Tampilkan di aplikasi

Buku Publica Indonesia Utama hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Teknik Kimia untuk Masyarakat

1 Pembaca
Rp 69.200

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 207.600 13%
Rp 59.973 /orang
Rp 179.920

5 Pembaca
Rp 346.000 20%
Rp 55.360 /orang
Rp 276.800

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini mendokumentasikan beberapa kegiatan penerapan ilmu pengetahuan khususnya bidang Teknik Kimia kepada masyarakat yang dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan. Buku yang berjudul Teknik Kimia untuk Masyarakat memaparkan solusi dari sudut pandang Teknik Kimia dalam menjawab berbagai permasalahan yang ada di masyarakat, mulai dari pemanfaatan sumber daya alam Indonesia hingga pengolahan limbah.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Firda Mahira Alfiata Chusna / Rachma Tia Evitasari / Erna Astuti / Feriz Ilham Akbar / Dimas Amani Praviant Zuhair / Gita Indah Budiarti, / Endah Sulistiawati / Dhias Cahya Hakika / Siti Salamah / Shinta Amelia / Yunda Maymanah Rahmadewi

Penerbit: Publica Indonesia Utama
ISBN: 978623823271
Terbit: September 2023 , 74 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Buku ini mendokumentasikan beberapa kegiatan penerapan ilmu pengetahuan khususnya bidang Teknik Kimia kepada masyarakat yang dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan. Buku yang berjudul Teknik Kimia untuk Masyarakat memaparkan solusi dari sudut pandang Teknik Kimia dalam menjawab berbagai permasalahan yang ada di masyarakat, mulai dari pemanfaatan sumber daya alam Indonesia hingga pengolahan limbah.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Teknik Kimia merupakan bidang ilmu yang kajiannya cukup luas. Mulai dari pengolahan bahan mentah menjadi produk, perancangan alat proses, hingga pengolahan limbah. Oleh karenanya, manfaat yang dapat diberikan dari ilmu Teknik Kimia juga sangatlah luas. Buku ini merangkum kegiatan yang dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan dalam menerapkan ilmu Teknik Kimia yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Dengan membaca buku ini diharapkan pembaca dapat terinspirasi dan mempunyai gambaran mengenai penerapan ilmu Teknik Kimia.

Penulis

Firda Mahira Alfiata Chusna - Penulis berprofesi sebagai Dosen Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Fakus bidang ilmu penulis adalah pengolahan limbah organik dan waste to energy.
Rachma Tia Evitasari - Seorang Penulis dan Dosen Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis menamatkan pendidikan program Sarjana (S1) di Universitas Sebelas Maret Surakarta dan menyelesaikan program Pasca Sarjana (S2) di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada Program Studi Teknik Kimia. Penulis fokus melakukan penelitian pada bidang pengolahan sumber daya alam, proses separasi hijau, dan pengolahan zat warna alami.
Erna Astuti - Penulis adalah dosen di Program Studi Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan di Yogyakarta yang memiliki minat di bidang energi terbarukan, kinetika reaksi kimia dan pengolahan sumber daya alam. Penulis aktif menyampaikan karya ilmiah di seminar nasional dan seminar internasional, serta menerbitkan berbagai artikel di jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional bereputasi dan book chapter.
Feriz Ilham Akbar - Penulis merupakan alumni mahasiswa di Program Studi Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan angkatan 2017 yang memiliki minat di bidang teknologi bahan makanan, teknologi bioproses, dan teknologi migas. Saat ini bekerja sebagai Quality Control di PT.Haida Agriculture Indonesia, anak perusahan dari Guangdong HAID Group Co., Ltd. yang merupakan perusahaan multinasional di bidang peternakan memproduksi aquatic feed dan poultry feed. Selama perkuliahan, penulis aktif mengikuti kegiatan kampus seperti pertukaran pelajar, perlombaan di skala regional dan nasional, serta tergabung dalam beberapa organisasi intra kampus.
Dimas Amani Praviant Zuhair - Penulis merupakan lulusan Program Studi Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan di Yogyakarta tahun 2021 yang memiliki minat dan pengalaman khususnya pada industri Oleokimia. Semasa berkuliah, penulis sempat mengikuti program pertukaran pelajar di Malaysia dan kerap mengikuti seminar dengan beragam topik bahasan guna memperluas wawasan dan sudut pandang.
Gita Indah Budiarti, - Dosen teknik kimia Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta yang memiliki spesifikasi kajian mengenai pengolahan dan rekayasa pangan dan herbal. Saat ini juga tergabung dalam organisasi Profesi Insinyur Indonesia (PII). Karya ilmiah yang dihasilkan berupa artikel di jurnal internasional maupun nasional terakreditasi serta buku ajar.
Endah Sulistiawati - Dosen Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan, dengan spesialisasi ilmu Teknik Kimia dalam Rekayasa dan Pengembangan Proses Pangan Farmasetikal. Karya ilmiah yang telah dihasilkan berupa artikelartikel ilmiah yang tersebar dalam berbagai Jurnal Nasional Terakreditasi, Jurnal/Prosiding Internasional, serta buku ilmiah.
Dhias Cahya Hakika - Lahir pada 22 Maret 1991, penulis menempuh studi S1 di Universitas Diponegoro, S2 di Universiry of Nottingham, dan S3 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dengan bidang ilmu Teknik Kimia. Saat ini, penulis merupakan Dosen Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dengan bidang minat dan keahlian tentang teknologi rekayasa pengolahan limbah cair dan pengembangan material polimer.
Siti Salamah - Dosen Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dan seorang penulis. Lahir di Gresik, 25 Nopember 1966. Penulis menamatkan pendidikan program Sarjana (S1) di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Jurusan Kimia dan menyelesaikan program Pasca Sarjana (S2) di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada Program Studi ilmu Kimia. Penulis fokus melakukan penelitian pada bidang pengolahan sumber daya alam menjadi nanomaterial, untuk katalis dan sebagai adsorben limbah.
Shinta Amelia - Seorang Penulis dan Dosen Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Lahir di Tangerang, 26 Juni 1989. Penulis menamatkan pendidikan program Sarjana (S1) di Universitas Diponegoro dan menyelesaikan program Pasca Sarjana (S2) di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada Program Studi Teknik Kimia. Penulis fokus melakukan penelitian pada bidang pengolahan limbah dan teknologi pembuatan katalis.
Yunda Maymanah Rahmadewi - Penulis merupakan seorang Dosen Program Studi D4 Bisnis Jasa Makanan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis yang lahir pada 27 Juni 1989 menamatkan studi S1 dan S2 pada Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Fokus dan bidang keahlian penulis adalah teknologi pangan, pangan fungsional, pengembangan produk pastry dan bakery, serta culinarypreneur.

Daftar Isi

Sampul
Kata pengantar
Daftar isi
Pengolahan Limbah Makanan dengan Proses Anaerobik
     A. Permasalahan Limbah Makanan di Indonesia
     B. Pengolahan Limbah Organik Menjadi Biogas
     C. Tahapan Proses Peruraian Anaerobik
     D. Tantangan Proses Pengolahan Limbah Makanan Menjadi
     E. Daftar Pustaka
Aplikasi Pewarna Alami pada Pewarnaan Kain Tekstil
     A. Kelebihan Pewarna Alami
     B. Klasifikasi Pewarna Alami untuk Tekstil
     C. Proses Pewarnaan Kain dengan Pewarna Alami
     E. Aplikasi Pewarna Alami sebagai Pewarna Batik pada
     F. Daftar Pustaka
Teknologi Pengolahan Salak di Desa Wonokerto Turi  Sleman D.I. Yogyakarta dengan Vacuum Frying
     A. Latar Belakang
     B. Tujuan
     C. Macam-macam Produk Olahan Salak
     D. Proses Penggorengan
     E. Penggorengan Vakum (Vacuum Frying)
     F. Daftar Pustaka
Pemanfaatan Teknologi Herbal (Jahe Herbal) bagi PCA  Aisyiyah Depok, Sleman, Yogyakarta
     Daftar Pustaka
Pelatihan Pembuatan Tepung Ampas Kelapa di Desa  Murtigading Kapanewon Sanden Kabupaten Bantul  Daerah Istimewa Yogyakarta
     A. Latar belakang
     B. Tujuan
     C. Pelaksanaan (teknologi/kegiatan)
     D. Ulasan dan foto
     E. Ucapan Terima kasih
Profil Penulis