Tampilkan di aplikasi

Buku Penamuda Media hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Biologi Dasar

1 Pembaca
Rp 55.000 15%
Rp 46.770

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 140.310 13%
Rp 40.534 /orang
Rp 121.602

5 Pembaca
Rp 233.850 20%
Rp 37.416 /orang
Rp 187.080

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Biologi dasar adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari prinsip-prinsip dasar kehidupan, struktur, fungsi, dan interaksi organisme hidup. Ini meliputi studi tentang sel sebagai unit dasar kehidupan, evolusi, genetika, pertumbuhan dan perkembangan, struktur organisme, ekologi, dan diversitas kehidupan di Bumi. Biologi dasar juga melibatkan pemahaman tentang bagaimana organisme beradaptasi dengan lingkungan mereka, berinteraksi dengan organisme lain, dan menjalankan fungsi-fungsi kehidupan seperti metabolisme, reproduksi, dan respon terhadap rangsangan.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Syifa Saputra / Inawati / Retno Aryani / Ni Putu Yuni Astriani Dewi / Hetty Manurung / Rudy Agung Nugroho / Nur Huda Amrulloh / Faridah Tsuraya / Indah Tri Lestari / Duta Setiawan
Editor: Susi Indriani

Penerbit: Penamuda Media
ISBN: 9786238888498
Terbit: Januari 2024 , 212 Halaman

BUKU SERUPA













Ikhtisar

Biologi dasar adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari prinsip-prinsip dasar kehidupan, struktur, fungsi, dan interaksi organisme hidup. Ini meliputi studi tentang sel sebagai unit dasar kehidupan, evolusi, genetika, pertumbuhan dan perkembangan, struktur organisme, ekologi, dan diversitas kehidupan di Bumi. Biologi dasar juga melibatkan pemahaman tentang bagaimana organisme beradaptasi dengan lingkungan mereka, berinteraksi dengan organisme lain, dan menjalankan fungsi-fungsi kehidupan seperti metabolisme, reproduksi, dan respon terhadap rangsangan.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Biologi dasar adalah cabang ilmu biologi yang memberikan pemahaman dasar tentang kehidupan di Bumi. Dalam pembelajaran biologi dasar, kita akan menjelajahi berbagai konsep dan prinsip yang mendasari kehidupan, mulai dari struktur dan fungsi sel, hingga interaksi organisme dalam ekosistem.

Dalam mempelajari biologi dasar, kita akan memahami bagaimana organisme hidup berevolusi, bagaimana warisan genetik mempengaruhi sifat dan karakteristik organisme, serta bagaimana organisme berkembang dari tahap awal hingga dewasa.

Selain itu, biologi dasar juga melibatkan pemahaman tentang hubungan organisme dengan lingkungannya. Kita akan mempelajari ekologi dan interaksi antara organisme dengan komponen biotik dan abiotik dalam ekosistem.

Dengan pemahaman biologi dasar, kita dapat memahami mekanisme dasar kehidupan, seperti metabolisme, reproduksi, pertumbuhan, serta respon organisme terhadap rangsangan dan perubahan lingkungan.

Melalui buku ini, kami bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif dan jelas tentang biologi dasar. Kami akan menjelaskan konsep-konsep penting, memperkenalkan istilah-istilah yang relevan, dan memberikan contoh-contoh yang membantu memperkuat pemahaman.

Semoga buku ini menjadi sumber pengetahuan yang bermanfaat bagi para pembaca, baik itu mahasiswa, pengajar, atau siapa pun yang tertarik untuk memahami dasar-dasar kehidupan dan keajaiban alam yang mengelilingi kita.

Penulis

Syifa Saputra - Penulis lahir di Cot Baroh, Aceh, dan menyelesaikan gelar S1 di FKIP Universitas AlMuslim, dengan jurusan Pendidikan Biologi, serta melanjutkan studi S2 di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, pada program Magister Pendidikan Biologi. Pada tahun 2018, penulis melanjutkan pendidikan doktoral di Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Brawijaya, Kota Malang. Aktivitas saat ini sebagai dosen di Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian Universitas Almuslim, Aceh, penulis berfokus pada penelitian dalam bidang Biologi Konservasi dan Pemodelan Ekologi. Menulis buku merupakan kegemaran yang tak terpisahkan dari profesi penulis, dengan beberapa karya kolaboratif yang telah diterbitkan, antara lain: "Pengelolaan Wilayah Pesisir yang Terpadu untuk Ketahanan Nasional" (2020), "Keanekaragaman Hayati Dan Autentitas Kawasan" (2020), "Menjadi Pendidik Profesional Di Era Revolusi Industri 4.0" (2021), "Pendidikan Literasi: Memenuhi Kecakapan Abad 21" (2022), dan "Ilmu Lingkungan" (2023). Selain itu, penulis juga giat dalam pengembangan pribadi dengan mengikuti berbagai pelatihan skala nasional, seperti Pelatihan AMDAL, RPPLH, Sistem Dinamik, Pemodelan Kualitas Sungai, KLHS, dan Pelatihan196 Herpetofauna (amfibi dan reptil). Penulis dapat dihubungi melalui email: syifa.mpbiounsyiah@gmail.com.
Inawati - Ia adalah anak ketiga dari tiga bersaudara. Ia alumnus Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto jurusan Biologi, dan sekarang bekerja sebagai Guru Biologi di MAN 2 Wonosobo.
Retno Aryani - Lulus S1 dari Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tahun 1997, lulus S2 dari Program Pascasarjana Biologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tahun 2002. Pada tahun 2017, telah menamatkan studi S3 nya dari Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Saat ini adalah dosen tetap di Program Studi Magister Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman Samarinda, Kalimantan Timur. Mengampu mata kuliah antara lain anatomi dan histologi hewan, fisiologi hewan, fisiologi reproduksi hewan, mikroteknik, histopatologi, biokimia lanjut, endokrinologi, enzimologi dan imunologi.

Beberapa publikasi nasional dan international bereputasi telah diterbitkan. Beberapa buku pernah diterbitkan oleh Penulis diantaranya adalah Myrmecodia: Efek Fisiologi dan Potensi Manfaat, Maggot dan Lalat Tentara Hitam serta Prinsip Dasar Fisiologi Hewan.197 Kontak: retno_ar@yahoo.co.id retnoaryani@fmipa.unmul.ac.id
Ni Putu Yuni Astriani Dewi - Penulis merupakan dosen tetap di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor. Penulis sudah menyelesaikan pendidikan S1 pada Jurusan Biologi dan melanjutkan S2 pada Jurusan Biologi di Universitas Udayana.

Penulis menekuni bidang Biodiversitas Tumbuhan.

Pernah memperoleh hibah penelitian dan pengabdian masyarakat secara intern di Universitas Timor dan aktif menulis artikel ilmiah di beberapa jurnal nasional. Penulis juga sudah menerbitkan buku saku sebagai bahan perkuliahan di Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Timor yang berjudul ‚Buku Saku Mengenal Anggrek di Hutan Desa Saenam, Nusa Tenggara Timur‛. Selain itu penulis sudah menerbitkan buku chapter di tahun 2023 yang berjudul ‚Struktur Perkembangan Tumbuhan‛.
Hetty Manurung - Penulis merupakan lulusan S1 Program Studi Biologi FMIPA Universitas Sumatera Utara (USU) Medan tahun 1996, lulusan S2 Program Studi Biologi Bidang Botani dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Bogor tahun 2002, dan lulusan S3 Ilmu Kehutanan (Bidang Fisiologi Tumbuhan Budidaya, Metabolit Sekunder Tumbuhan Obat) dari Universitas Mulawarman tahun 2018.

Penulis merupakan dosen tetap pada Jurusan Biologi FMIPA198 Universitas Mulawarman sejak tahun 2000 hingga sekarang. Pada tahun 2012 hingga 2014 sebagai Sekretaris Jurusan Program Stusi Biologi, pada tahun 2018 hingga sekarang sebagai Kepala Laboratorium Fisiologi dan Perkembangan Tumbuhan, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Muawarman.

Penulis mengampu mata kuliah Fisiologi Tumbuhan, Ekofisiologi Tumbuhan, Fitokimia, Nutrisi Tanaman, Fisiologi Biji, Bioremediasi, Biologi Sel, dan Genetika. Aktif melakukan penelitian terutama dalam bidang fisiologi pertumbuhan, kajian metabolit sekunder pada tumbuhan obat serta potensi pengembangan, bioaktivitas dan pemanfaatan sebagai bahan alam obat-obatan. Aktif mengikuti seminar Nasional dan Internasional dan telah menerbitkan beberapa Buku, dan beberapa Artikel pada Jurnal Nasional dan Jurnal Internasional.

Korespondensi: hetty_manroe@ymail.com hetty_manroe@fmipa.unmul.ac.id
Rudy Agung Nugroho - Lulus S1 dari Fakultas Biologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta tahun 1997, S2 program Pascasarjana Biologi UGM Yogyakarta tahun 2001. Pada tahun 2014, menyelesaikan studi S3 Fakultas Science and Engineering di Curtin University, Perth Western Australia. Saat ini adalah dosen tetap di PS Biologi FMIPA, Universitas Mulawarman Samarinda.

Mengampu mata kuliah Fisiologi hewan dan Struktur Perkembangan Hewan. Beberapa publikasi nasional dan international telah diterbitkan dan pernah mengikuti seminar199 dalam dan luar negeri di beberapa negara (Melbourne-Australia; Prague-Czeque Republic, Thailand) sebagai pembicara utama.

Pernah mendapatkan kesempatan short course dalam bidang biokimia dan biologi molekuler di India dan Jepang. Tercatat sebagai Fulbrighter tahun 2021 dan melakukan visiting research di University of Arkansas, USA, serta visiting research di Badan Riset dan Inovasi di tahun 2022-2023.
Nur Huda Amrulloh - Menyelesaikan pendidikan dasar di SD Muhammadiyah Saren pada tahun 2011, dan melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Moyudan lulus tahun 2014 dan SMA Negeri 1 Sedayu lulus pada tahun 2016. Kemudian melanjutkan studi S1 di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa dengan jurusan Pendidikan IPA dan lulus pada tahun 2020. Sekarang, tengah mengajar di SMA IT Bina Umat Yogyakarta mengampu mata pelajaran Biologi. Pengalaman mengajar sebelumnya yaitu menjadi guru di SD Eka Tjipta Semandau Kalimantan Tengah mulai tahun 2020.
Faridah Tsuraya - dosen di program studi Biologi, Universitas Palangka Raya. Faridah menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 di jurusan Biologi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. Selama S1, Faridah pernah200 melakukan penelitian PKL di Pusat Penelitian Bioteknologi, Badan Riset Inovasi Nasional dengan topik ‚Serangkaian Teknik Penelitian Mikroalga dan Isolasi Lipid Mikroalga Mutan‛. Faridah melakukan riset tugas akhir dengan topik ‚Analisis Profil Protein Mikroalga Nannochloropsis sp dan Botryococcus sp. Hasil Radiasi Sinar Gamma‛. Kemudian, Faridah melanjutkan S2 dalam bidang Mikrobiologi dan Bioteknologi dengan topik riset ‚Aplikasi Konsorsium Rhizobacteria Pada Tanaman Jagung Manis (Zea Mays Saccharata Sturt) dan Viabilitasnya Pada Medium Pembawa Molase, Untuk Aplikasi Biofertilizer‛. Faridah juga sempat melakukan Exchange Student di Chulalongkorn University, Thailand, untuk mempelajari biologi molekuler dengan special problem ‚Genetic diversity of Plasmodium falciparum based on pfs25 gene‛.
Indah Tri Lestari - Ia menamatkan jenjang sarjana di Universitas jenderal soedirman untuk jurusan Kimia, dengan bidang minat biokimia. Selama menempuh bidang sarjana ia aktif diberbagai komunitas dan UKM yang bergerak dibidang kepenuliasan dan human development seperti saat di ROHIS dibidang kaderisasi dan ilmiah pustaka, BEM bidang sumber daya manusia, BASIC dibidang human research dan pers media department, HIMAKIM dibidang chem news. Ia juga melanjutkan Studi S2 di universitas Airlangga jurusan kimia dangan bidang minat biokimia. Setelah lulus Ia menjadi dosen di prodi Farmasi di Universitas Darussalam201 Gontor. Ia memiliki hobi membaca dan menulis. Hingga saat ini beberapa buku fiksi telah ia terbitkan. Ia juga memiliki cita-cita untuk membangun rumah baca ditempat ia tinggal. Jika ingin mengenal Ia lebih lanjut dapat dihubungi melalui email di indahtrilestari94@gmail.com.

Daftar Isi

Cover Depan
Halaman Balik Judul
Kolovon
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1 Manusia dan Ilmu Pengetahuan Alam
     A. Sejarah dan Perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam
     B. Peran Manusia dalam Penemuan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan Alam
     C. Pemanfaat Sumber Daya Alam dan Dampaknya Bagi Manusia
     D. Peran Ilmu Pengetahuan Alam dalam Meningkatkan Kesejahteraan Manusia
     E. Konflik Antara Kemajuan Ilmu Pengetahuan Alam dan Konservasi Alam
     F. Mendorong Kesadaran Akan Tanggung Jawab Manusia Terhadap Alam
Bab 2 Konsep Dasar Sel
     A. Teori Sel
     B. Struktur dan Fungsi Bagian-Bagian Sel
Bab 3 Struktur dan Fungsi Organel Dalam Sel
     A. Membran Plasma
     B. Nukleus (Inti)
     C. RIbosom
     D. Retikulum Endoplasma (RE)
     E. Aparatus Golgi
     F. Lisosom
     G. Vakuola
     H. Mitokondria
     I. Kloroplas
     J. Peroksisom
     K. Sitoskeleton
Bab 4 Komponen Penyususnan Sel Tumbuhan
     A. Protoplasma
     B. Vakuola
     C. Zat Ergastik
     D. Amilum
     E. Aleuron
Bab 5 Fotosintesis
     A. Kloroplas
     B. Reaksi Terang Fotosintesis
     C. Aliran/Transfer Elektron Non-Siklik
     D. Aliran/Transfer Elektron Siklik
     E. Siklus Calvin
     F. Fase Fiksasi Karbon (Karboksilasi)
     G. Tahap Reduksi
     H. Tahap Regenerasi
Bab 6 Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan
     A. Jaringan Epitelium
     B. Jaringan Ikat
     C. Jaringan Otot
     D. Jaringan Saraf
Bab 7 Ekosistem dan Keanekaragaman Makhluk Hidup
     A. Konsep Ekosistem
     B. Struktur dan Fungsi Ekosistem
     C. Produsen, Konsumen dan Dekomposer
     D. Fungsi dan Manfaat Ekosistem
     E. Keanekaragaman Makhluk Hidup
Bab 8 Metabolisme Tubuh
     A. Gambaran Umum Metabolisme
     B. Aktivitas Enzim
     C. Metabolisme (Katabolisme dan Anabolisme)
Bab 9 Konsep Dasar Bioteknologi
     A. Pengertian Bioteknologi
     B. Sejarah Bioteknologi
     C. Bioteknologi Mikroba
     D. Bioteknologi Tanaman
     E. Bioteknologi Hewan
Bab 10 Mutasi
     A. Sejarah Mutasi Genetika
     B. Pengertian Mutasi
     C. Kecepatan Mutasi
     D. Klasifikasi Mutasi
     E. Mutasi Titik
     F. Mutasi Kromosom
     G. Penyebab Mutasi
     H. Dampak Negatif Mutasi
Bab 11 Konsep Dasar Genetika
     A. Pengertian Genetika
     B. Kromosom
     C. Karyotip
     D. Penentuan Jenis Kelamin
     E. Latihan Peluang Jenis Kelamin
Daftar Pustaka
Tentang Penulis
Cover Belakang