Tampilkan di aplikasi

Buku Salemba Empat hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Analisis Tematik pada Penelitian Kualitatif

1 Pembaca
Rp 84.900 35%
Rp 55.000
Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Analisis Tematik pada Penelitian Kualitatif merupakan rujukan yang tepat bagi para peneliti kualitatif yang menggunakan metode analisis tematik. Buku ini menjabarkan bagaimana tahapan demi tahapan analisis data penelitian kualitatif berlangsung dan memberikan pedoman praktis untuk membantu mendapatkan gambaran yang jelas tentang penyelesaian atau penyusunan artikel ilmiah dengan analisis tematik. Penulisan buku ini bertujuan untuk menjadi bacaan panduan baik bagi mahasiswa maupun peneliti, khususnya di bidang kesehatan masyarakat dengan pendekatan kualitatif.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Najmah / Namirah Adelliani / Citra Afny Sucirahayu / Azmiya Rahma Zanjabila

Penerbit: Salemba Empat
ISBN: 9786238250059
Terbit: Juli 2023 , 100 Halaman










Ikhtisar

Analisis Tematik pada Penelitian Kualitatif merupakan rujukan yang tepat bagi para peneliti kualitatif yang menggunakan metode analisis tematik. Buku ini menjabarkan bagaimana tahapan demi tahapan analisis data penelitian kualitatif berlangsung dan memberikan pedoman praktis untuk membantu mendapatkan gambaran yang jelas tentang penyelesaian atau penyusunan artikel ilmiah dengan analisis tematik. Penulisan buku ini bertujuan untuk menjadi bacaan panduan baik bagi mahasiswa maupun peneliti, khususnya di bidang kesehatan masyarakat dengan pendekatan kualitatif.

Pendahuluan / Prolog

Pendekatan yang Dilakukan setelah Data Terkumpul
Analisis tematik merupakan proses bagi peneliti untuk mengidentifikasi, menganalisis, melaporkan data dalam bentuk tema atau pola berbentuk kesimpulan dan interpretasi. Analisis tematik ditetapkan sebagai ilmu dasar analisis penelitian kualitatif dan termasuk analisis yang menggunakan metode grounded. Kepentingan analisis tematik untuk dilakukan adalah guna menemukan ide atau gagasan dari sebuah narasi dari data penelitian yang ada, bukan dari banyaknya pernyataan yang didapatkan.

Analisis tematik cenderung fleksibel dan dapat digunakan pada berbagai pertanyaan penelitian. Dalam analisis ini, langkah awal yang perlu kita lakukan sebelum analisis data adalah membaca berulang-ulang transkrip data hasil wawancara, diskusi kelompok, catatan lapangan, dan hasil observasi. Buku analisis tematik ini merupakan hasil dari aplikasi ilmu kualitatif, yang mana penulis menjabarkan secara rinci tahapan demi tahapan analisis data penelitian kualitatif. Tujuan penulisan buku ini sebagai panduan untuk mempermudah para peneliti yang ingin berselancar di zona kualitatif.


Penulis

Najmah - Lahir 1983 silam dan besar di kampung di bantaran Sungai Musi Palembang. Najmah adalah PhD candidate di School of Public Health di Auckland University of Technology, Selandia Baru (2015–2019) dengan sponsor New Zealand Asean Scholarship. Pendidikan Strata-2 diselesaikan di bidang Epidemiologi dan Biostatistika di School of Population Health di The University of Melbourne, Victoria (2008–2009) dengan sponsor Australian Partnership Scholarship, Ausaid dan Strata-1 di Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (2001–2005) dengan beasiswa BBM (Bantuan Belajar Akademik) Pemerintah Indonesia.

Najmah bekerja sebagai dosen di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya sejak 2006.

Tiga buku yang telah diterbitkan sebelumnya antara lain Manajemen dan Analisa Data Kesehatan, Kombinasi Teori dan Aplikasi SPSS (2011), Epidemiologi untuk Mahasiswa Kesehatan Masyarakat-Edisi 2 (2015) dan Epidemiologi Penyakit Menular (2016) dan ini buku keempat bekerja sama dengan Salemba Medika.

Masih terus belajar dan belajar, karena ilmu kita yang masih sangat terbatas dan penuh kekurangan. Ke depan, ranah kualitatif akan menjadi target ranah buku kesehatan yang akan diterbitkan, sesuai dengan tantangan baru dalam proses Strata-3 yang sedang dijalaninya. Dunia Kesehatan penuh warna dengan mempelajari dan mengaplikasikan ranah kuantitatif dan kualitatif.
Namirah Adelliani - Penulis menyelesaikan pendidikan sarjana di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya (2022). Pengalaman dan karya yang telah diciptakan penulis, di antaranya penulis artikel ilmiah Laju Sumsel dengan judul “Menilik Kesehatan Mental Tenaga Kesehatan dan Masyarakat saat Pandemi COVID-19” (2020), penulis dan editor untuk subjudul “Dukungan Keluarga terhadap Optimisme Ibu Pekerja dalam Memberikan ASI Eksklusif ” dalam Epidemiologi Kesehatan Reproduksi Sebuah Kajian Literatur (2021), peserta dalam Asian Studies Association of Australia Conference 2022 ‘Social Justice in Pandemic Times’ dengan topik “COVID, HIV, Culture, and History in Asia” dan secara spesifik berbicara mengenai ‘HIV, MSM, Pregnant Woman, and HIV Testing’ di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia (2022), asisten pembicara dalam Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Mengungkap Fakta Berdasarkan Data (2022), trainer dalam Pelatihan Analisis Data: Analisis Deskriptif, Spasial, dan Lanjutan Data Kesehatan oleh Epidbios.id (2022).
Citra Afny Sucirahayu - Penulis menyelesaikan pendidikan sarjana di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya (2022). Pengalaman dan karya yang telah diciptakan penulis, di antaranya penulis artikel ilmiah Laju Sumsel dengan judul “Menilik Kesehatan Mental Tenaga Kesehatan dan Masyarakat Saat Pandemi COVID-19” yang dimuat dalam koran online lajusumsel.co.id (2020), penulis dan editor untuk subjudul “Lelaki Suka Lelaki (LSL) dan Pencegahan HIV di Indonesia” dalam Epidemiologi Kesehatan Reproduksi Sebuah Kajian Literatur (2021), peserta dalam Asian Studies Association of Australia Conference 2022 ‘Social Justice in Pandemic Times’ dengan topik “COVID, HIV, Culture, and History in Asia” dan secara spesifik berbicara mengenai ‘COVID-19 and Hesitancy of COVID-19 Vaccine Among Elderly Population Ethnography Study’ di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia (2022), trainer dalam Pelatihan Analisis Data: Analisis Deskriptif, Spasial, dan Lanjutan Data Kesehatan oleh Epidbios.id (2022), penulis analisis data dan metode jurnal dengan judul “Edukasi Interaktif Kesehatan Anak melalui Kegiatan English Camps di Kampung Pandai Inspiratif, Palembang” (2022), dan co-authors dalam publikasi jurnal dengan judul “Associations Between Clinical Manifestations and the Final Status COVID-19 Sufferer in Palembang, Indonesia” (2022).
Azmiya Rahma Zanjabila - Penulis menyelesaikan pendidikan sarjana di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya (2022). Pengalaman dan karya yang telah diciptakan penulis, di antaranya penulis artikel Ilmiah Laju Sumsel dengan judul “Mengulik Penyebab di Balik Fenomena Jemput Paksa Jenazah COVID-19” (2020), penulis buku dan editor untuk subjudul “Implementasi Program Pencegahan Penularan Human Immunodeficiency Virus (HIV) dari Ibu ke Anak (PPIA) di Indonesia” dalam Epidemiologi Kesehatan Reproduksi Sebuah Kajian Literatur (2021), peserta dalam Asian Studies Association of Australia Conference 2022 ‘Social Justice in Pandemic Times’ dengan topik “COVID, HIV, Culture, and History in Asia” dan secara spesifik berbicara mengenai ‘COVID-19 and Hesitancy of COVID-19 Vaccine Among Elderly Population Ethnography Study’ di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia (2022), asisten pembicara dalam Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Mengungkap Fakta Berdasarkan Data (2022), trainer dalam Pelatihan Analisis Data: Analisis Deskriptif, Spasial, dan Lanjutan Data Kesehatan oleh Epidbios.id (2022), dan co-authors dalam publikasi jurnal dengan judul “Associations Between Clinical Manifestations and the Final Status COVID-19 Sufferer in Palembang, Indonesia” (2022).

Daftar Isi

Sampul Depan
Halaman Judul
Halaman Copyright
Tentang Penulis
Prakata
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar
Bab 1 Analisis Tematik
     Pengertian Analisis Tematik
     Pendekatan Deduktif atau Induktif pada Analisis Tematik
     Langkah-Langkah dan Penjelasan dalam Analisis Tematik
     Daftar Pustaka
Bab 2 Mengenal Manual Coding dan Recoding
     Apa Itu Manual Coding?
     Apa Itu Recoding?
     Dari Coding Ke Proses Kategori Dan Tema
     Jenis-Jenis Coding Dan Contohnya
     Kegunaan Coding Dan Recording: Memantapkan Analisis Data Kualitatif
     Daftar Pustaka
Bab 3 Praktik Coding dan Recoding: Ketakutan dan Resiliensi Ibu Hamil selama Pandemi
     Mapping Kasus
     Langkah-Langkah Coding, Recoding, Dan Tema: Ketakutan Dan Resiliensi Ibu Hamil Selama Pandemi
     Contoh Penulisan Hasil Analisis Tematik
     Daftar Pustaka
Bab 4 Praktik Coding dan Recoding: Kasus LSL
     Mapping Kasus
     Langkah-Langkah Coding, Recoding, Dan Tema: Perilaku Seksual LSL Di Masa Covid-19
     Contoh Penulisan Hasil Analisis Tematik
     Daftar Pustaka
Bab 5 Praktik Coding dan Recoding: Kasus Persepsi Vaksinasi COVID-19
     Mapping Kasus
     Langkah-Langkah Coding, Recoding, Dan Tema Persepsi Vaksin Covid-19 Pada Lansia
     Contoh Penulisan Hasil Analisis Tematik
     Daftar Pustaka
Bab 6 Praktik Coding dan Recoding: Kasus Kesembuhan COVID-19 pada Lansia
     Mapping Kasus
     Langkah-Langkah Coding, Recoding, Dan Tema Kesembuhan Covid-19 Lansia
     Contoh Penulisan Hasil Analisis Tematik
     Daftar Pustaka
Bab 7 Penulisan Laporan Penelitian Kualitatif
     Daftar Pustaka
Bab 8 Hal yang Perlu Diingat
     Tahapan dalam Analisis Tematik
     Seleksi Data dalam Analisis Tematik
     Peneliti Merupakan “Alat Analisis”
     Visualisasi dalam Penelitian Kualitatif
     Melakukan Analisis Adalah Pekerjaan Yang Sulit, Memerlukan Kerja Keras
     Dalam Penelitian Kualitatif, Peneliti Memiliki Kewajiban Untuk Memperhatikan Masalah Etik Penelitian
     Model Penelitian Kualitatif adalah Humanistik
     Ketelitian dalam Tahap Familiarisasi Data
     Hasil Analisis Tematik Tidak Mutlak Benar
Indeks
Sampul Belakang