Tampilkan di aplikasi

Buku Pustaka Rumah C1nta hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Pendewasaan Usia Perkawinan Anak

1 Pembaca
Rp 80.000 15%
Rp 68.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 204.000 13%
Rp 58.933 /orang
Rp 176.800

5 Pembaca
Rp 340.000 20%
Rp 54.400 /orang
Rp 272.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Tingginya angka perkawinan anak di Indonesia tergolong tinggi . Perlu adanya program pendewasaan usia perkawinan anak yang bertujuan untuk mewujudkan generasi yang sehat dan berkualitas yang membutuhkan upaya dan kerjasama dari berbagai pihak. Buku ini hadir sebagai upaya mendukung program pemerintah untuk menjawab permasalahan masih tingginya angka perkawinan anak di Indonesia. Hadirnya buku ini diharapkan mampu menjadi sumber informasi bagi remaja dalam upaya mendewasakan usia perkawinan. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi masyarakat umumnya khususnya bagi remaja dalam upaya pendewasaan usia perkawinan anak dan dapat terwujud generasi masa baru yang sehat dan berkualitas.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Niken Meilani / Nanik Setiyawati / Siti Rofi'ah / Tuti Sukini / Azizah Nurlitasari Tambulana / Aghniya Misty Mufidah

Penerbit: Pustaka Rumah C1nta
ISBN: 9786234321173
Terbit: April 2023 , 64 Halaman










Ikhtisar

Tingginya angka perkawinan anak di Indonesia tergolong tinggi . Perlu adanya program pendewasaan usia perkawinan anak yang bertujuan untuk mewujudkan generasi yang sehat dan berkualitas yang membutuhkan upaya dan kerjasama dari berbagai pihak. Buku ini hadir sebagai upaya mendukung program pemerintah untuk menjawab permasalahan masih tingginya angka perkawinan anak di Indonesia. Hadirnya buku ini diharapkan mampu menjadi sumber informasi bagi remaja dalam upaya mendewasakan usia perkawinan. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi masyarakat umumnya khususnya bagi remaja dalam upaya pendewasaan usia perkawinan anak dan dapat terwujud generasi masa baru yang sehat dan berkualitas.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Swt. yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga buku PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN ANAK ini selesai disusun.

Buku ini sebagai salah satu upaya mendukung program pemerintah dalam menjawab permasalahan terkait masih tingginya angka perkawinan anak di Indonesia.

Pendewasaan usia perkawinan anak bertujuan untuk mewujudkan generasi yang sehat dan berkualitas yang membutuhkan upaya dan kerjasama dari berbagai pihak.

Salah satunya adalah penyusunan buku ini sebagai salah satu sumber informasi untuk para remaja dalam upaya mendewasakan usia perkawinan.

Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi masyarakat umumnya khususnya bagi remaja dalam upaya pendewasaan usia perkawinan anak dan dapat terwujud generasi masa yang akan datang yang sehat dan berkualitas.

Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan buku ini terkhusus untuk Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta dan Poltekkes Kemenkes Semarang. Semoga buku ini dapat memberikan manfaat. Tentu penulis sadari bahwa buku ini tidak luput dari kekurangan, oleh karena itu saran dan masukan dari berbagai pihak sangat diharapkan untuk penyempurnaan buku ini.

Penulis

Niken Meilani - Niken Meilani. Penulis kelahiran Magelang, 30 Mei1982 ini merupakan seorang dosen Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta sejak 2006. Penulis menamatkan Pendidikan Magister Promosi Kesehatan konsentrasi Kesehatan Reproduksi dan HIV AIDS di Universitas Diponegoro, Semarang. Penulis juga merupakan pene rima beasiswa shortcourse Kesehatan Reproduksi dan HIV AIDS yang dilaksanakan di Royal Tropic Institute Amsterdam, Belanda. Saat ini penulis sedang menempuh pendidikan di Doctoral Program Extention Communication Development Study Program, Universitas Gadjah Mada,Yogyakarta.

Penulis telah melakukan berbagai penelitian, menulis, dan melakukan publikasi jurnal ilmiah terkait Promosi Kesehatan dan Kesehatan Reproduksi.
Nanik Setiyawati - Nanik Setiyawati. Penulis kelahiran Bukit Tinggi, 28 Oktober 1980 ini merupakan seorang bidan dan dosen Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Penulis memiliki latar belakang pendidikan Magister Promosi Kesehatan dengan konsentrasi Kesehatan Reproduksi dan HIV AIDS di Universitas Diponegoro, Semarang. Penulis juga telah melakukan berbagai studi dan penelitian yang berfokus pada Kesehatan Reproduksi.
Siti Rofi'ah - Siti Rofi'ah. Penulis kelahiran Magelang, 17 Oktober 1980 ini merupakan dosen Poltekkes Kemenkes Semarang Jurusan Kebidanan Magelang sejak 2002. Latar belakang pendidikan penulis adalah Magister Promosi Kesehatan dengan bidang konsetrasi Promosi Kesehatan di Universitas Diponegoro, Semarang. Penulis telah melakukan berbagai penelitian, menulis, dan melakukan publikasi jurnal ilmiah terkait Kesehatan Reproduksi Remaja dan Kehamilan.
Tuti Sukini - Lahir di Lampung Selatan, 09 Desember 1967, penulis yang bisa dihubungi melalui surat elektronik/email sukinituti@gmail.com merupakan dosen di Program Studi Kebidanan Magelang Poltekkes Kemenkes Semarang. Mengambil pendidikan dasar Magister Kesehatan Ibu dan Anak Universitas Gadjah Mada Yogyakarta konsentrasi Kesehatan Ibu - Anak dan Tuti Sukini, SSiT., M.Kes.
Kesehatan Reproduksi. Fokus penelitian dan kajian mengenai Kesehatan Reproduksi Remaja dan Perawatan Kehamilan. Buku ini penulis persembahkan untuk semua ibu yang sedang berbahagia mendapatkan amanah untuk melahirkan generasi penerus keluarga.

Kehamilan merupakan proses alami dan normal dalam kehidupan wanita pada masa reproduksi. Selama kehamilan, wanita hamil mengalami perubahan-perubahan fisik, psikologis, dan juga hormon pada tubuh.

Perubahan tersebut akan berdampak pada ketidaknyamanan selama kehamilan, tetapi hal ini akan bisa dilewati dengan baik bila ibu dapat memahami bahwa hal ini normal dialami oleh semua ibu hamil.

Selamat membaca.
Azizah Nurlitasari Tambulana - Azizah Nurlitasari Tambulana. Penulis kelahiran Sleman, 15 Januari 2001 ini merupakan bidan yang telah menamatkan pendidikan Diploma III Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta pada 2022. Penulis menjuarai National Health Vocational Students Competition (NHVSC)
untuk Diploma III Kebidanan pada 2021. Penulis memiliki pengalaman dalam kegiatan penelitian bidang Kesehatan Reproduksi Remaja.
Aghniya Misty Mufidah - Aghniya Misty Mufidah. Penulis kelahiran Klaten, 27 November 1999 ini merupakan bidan lulusan Pendidikan Profesi Bidan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta pada 2022. Penulis telah mengikuti beberapa kegiatan pengabdian masyarakat dan penelitian kesehatan bidang Kesehatan Reproduksi Remaja maupun Wanita Usia Subur (WUS). Penulis juga memiliki publikasi jurnal ilmiah berkaitan dengan Keluarga Berencana.

Daftar Isi

Sampul Depan
Halaman Sampul
Hak Cipta
Perpustakaan Nasional RI. Data Katalog dalam Terbitan (KDT)
Kata Pengantar
Daftar Isi
Chapter 1: Program Pendewasaan Usia Perkawinan
     Pendahuluan
     A. Regulasi Usia Perkawinan
     B. Pendewasaan Usia   Perkawinan (PUP)
          1. Pengertian
          2. Tujuan
          3. Dispensasi Perkawinan Anak
          4. Apabila Sesorang Gagal Mendewasakan Usia Perkawinan
Chapter 2: Risiko dan Dampak Perkawinan Anak Secara Fisik dan Psikologis
     Pendahuluan
     Risiko dan Dampak Perkawinan Anak
          A. Dampak Perkawinan Anak Secara Fisik Atau Kesehatan
          B. Dampak Perkawinan Anak Secara Psikologi
Chapter 3: Risiko dan Dampak Perkawinan Anak Secara Sosial dan Ekonomi
     Pendahuluan
     A. Dampak Perkawinan Anak Secara Sosial
     B. Dampak Perkawinan Anak Secara Ekonomi
Chapter 4: Upaya Pencegahan Perkawinan anak
     Pendahuluan
     A. Analisis Penyebab    Perkawinan Anak
     B. Langkah-langkah Pencegahan Perkawinan Anak
Daftar Pustaka
Profil Penulis
Sampul Belakang