Tampilkan di aplikasi

Buku Penamuda Media hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Digital Marketing

1 Pembaca
Rp 55.000 15%
Rp 46.860

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 140.580 13%
Rp 40.612 /orang
Rp 121.836

5 Pembaca
Rp 234.300 20%
Rp 37.488 /orang
Rp 187.440

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Perkembangan teknologi yang melesat begitu cepat dan memasuki semua lini kehidupan, termasuk dunia bisnis. Perkembangan ini merubah tatanan dan tentunya butuh inovasi dalam berbisnis. Namun tidak sedikit orang yang paham akan keadaan ini, beberapa diantaranya memilih untuk tetap bertahan dengan cara konvensional, ada juga yang langsung terjun ke bisnis digital tanpa panduan. Buku Bisnis Digital ini hadir untuk menjadi bahan bacaan dan panduan menggeluti dunia usaha bisnis digital. Dalam buku ini dimuat beberapa hal mendasar mengenai bisnis digital, mulai dari aplikasi yang mudah, cara memuat konten yang menarik sampai bagaimana cara memasarkan produk secara digital. Sangat cocok dibaca dan dimiliki oleh semua kalangan, baik akademisi maupun praktisi.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Qiny Shonia Az Zahra / Solehatin Ika Putri, S.E., M.M. / Mona Tiorina Manurung, S.E., M.M. / Gilang Kharisma Putra / Daniel Cassa Augustinus / Ardiaz Ajie Aryandika / Widiastuti / Wiratha, MM. / Naufal Afif, S.A., M.Sc. / Ifta Firdausa Nuzula / Dr. Alfonsius, S.E., M.Si., CSMA. / Lintang Anis Bena Kinanti, S.M.B., M.M. / Budi Purnomo Saputro, S.Kom.,M.M.
Editor: Miftahurrahmah, M.E

Penerbit: Penamuda Media
ISBN: 9786230956232
Terbit: September 2023 , 204 Halaman










Ikhtisar

Perkembangan teknologi yang melesat begitu cepat dan memasuki semua lini kehidupan, termasuk dunia bisnis. Perkembangan ini merubah tatanan dan tentunya butuh inovasi dalam berbisnis. Namun tidak sedikit orang yang paham akan keadaan ini, beberapa diantaranya memilih untuk tetap bertahan dengan cara konvensional, ada juga yang langsung terjun ke bisnis digital tanpa panduan. Buku Bisnis Digital ini hadir untuk menjadi bahan bacaan dan panduan menggeluti dunia usaha bisnis digital. Dalam buku ini dimuat beberapa hal mendasar mengenai bisnis digital, mulai dari aplikasi yang mudah, cara memuat konten yang menarik sampai bagaimana cara memasarkan produk secara digital. Sangat cocok dibaca dan dimiliki oleh semua kalangan, baik akademisi maupun praktisi.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Perkembangan teknologi yang melesat begitu cepat dan memasuki semua lini kehidupan, termasuk dunia bisnis. Perkembangan ini merubah tatanan dan tentunya butuh inovasi dalam berbisnis. Namun tidak sedikit orang yang paham akan keadaan ini, beberapa diantaranya memilih untuk tetap bertahan dengan cara konvensional, ada juga yang langsung terjun ke bisnis digital tanpa panduan.

Buku Bisnis Digital ini hadir untuk menjadi bahan bacaan dan panduan menggeluti dunia usaha bisnis digital. Dalam buku ini dimuat beberapa hal mendasar mengenai bisnis digital, mulai dari aplikasi yang mudah, cara memuat konten yang menarik sampai bagaimana cara memasarkan produk secara digital.

Sangat cocok dibaca dan dimiliki oleh semua kalangan, baik akademisi maupun praktisi.

Penulis

Qiny Shonia Az Zahra - Qiny Shonia Az Zahra. Penulis menyelesaikan studi S1 di prodi Manajemen, konsentrasi Manajemen Operasional, FE Universitas Siliwangi pada tahun 2015. Setelah bekerja selama setahun di sektor perbankan konvensional, penulis mulai tertarik mendalami Ekonomi Syariah. Pada 2016 melanjutkan studi S2 di pasca sarjana Ekonomi Islam UIN SGD Bandung dan lulus pada 2018 silam. Selain aktif sebagai Dosen di Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Siliwangi sejak 2019-sekarang, passion-nya dalam menulis mengantarkan esainya menjadi penutup Narasi Praktik Baik Penggiat Literasi Nusantara Kemendikbud, yakni dalam buku Realitas Virtual Era Revolusi Industri 4.0 (2018), Dakwah Literasi Digital (2018), Literasi Dalam Saku (2018), dan Keliyanan Literasi (2018). Karya lain yang telah terbit: Manajemen Bisnis Kontemporer: Konsep Syariah (Media Sains, 2022), Pengantar Ekonomi Islam (Penamuda Media, 2023), Pemasaran Syariah: Teori dan Aplikasi dalam Ekonomi Islam (Media Sains, 2023), Manajemen Bisnis Halal (Penamuda Media, 2023). Email penulis: qiny@unsil.ac.id qinyshonia@gmail.com
Solehatin Ika Putri, S.E., M.M. - Solehatin Ika Putri, S.E., M.M. merupakan seorang Dosen Tetap Program Studi Manajemen Pemasaran (D3), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Penulis lulus jenjang S1 dengan gelar Sarjana Ekonomi di Jurusan Manajemen Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, pada tahun 2013. Setelah lulus, kemudian bekerja pada salahsatu perusahaan swasta di Banten yang bergerak dalam bidang manufaktur dan pada tahun 2015 penulis melanjutkan studi S2 di Program Studi Manajemen Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung – Jawa Barat dan lulus pada tahun 2017 dengan gelar Magister Manajemen. Book chapter yang telah ditulis diantaranya berjudul Manajemen Pemasaran, Pemasaran Terpadu, Pengantar Manajemen, Organisasi dan Etika Binsis.
Mona Tiorina Manurung, S.E., M.M. - Mona Tiorina Manurung, S.E., M.M.

Penulis yang akrab disapa Mona ini lahir di Semarang, 31 Agustus 1990. Penulis telah menyelesaikan pendidikan S1 Manajemen (konsentrasi SDM) di Universitas Diponegoro pada tahun 2012 kemudian melanjutkan studi S2 Magister Manajemen (konsentrasi Strategik) di Universitas Diponegoro. Saat ini penulis berprofesi sebagai akademisi di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di kota Semarang. Penulis memiliki ketertarikan mendalam di bidang UMKM dan bisnis digital. Penulis berharap melalui tulisan di buku ini bisa memberi ilmu dan manfaat bagi para pembaca individu maupun wirausaha pemula yang ingin meningkatkan literasi digital di bidang keuangan.
Gilang Kharisma Putra - Gilang Kharisma Putra, lahir di Kabupaten Blora 16 Maret 1994, menamatkan program Sarjana Manajemen pada 2018 dari Universitas Semarang, serta program Magister Manajemen pada 2020 dari almamater yang sama yaitu Universitas Semarang. Saat ini aktif sebagai dosen program studi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Selamat Sri dengan mengampu mata kuliah seperti: metodologi penelitian, seminar manajemen, statistika 1, statistika 2, kewirausahaan, manajemen operasional 1, manajemen operasional 2 dll. Selain mengajar, juga merupakan kepala Gugus Penjaminan Mutu Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Selamat Sri. Pada Semester Genap tahun tahun ajar 2022-2023 terpilih menjadi salah satu Dosen Pendamping Lapangan Kampus Mengajar batch 5, program nasional bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka dibawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Daniel Cassa Augustinus - Daniel Cassa Augustinus adalah seorang pendidik yang berkecimpung di dunia pemasaran pariwisata. Dalam berbagai pengajaran dan penelitian, dia menggeluti bidang perilaku konsumen dan pemasaran yang secara spesifik mengambil pariwisata sebagai objek ketertarikan. Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Daniel mengabdikan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki untuk kemajuan pariwisata Indonesia dan secara spesifik Provinsi Sumatera Utara.
Ardiaz Ajie Aryandika - Penulis adalah Dosen di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Penulis juga merupakan praktisi dibidang Startup Teknologi, Teknologi Pendidikan dan Bisnis.

Topik Pengajaran & Keahlian : Bisnis, Model Bisnis, Digital Marketing, Social Media Ads, Marketing Management, E-Commerce & Information System Management.
Widiastuti - Widiastuti. Penulis merupakan dosen di Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Darma Persada, menyelesaikan studi S1 di IKIP Negeri Jakarta tahun 1988, dan menyelesaikan Magister Manajemen di Universitas Krinadwipayana Jakarta (2004).
Wiratha, MM. - Wiratha, MM. Penulis adalah dosen Program Studi Manajemen Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Imam Bonjol Padang sejak tahun 2016. Lulusan S2 Magister Manajemen Universitas Andalas Padang.
Selain aktif melaksanakan pengajaran dan pendidikan, penulis juga aktif dalam penelitian-penelitian, serta pengabdian masyarakat. Juga aktif di organisasi kedaerahan. Dan untuk buku Financial Technology ini adalah salah satu mata kuliah yang penulis ampu.
Naufal Afif, S.A., M.Sc. - Naufal Afif, S.A., M.Sc., lahir di Lumajang (Jawa Timur). Saat ini adalah staf pengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) dan sekaligus Kepala Laboratorium Pusat Data dan Pasar Modal FEB UNIMMA. Selain menjadi tenaga pengajar di FEB UNIMMA, juga sebagai tutor online di Universitas Terbuka dan juga asisten penelitian di FEB Universitas Gadjah Mada. Menyelesaikan Sarjana Akuntansi (S.A.) dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya tahun 2017, dan lulus dari prodi Magister Sains Akuntansi (M.Sc) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta di tahun 2020.
Ifta Firdausa Nuzula - Ifta Firdausa Nuzula. Penulis merupakan seorang lulusan S2 di bidang Pemasaran Bisnis dari Universitas Sebelas Maret (UNS). Penulis juga memiliki pengalaman kerja sebagai asisten peneliti, serta asisten pengajaran di Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Penulis juga memiliki pengalaman sebagai Co-Trainer Softskill di universitas yang sama. Selama pendidikannya, Ifta telah menerima beberapa penghargaan yang mencakup beasiswa riset dari Badan Riset Inovasi dan Nasional (BRIN) dan mahasiswa berprestasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD). Saat ini penulis merupakan dosen Manajemen di Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

Email: Iftafirdausan@gmail.com
Dr. Alfonsius, S.E., M.Si., CSMA. - Dr. Alfonsius, S.E., M.Si., CSMA. memperoleh gelar Sarjana Ekonomi jurusan Manajemen dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Graha Kirana tahun 2008. Kemudian melanjutkan Program Magister pada Program Studi Ilmu Manajemen di Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara dan berhasil menyelesaikan studi di tahun 2011. Beliau berhasil mendapat beasiswa S3 pada Program Doktor Perencanaan Wilayah di Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara dan berhasil menuntaskan studi di tahun 2017. Pernah mendapatkan Hibah Penelitian Disertasi Doktor dari Dikti di tahun 2017 dan beberapa hasil penelitiannya sudah dipublikasikan pada jurnal nasional maupun internasional. Saat ini beliau adalah Ketua Program Studi Manajemen dan juga Dosen Tetap pada Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pelita Harapan, Kampus Medan. Sebelumnya, pernah sebagai Wakil Ketua I dan Dosen Tetap di STIE Professional Manajemen College Indonesia. Beliau juga pernah sebagai Dosen pada Program Pasca Sarjana Universitas HKBP Nommensen Medan. Penulis juga mengampu mata kuliah Dasar-dasar Pamasaran, Dasar-dasar Manajemen, dan Perilaku Konsumen.
Lintang Anis Bena Kinanti, S.M.B., M.M. - Lintang Anis Bena Kinanti, S.M.B., M.M.,Penulis lahir di Kabupaten Jember, 17 Juli 1990. Saat ini penulis merupakan dosen dengan home base di Program Studi Manajemen Agroindustri, Jurusan Manajemen Agribisnis, Politeknik Negeri Jember. Alumnus S-1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika di Institut Manajemen Telkom (sekarang Telkom University) dan S-2 Manajemen Universitas Jember ini berkecimpung dalam bidang pendidikan dan pengajaran dengan konsentrasi manajemen, serta ketertarikan di bidang manajemen pemasaran, strategi pemasaran, literasi digital dan bisnis digital. Korespondensi bisa melalui e-mail lintang.anis@gmail.com.
Budi Purnomo Saputro, S.Kom.,M.M. - Budi Purnomo Saputro, S.Kom.,M.M. Saya menyelesaikan pendidikan S1 di BINUS University dengan jurusan Sistem Informasi. Kemudian, Saya menyelesaikan pendidikan S2 di Universitas Mercubuana dengan jurusan Magister Manajemen. Saat ini, Saya adalah seorang dosen di UPN "VETERAN" Yogyakarta. Saya tergabung dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan jurusan Manajemen.Digital Marketing 193 Saya memiliki ketertarikan khusus dalam bidang manajemen, terutama dalam manajemen Operasi, manajemen pemasaran, Sistem Informasi, literasi digital, dan bisnis digital.

Saya dapat dihubungi melalui email di budi.purnomosaputro@upnyk.ac.id.

Dengan latar belakang pendidikan, karier, dan minat Saya, Saya telah berkontribusi dalam bidang pendidikan dan pengajaran dengan fokus pada manajemen.

Daftar Isi

Digital Marketing
Balik Halaman Judul
Kolovon
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1 Pengantar Pemasaran Digital
     A. Definisi Pemasaran Digital
     B. Pentingnya Pemasaran Digital: Peluang dan Ancaman
     C. Jenis-Jenis Pemasaran Digital
Bab 2 Pemasaran Digital vs Pemasaran Konvensional
     A. Pemasaran Digital
     B. Kelebihan dan Kekurangan Pemasaran Digital
     C. Manfaat Digital Marketing
     D. Pemasaran Konvensional
     E. Kelebihan dan Kekurangan Pemasaran konvensional
Bab 3 Kekuatan Desain dan Strategi Desain Grafis
     A. Konsep Desain dan Desain Grafis
     B. Konsep Desain Grafis
     C. Konsep Desain Video
     D. Desain Grafis dalam Pemasaran Digital
     E. Jenis Desain Grafis dalam Pemasaran Digital
Bab 4 Aplikasi-Aplikasi Pemasaran Digital
     A. Jenis Pemasaran Digital
     B. Tools Pemasaran Digital
Bab 5 Strategi E-Commerce
Bab 6 Pemasaran Digital Melalui Sosial Media
Bab 7 Website Marketing
     A. Pengenalan Tentang Website Marketing
     B. Membangun Pondasi Website Marketing
     C. Strategi Pemasaran Melalui Website
     D. Mengukur dan Menganalisis Kinerja Website Marketing
Bab 8 Whatsapp Marketing (Bisnis)
     A. Whatsapp
     B. Apa itu WhatsApp Marketing?
     C. Manfaat Pemasaran WharsApp untuk Bisnis
     D. Peran WhatsApp dalam Pengembangan Bisnis
     E. Strategi Pemasaran WhatsApp
     F. Strategi Menggunakan WhatsApp Marketing untuk Menghasilkan Keuntungan
     G. Beberapa Hal yang Harus Dihadiri Saat Menggunakan WhatsApp untuk Pemasaran
Bab 9 Email Marketing
     A. Pengertian Email Marketing
     B. Keuntungan Email Marketing
     C. Kelemahan Email Marketing
     D. Jenis-Jenis Email Pemasaran
     E. Upaya Meningkatkan Kinerja Email Marketing
Bab 10 Strategi Membangun Content
     A. Peran Strategi Content dalam Pemasaran Digital
     B. Pemasaran Digital dan Content Marketing
     C. Memahami Target Audience
     D. Jenis-Jenis Konten dalam Pemasaran Digital
     E. Strategi Produksi dan Distribusi Konten
     F. Mengukur dan Menganalisis Kinerja Konten
     G. Etika Konten dan Tanggung Jawab Sosial
Bab 11 Strategi Affiliate Marketing
     A. Pengertian Affiliate Marketing
     B. Cara Kerja Affiliate Marketing
     C. Jenis-Jenis Affiliate marketing
     D. Sistem Pembayaran Affiliate Marketing
     E. Kelebihan dan Kekurangan Affiliate Marketing
Bab 12 Anggaran Pemasaran Digital
     A. Anggaran Berdasarkan Saluran Pemasaran Digital
     B. Berapa Banyak Anggaran untuk Pemasaran Digital
     C. Prosedur Pelanggaran Pemasaran Digital
     D. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Biaya Pemasaran Digital
     E. Strategi untuk Mendapatkan ROI Terbaik Dari Anggaran Pemasaran Digital Anda
Bab 13 Kekuatan dan Kelemahan Pemasaran Digital
     A. Kekuatan Pemasaran Digital
     B. Kelemahan Pemasaran Digital
Bab 14 Potensi Pemasaran Digital Bagi Bisnis
     A. Jangkauan yang Lebih Luas
     B. Targeting yang Tepat
     C. Interaksi Langsung Dengan Pelanggan
     D. Pengukuran yang Lebih Akurat
     E. Biaya yang Lebih Efisien
Daftar Pustaka
Tentang Penulis
Cover Belakang