Tampilkan di aplikasi

Buku Nuansa Cendekia hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Kiat Menulis Artikel di Media

Dari Pemula sampai Mahir

1 Pembaca
Rp 37.000 15%
Rp 31.450

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 94.350 13%
Rp 27.257 /orang
Rp 81.770

5 Pembaca
Rp 157.250 20%
Rp 25.160 /orang
Rp 125.800

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku tentang ‘kiat menulis’ dan ‘seni menulis’ ini mencoba memperbincangkan banyak hal di sekitar dunia tulis menulis dan karang mengarang. Atau lebih luas lagi berusaha mendialogkan dunia ide, gagasan, dan tulisan, secara cukup intens. Dengan menulis, seseorang akan punya sumbangsih bagi (masa depan) kemanusiaan, juga dengan menulis seseorang akan bisa mandiri. Semoga buku sederhana ini bisa dimanfaatkan oleh siapapun yang ingin “bersentuhan” dengan wacana tulis menulis dan karang mengarang.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: M. Arief Hakim
Editor: Mathori A Elwa

Penerbit: Nuansa Cendekia
ISBN: 9786023503285
Terbit: April 2017 , 157 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Buku tentang ‘kiat menulis’ dan ‘seni menulis’ ini mencoba memperbincangkan banyak hal di sekitar dunia tulis menulis dan karang mengarang. Atau lebih luas lagi berusaha mendialogkan dunia ide, gagasan, dan tulisan, secara cukup intens. Dengan menulis, seseorang akan punya sumbangsih bagi (masa depan) kemanusiaan, juga dengan menulis seseorang akan bisa mandiri. Semoga buku sederhana ini bisa dimanfaatkan oleh siapapun yang ingin “bersentuhan” dengan wacana tulis menulis dan karang mengarang.

Pendahuluan / Prolog

Pengantar Penulis
Dunia ide dan tulisan di tanah air, selama beberapa tahun belakangan ini, tampaknya makin menggairahkan. Indikasinya, semakin banyak penerbit buku yang bermunculan, juga semakin banyak media massa (cetak) yang beredar di pasaran. Selama beberapa tahun belakangan ini, buku-buku baru dari berbagai tema hadir di bursa intelektual kita dalam jumlah yang semakin banyak, semakin padat, dan semakin cepat.

Jika tidak percaya, Anda bisa membuktikannya sendiri dengan cara berkunjung (secara rutin) ke toko-toko dan pusat-pusat buku terbesar di tanah air. Begitu juga yang terjadi dengan media massa (cetak). Akhir-akhir ini, kian banyak media massa (cetak) bermunculan, dengan wajah dan kecenderungan yang berwarna-warni, dan dengan suasana yang kian meriah.

Bahkan ada trend baru di dunia media massa (cetak) dengan kian banyak beredarnya media massa yang semakin khusus dan semakin spesifik. Ada media massa yang khusus meliput dunia sepakbola, tenis, otomotif, komputer, supranatural, pria, wanita, remaja, anak-anak, peluang kerja & usaha, rumah & interior, dan lain-lain.

Kemeriahan dan kegairahan dunia ide dan tulisan kita juga ditambah dengan semakin banyaknya jurnaljurnal (dalam berbagai misi dan tema) yang mencuat ke permukaan. Kemeriahan dan kegairahan dunia ide dan tulisan yang tercermin dari padatnya buku, jurnal, majalah, surat kabar, tabloid, dan lain-lain, agaknya belum pernah kita alami, setidaknya sebelum beberapa tahun belakangan ini. Kita telah lama tertimpa badai krismon (krisis moneter), tapi toh dunia penerbitan dan dunia media massa justru bangkit.

Apakah meningkatnya kuantitas penerbitan dan media massa kita, juga diimbangi dengan semakin baiknya kualitas? Untuk menjawab pertanyaan ini, tentu butuh penelitian yang seksama. Kegairahan dunia ide dan tulisan yang kita alami sudah selayaknya kita sambut dengan gembira. Agar kemeriahan dunia ide dan tulisan ini tidak berubah menjadi “inflasi” dan “penumpukan” yang kurang produktif, maka perlu diimbangi dengan upaya peningkatan kualitas.

Salah satunya dengan cara meningkatkan kualitas dunia kepenulisan kita. Buku sederhana yang ada di tangan para pembaca ini merupakan salah satu upaya yang coba penulis lakukan untuk meningkatkan dunia kepenulisan kita yang telah bergerak lama.

Buku tentang ‘kiat menulis’ dan ‘seni menulis’ ini mencoba memperbincangkan banyak hal di sekitar dunia tulis menulis dan karang mengarang. Atau lebih luas lagi berusaha mendialogkan dunia ide, gagasan, dan tulisan, secara cukup intens. Dengan menulis, seseorang akan punya sumbangsih bagi (masa depan) kemanusiaan, juga dengan menulis seseorang akan bisa mandiri.

Hingga tahun 2001, ketika buku sederhana ini saya tulis, saya telah menekuni dunia tulis menulis dan karang mengarang selama kurang lebih sembilan belas tahun. Saya telah menulis hampir semua bentuk dan jenis tulisan di hampir semua media massa yang ada ti tanah air. Saya juga telah mengalami honorarium penulis yang terkecil sampai yang lumayan.

Untuk itu, mungkin tidak ada salahnya jika saya mencoba berbagi pengalaman dengan Anda semua. Siapa tahu Anda bisa mengambil pelajaran yang cukup berharga. Siapa tahu ada manfaat dan gunanya. Bukan sekadar manfaat dan gunanya menulis di media massa saja, akan tetapi juga manfaat dan gunanya menulis apapun dan di manapun (tentu yang kreatif dan positif), secara lebih umum dan luas.

Semoga buku sederhana ini bisa dimanfaatkan oleh siapapun yang ingin “bersentuhan” dengan wacana tulis menulis dan karang mengarang. Salam.

Daftar Isi

Sampul
Tentang Penulis
Pengantar Penulis
Daftar isi
Bagian Pertama
     Proses Kreatif Menulis
     Menulis (Sastra) SebagaiYPanggilan Hidup
     Artikel, Esai, dan Kolom
Bagian Kedua
     Mengasah Naluri Bahasa
     Belajar Pada Penulis Tenar
     Tinjauan Buku dan Kritik Seni
     Bakat, Tekad, dan Situasi
     MenulisArtikel Populer
     Dua Model Artikel
Bagian Ketiga
     Artikel Aktual di Media Massa
     Motivasi Menulis dan Karakter Tulisan
     Bahasa Populer, Padat, dan Komunikatif
Bagian Keempat
     Memperkaya Bahasa dan Kosakata
     Penulis Spesialis dan Penulis Generalis
     Gagasan Baru, Segar, dan Orisinal
     Karakter Artikel Media Massa
     Berita, Feature, dan Panorama Jurnalisme
Alamat Redaksi Media Massa Cetak
Lampiran Buku-buku Penunjang