fungsi komunikasi pembangunan, psikologi dalam komunikasi pembangunan, teori-teori komunikasi dalam proses pembangunan, komunikasi dan perspektif dominan, kritik terhadap perspektif dominan, media rakyat (folk media) dan teknologi komunikasi, perencanaan komunikasi pembangunan, serta komunikasi pembangunan dan penerapannya di berbagai bidang.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Rosmawati / Subhan AB / Falimu Lamusu / Sukmawati Abdullah / Retno Ekasari / Viana Safrida Harahap / Tendy / Yuyun Yunita Puspa / Patriandi Nuswantoro / Saktisyahputra Wismurti / Ega Nugraha / Erni Salijah / Adrian Kede
Editor: Sri Ayu Rayhaniah

Penerbit: Media Sains Indonesia
ISBN: 9786233629942
Terbit: Januari 2023 , 271 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Buku ini ditulis oleh para akademisi, pakar, dan praktisi yang ada di Indonesia. Terdiri dari 13 bab yang membahas pengertian, perspektif, sejarah, ruang lingkup, tujuan, prinsip, strategi dan fungsi komunikasi pembangunan, psikologi dalam komunikasi pembangunan, teori-teori komunikasi dalam proses pembangunan, komunikasi dan perspektif dominan, kritik terhadap perspektif dominan, media rakyat (folk media) dan teknologi komunikasi, perencanaan komunikasi pembangunan, serta komunikasi pembangunan dan penerapannya di berbagai bidang.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan kepada Allah Swt yang telah memberikan kesempatan dan rahmat-Nya sehingga buku kolaborasi ini dapat rampung dan dinikmati oleh para pembaca. Buku ini ditulis oleh para akademisi, pakar, dan praktisi yang ada di Indonesia. Terdiri dari 13 bab yang membahas pengertian, perspektif, sejarah, ruang lingkup, tujuan, prinsip, strategi dan fungsi komunikasi pembangunan, psikologi dalam komunikasi pembangunan, teori-teori komunikasi dalam proses pembangunan, komunikasi dan perspektif dominan, kritik terhadap perspektif dominan, media rakyat (folk media) dan teknologi komunikasi, perencanaan komunikasi pembangunan, serta komunikasi pembangunan dan penerapannya di berbagai bidang.

Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pelajar dan mahasiswa, serta masyarakat pada umumnya. Selain itu, kami juga mengharapkan buku ini dapat memberikan kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang komunikasi dan pembangunan. Kami menyadari bahwa buku ini tidak lepas dari kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu, kami mengharapkan dukungan dan masukan dari para pembaca. Agar ke depannya kami bisa berkarya lebih baik lagi.

Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada keluarga, rekan, dan sahabat tercinta yang telah memberikan dukungan dan semangat kepada kami. Tak lupa terima kasih juga kami ucapkan kepada berbagai pihak yang telah berjasa dan membantu selama proses penulisan dan penerbitan buku ini, khususnya Penerbit Media Sains Indonesia sebagai inisiator dan fasilitator dalam perwujudan buku ini. Demikian kata pengantar dari kami. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Penulis

Rosmawati - Lahir di Bulukumba, 27 Juli 1971. Lulus SD dan SMP di Kabupaten Bulukumba SPMA di Makassar melanjutkan S1 Fakultas Perikanan dan llmu Kelautan Universitas Muslim Indonesia di Makassar Sulawesi Selatan Kemudian melanjutkan S2 Universitas Halu Oleo di Kendari Sulawesi Tenggara. Saat ini penulis sebagai Dosen tetap padai Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Jurusan Agrobisnis Perikanan Universitas Halu Oleo. Berbagai kegiatan penulis yang dilakukan diantaranya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Selain sebagai Dosen tetap pada FPIK Universitas Halu Oleo, penulis juga aktif sebagai dosen tidak tetap pada Institut Teknologi dan Kesehatan Avicenna, dan juga pernah menjadi dosen tidak tetap pada Universitas Muhammadiyah Kendari dan aktif dari beberapa organisasi kemasyarakatan. Keterkaitan penulis pada buku Komunikasi Bisnis berhubungan dengan matakuliah yang penulis ajarkan diantaranya Komunikasi Bisnis Perikanan, Penyuluhan dan Komunikasi Perikanan serta Manajemen Kolaborasi. Keaktifan dalam menulis dengan harapan memberikan kontribusi khususnya bagi yang memanfaatkan buku ini.
Subhan AB - lahir di Takengon Aceh Tengah, 07 Juni 1981. Masa pendidikan dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas di selesaikan di Takengon. Melanjutkan pendidikan S1 Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah IAIN Medan Sumatera Utara, lulus pada tahun 2005, kemudian pada tahun 2006 lulus sarjana Pendidikan Agama Islam dari Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Al-Hikmah Medan. Lulus S2 Magister Ilmu Komunikasi pada tahun 2016 di (UMSU) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan. Penulis adalah dosen tetap program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Gajah Putih Aceh sampai sekarang. Mengampu mata kuliah, Pengantar Ilmu Komunikasi, Strategi Komunikasi, Perspektif Teori Komunikasi, Komunikasi Propaganda, Retorika dan Public Speaking. Menulis berbagai Jurnal Ilmiah. Sebagai Anggota Pengurus Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Koorwil Aceh Periode 2021-2024. Sekretaris FORUM Komunikasi Pemerhati RRI Takengon Periode 2021-2026.
Falimu Lamusu - Dosen di Universitas Muhammadiyah Luwuk pada program studi Ilmu Komunikasi. Pernah menjabat sebagai ketua program studi ilmu komunikasi periode 2014-2017, menjadi Wakil Dekan I Bidang Akademik periode 2017-2020. Menamatkan pendidikan di SDN Inpres 2 Kampung Baru Tahun 1990, Sekolah Teknik Daerah (STD) tahun 1993 dan Sekolah Teknologi Menengah (STM) Negeri Luwuk tahun 1996. Melanjutkan pendidikan S1 di Universitas Muhammadiyah Luwuk lulus tahun 1999 dan melanjutkan S2 di Universitas Satria Makasar Lulus Tahun 2012. Saat ini aktif menulis bookchapter diantaranya Dosen dan Literasi Publikasi, Krisis Komunikasi Dalam Pandemi Covid-19 “Keseimbangan Media dalam Memberitakan Covid-19”, Manajemen Pemerintahan “Komunikasi Pemerintahan”. Organisasi yang pernah diikuti Pemuda Muhammadiyah, Tapak Suci Putra Muhammadiyah dan saat ini diamanahkan sebagai Ketua Ta’mir Masjid At-Tauhid Kelurahan Kilongan Permai.
Sukmawati Abdullah - Sukmawati Abdullah lahir di Sulawesi Selatan tepatnya di Kabupaten Bone, pada tanggal 25 Juni 1976. Anak pertama dari tiga bersaudara. Pada Tahun 1999 penulis menyelesaikan Strata 1 (S1) pada Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, kemudian pada Tahun 2006 penulis menyelesaikan pendidikan Magister Sains (M.Si) di Sekolah Intitut Pertanian Bogor (IPB) pada Program Studi Ilmu Penyuluhan Pembanguan. Sejak Tahun 2001 sampai sekarang, penulis menjadi Dosen tetap di Universitas Halu Oleo pada Jurusan Penyuluhan Pertanian.

Motto : “Menjadi Orang Beruntung Dunia Akhirat adalah Impiannya, dan Bermanfaat bagi Masyarakat adalah Harapannya.”
Retno Ekasari - Penulis yang akrab dipanggil dengan nama Enno ini adalah seorang dosen Prodi Manajemen Komunikasi dari Institut STIAMI yang memiliki hobby travelling ke berbagai belahan dunia. Kecintaannya pada dunia traveling membuatnya mendapatkan banyak pengalaman berharga yang bisa dibagi kepada anak anak didiknya. Penulis menyelesaikan pendidikan S1 nya di Fakultas Ekonomi jurusan akuntasi Universitas Trisakti Jakarta, dan melanjutkan pendidikan S2 nya di Manajemen Komunikasi Universitas Indonesia. Penulis yang lahir di Pangkal Pinang Bangka, pada 6 April 1981 ini juga memiliki berbagai usaha dan kerap kali diminta untuk menjadi pembicara dengan tema yang berkaitan dengan komunikasi dan juga kewirausahaan.
Viana Safrida Harahap - Ketertarikan Penulis terhadap Ilmu Komunikasi dimulai pada tahun 2003 silam Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Perguruan Tinggi Universitas Islam Sumatera Utara memilih jurusan Ilmu Komunikasi berhasil menyelesaikan studi S1 di prodi Ilmu Komunikasi FISIP UISU pada tahun 2007. Pada tahubn 2015 penulis melanjutkan kuliah S2 dan menyelesaikan studi di prodi Ilmu Komunikasi Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Penulis memiliki kepakaran dibidang Ilmu Komunikasi dan mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Tendy - mengawali ketertarikan dengan dunia media komunikasi ketika terlibat sebagai penggagas pelatihan bisnis online di kalangan mahasiswa sebagai wujud dari Pengabdian Kepada Masyarakat di awal tahun 2020. Penulis mulai mendalami pemahaman mengenai kontribusi penting yang dihadirkan oleh media digital kontemporer kepada proses komunikasi, infromasi, dan pembangunan. Ketertarikan ini kemudian dilanjutkan lagi dengan menulis mengenai hubungan media film dengan negara dalam salah satu bab pada buku yang terbit tahun 2022, yang diikuti dengan pelaksanaan kegiatan pengenalan dan pemanfaatan media komunikiasi dalam pengembangan usaha di wilaya pedesaan.

Bab ini disusun dalam rangka mengembangkan materi perkuliahan dalam studi hubungan internasional, yang juga turut menyertakan instumen seperti media komunikasi konvesional dan digital dalam membangun hubungan antar masyarakat yang secara lintas batas negara.

Saat ini penulis aktif mengajar di Program Studi Hubungan Internasional, Fisipol, Universitas Mulawarman, Samarinda.
Yuyun Yunita Puspa - Yuyun Yunita Puspa, S.Sos.,M.I.Kom, lahir di Palu, 23 Juli 1983. Lulus S1 pada program studi ilmu komunikasi di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya tahun 2006.setelah menyelesaikan kuliah S1 di Surabaya tahun 2008 kembali ke kota kelahiran . Dan pada akhir tahun 2008 diterima sebagai Dosen Tetap di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada Universitas Terbuka Palu pada Prodi Ilmu Komunikasi.Dan menyelesaikan studi S2 pada prodi yang sama yaitu Ilmu Komunikasi di Universitas Hasanuddin Makassar pada tahun 2015.

Pada saat ini Alhamdulillah masih di percayakan oleh Universitas Terbuka Palu menjabat sebagai Manager Registrasi dan Ujian di UPBJJ UT Palu periode 2022-2026 sebagai tupoksi tambahan.dan mengampu mata kuliah pada semester 2022.1 yaitu: ASIP4204/ Dasar-dasar Informasi, SKOM4323/Filsafat dan Etika Komunikasi, SKOM4500/Tugas Akhir Program, dan SKOM4560/Karya Ilmiah.
Patriandi Nuswantoro - Sejak bergabung pada keluarga besar Universitas Gajah Putih tahun 2008. Penulis ditempatkan pada program studi ilmu komunikasi. Kecintaanya pada ilmu sosial dan pendidikan tidak menyurutkan penulis untuk berkontribusi pada ilmu komunikasi. Bekal yang diperoleh studi S2 Pendidikan IPS Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2008 terus di kembangkan dalam wadah program studi ilmu komunikasi. Aktif dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi. Perhatian pada dunia pendidikan tidak lepas pada pendidikan di perguruan tinggi semata, namun turut memperhatikan dan keterlibatan pada pendidikan dasar, menegah dan atas.
Saktisyahputra Wismurti - Saktisyahputra, S.Ikom, M.I.Kom lahir di Jakarta pada tanggal 9 Mei 1987 merupakan salah satu pendidik (Dosen Tetap Manajemen Komunikasi) di Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI Jakarta berpangkat akademik Asisten Ahli (AA). Sejak Juni 2021 juga mendapatkan amanah sebagai Ketua Program Studi Manajemen Komunikasi Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI Jakarta. Menyelesaikan pendidikan sarjana S-1 pada Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof.Dr.Moestopo (Beragama) Jakarta konsentrasi Jurnalistik pada tahun 2009. Kemudian menyelesaikan studi Magister Ilmu Komunikasi S-2 di Universitas Prof.Dr.Moestopo (Beragama) Jakarta konsentrasi Humas pada tahun 2016. Saat ini sedang menempuh studi Doktoral Ilmu Komunikasi S-3 di Universitas Sahid Jakarta konsentrasi Komunikasi Bisnis dan Pemasaran.
Sejak di angkat menjadi pendidik di bawah naungan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristek Dikti) RI, keinginannya untuk selalu memberikan yang terbaik untuk anak didiknya terus menerus tumbuh. Ditambah dengan hobi membaca buku, terutama buku-buku tentang komunikasi membuatnya sangat concern terhadap perkembangan setiap anak didik dan peserta trainingnya.
Ega Nugraha - Ketertarikan penulis terhadap Ilmu manajemen informasi Kesehatan dimulai pada tahun 2017 silam. Hal tersebut membuat penulis memilih untuk masuk ke Magister Kesehatan Masyarakat di Universitas Diponegoro Semarang dengan peminatan Sistem Informasi Manajemen Kesehatan (SIMKES) dan menyelesaikan pendidikan tersebut pada tahun 2019. Sebelumnya penulis berhasil menyelesaikan studi S1 di prodi Keperawtan di Universitas Muhammadiyah Surakarta pada tahun 2017. Saat ini Penulis merupakan salah satu Dosen di Perguruan Tinggu Swasta di Kabupaten Kudus yaitu Politeknik Rukun Abdi Luhur sebagai Dosen Prodi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan. Penulis memiliki kepakaran dibidang Sistem Informasi Manajemen Kesehatan. Untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, penulis pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi. Selain peneliti, penulis juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.
Erni Salijah - Ketertarikan penulis terhadap Ilmu Akuntansi membuat penulis memilih untuk masuk ke Sekolah Menengah Kejuruan Akuntansi di SMK Negeri II Jayapura, kemudian melanjutkan studi S1 di prodi AKUNTANSI pada STIE YAPIS JAYAPURA. Meningkatkan karier dalam dunia pekerjaan dan berhasil menjadi salah satu Chief Accountant pada salah satu perusahaan swasta dalam bidang pelayanan Jasa, serta mengikuti Sertifikasi Profesi Certified Financial Report (C.F) dan Certified Fundamental Tax (C.FTax) pada salah satu lembaga Sertifikasi profesi. Keseriusan dalam pekerjaan dan meniti karir hingga mengedepankan Pendidikan dengan mewujudkan karir dan ingin menjadi dosen professional akhirnya delapan tahun kemudian, penulis memutuskan untuk melanjutkan kembali dan berhasil menyelesaikan studi S2 di prodi Manajemen Sumber Daya Manusia Program Pasca Sarjana Stie Ypup Makassar. Dan saat ini sedang proses menyelesaikan studi S3 di prodi Ilmu Administrasi Publik Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar secara mandiri.

Penulis berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini. Atas dedikasi dan kerja keras dalam penulisan ini, semoga dapat memberikan manfaat yang berguna bagi semuanya.
Adrian Kede - lahir di Desa Longkoga Timur, Kecamatan Bualemo, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, 10 Maret 1993. Menjalani Pendidikan Sekolah Dasar Negeri (2005) dan Madrasah Tsanawiyah (MTS), (2008). Selanjutnya Sekolah Mengah Atas (SMA) Negeri 1 Bualemo (2011). Sesudah itu melanjutkan Pendidikan tingkat sarjana (S1) pada jurusan Ilmu Komunikasi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Luwuk dan selesai 31 Desember 2016.

Setelah itu Penulis melanjutkan Pendidikan strata dua (S2) pada jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, selesai 14 Juli 2021. Selama menjadi mahasiswa pada tingkat starat satu (S1) penulis aktif berorganisasi (Pengurus BEM Universitas (2013-2014), Koordinator Komisariat IMM Unismuh Luwuk (2015-2016), dan Ketua PC. Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Banggai (2016-2017)). Saat ini penulis aktif sebagai dosen tetap pada program studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Luwuk.

Editor

Sri Ayu Rayhaniah - lahir di Samarinda pada tanggal 31 Mei 1989, anak pertama dari dua bersaudara. Penulis menamatkan sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Ulum (2001), MTs. Negeri Model Samarinda (2004), Madrasah Aliyah di Ponpes Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai (2007) pada jurusan IPA, selanjutnya melanjutkan kuliah di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Samarinda pada tahun 2007-2011, Jurusan Dakwah dengan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Lalu pada tahun 2015-2017 melanjutkan kuliah pascasarjana di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda, dengan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam.

Aktifitas sehari-hari selain sebagai ibu rumah tangga, penulis adalah seorang dosen yang aktif melakukan tri dharma perguruan tinggi pada Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, pada Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI). Beberapa karya penulis di antaranya: Kilau pendidikan (2020), Komunikasi Korporat (2021), Pengantar Ilmu Komunikasi (2021), Etika dan Komunikasi Organisasi (2021) dan Public Relations (2021).

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1. Pengertian, Perspektif, Dan Sejarah Komunikasi Pembangunan
     Pengertian Komunikasi Pembangunan
     Perspektif Komunikasi Pembangunan
     Sejarah Komunikasi Pembangunan
Bab 2. Ruang Lingkup, Tujuan, Prinsip, Strategi Dan Fungsi Komunikasi Pembangunan
     Ruang Lingkup Komunikasi Pembangunan
     Tujuan Komunikasi Pembangunan
     Prinsip – Prinsip Komunikasi Pembangunan
     Strategi Komunikasi Pembangunan
     Fungsi Komunikasi Pembangunan
Bab 3. Psikologi Dalam Komunikasi Pembangunan
     Pendahuluan
     Psikologi Komunikasi Bagian Integral
     Peran Psikologi Komunikasi dalam Pembangunan
     Komunikasi Sebuah Proses Perubahan
     Optimalisasi Komunikasi dalam Pengembangan
Bab 4. Teori-Teori komunikasi Dalam Proses Pembangunan
     Teori Komunikasi Antar Pribadi
     Teori Dinsonansi Kognitif
     Prehensi Komunikasi
     Self-Disclosure
     Teori Pertukaran Pesan Kelly dan Thibault
     Teori Penetrasi Sosial
     Teori Pengurangan Ketidakpastian
     Teori Dialektika Relasional
     Teori Penilaian Sosial
     Teori Komunikasi Kelompok
     Teori Perbandingan Sosial (Social Comparison Theory)
     Teori Kepribadian Kelompok (Group Syntality Theory)
     Teori Keseimbangan Heider
     Teori A-B-X Newcomb
     Teori Pencapaian Kelompok (Group
     Teori Pertukaran Sosial (Social Exchange Theory)
     Teori Sosiometrik (Sociometric Theory)
     Teori Analis Proses Intraksi Bales
     Teori Komunikasi Massa
     Teori Technological Determinism (M. McLuhan)
     Teori Perubahan Sikap (Carl Hovland)
     Teori Penggunaan dan Kepuasan (Katz, Blumer
     Teori Agenda Setting (Maxwell McCombs dan
     Teori Kultivasi (George Gerbner)
     Teori Spiral Kebisuan (Elisabet, Noelle-Neumann)
     Teori Interaksi Simbolik (George Harbert Mead)
     Teori Konstruksi Sosial Realitas (Peter Berger dan
Bab 5. Komunikasi Dan Perspektif Dominan
     Pendekatan Efek Komunikasi
     Konsep Masyarakat Massa
     Pendekatan Difusi Inovasi
     Proses Adopsi Inovasi
     Kategori Adopter
     Model Difusi
     Difusi Inovasi dan Modernisasi
     Peranan Media Massa dalam Pembangunan
Bab 6. Kritik Terhadap Perspektif Dominan
     Kritik Terhadap Perspektif Dominan
     Kendala dan Hambatan dalam
     Hegemoni Paradigma Dominan
     Kendala dan Hambatan Teknis Komunikasi
     Hambatan Psikologis
     Hambatan Sosio-Cultural
     Hambatan Interaksi Verbal
     Kritik Terhadap Media Massa
     Kesenjangan dalam Pengetahuan
     Kritik Terhadap Penelitian
Bab 7. Media Rakyat (Folk Media) Dan Teknologi Komunikasi
     Pendahuluan
     Memahami Media Rakyat dan Teknologi Komunikasi
     Komunikasi Pembangunan di Indonesia
     Penggunaan Media Rakyat (Folk Media) dan
Bab 8. Perencanaan Komunikasi Pembangunan
     Pendahuluan
     Tahap Perencanaan Komunikasi
     Perencanaan Komunikasi dan Strategi Komunikasi
     Ciri-Ciri Perencanaan Pembangunan
     Unsur-Unsur Pokok dalam Pembangunan dan
     Pentingnya Perencanaan dan Strategi
Bab 9. Komunikasi Pembangunan Dan Penerapannya Dalam Bidang Pertanian
     Pendahuluan
     Komunikasi Pembangunan Pertanian
     Pembangunan Pertanian
     Komunikasi Pembangunan dalam Bidang Pertanian
     Penutup
Bab 10. Komunikasi Pembangunan Dan Penerapannya Dalam Bidang Pendidikan
     Pendahuluan
     Penemuan Internet Sebagai Cikal Bakal Pembangunan
     Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam
Bab 11. Komunikasi Pembangunan Dalam Bidang Kesehatan
     Komunikasi Pembangunan Kesehatan
     Pelaksanaan Komunikasi Pembangunan Program
     Kebijakan Komunikasi Pembangunan Kesehatan
     Model Komunikasi Kesehatan
     Dampak Komunikasi Kesehatan dalam
Bab 12. Komunikasi Pembangunan Dan Penerapannya Dalam Bidang Ekonomi
     Pendahuluan
     Tahapan Pembangunan Ekonomi
     Masalah Pembangunan Ekonomi
     Strategi Pembangunan Ekonomi
     Perencanaan Ekonomi Dalam Pembangunan Ekonomi
     Masalah Pembangunan Ekonomi Indonesia Menurut
     Macam-Macam Sistem Ekonomi
     Penutup
Bab 13. Komunikasi Pembangunan Dan Penerapannya Dalam Bidang Informasi Dan Teknologi
     Macam-Macam Pembangunan dalam Bidang Informasi
     Pembangunan Sektor Pendidikan
     Pembagunan Sektor Kesehatan
     Pembangunan Sektor-Sektor Ekonomi
     Pembagunan Sektor Pertanian
     Tata Kelola Kependudukan
     Pembangunan Sektor Politik dan Demokrasi
     Pembangunan Sektor Pertahanan dan
     Kerukunan Beragama, Perdamaian dan Harmonisasi
     Evaluasi Komunikasi Pembangunan dalam Bidang
     Kritik dan Saran
Cover Belakang