Tampilkan di aplikasi

Buku Selaras Media hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Kota Bebas Banjir? Antara Harapan Dan Kenyataan

1 Pembaca
Rp 90.000 17%
Rp 75.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 225.000 13%
Rp 65.000 /orang
Rp 195.000

5 Pembaca
Rp 375.000 20%
Rp 60.000 /orang
Rp 300.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini berisi tentang permasalahan banjir dan genangan di kawasan perkotaan, metode pendekatan penyelesaian masalah yang digunakan, studi kasus penerapan model pengendalian berbasis masyarakat yang merupakan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan sejak Tahun 2018 sampai sekarang. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi maksimal terhadap upaya pengendalian genangan yang selalu terjadi pada setiap musim hujan.Kota bebas banjir dapat menjadi kenyataan, ataukah tetap sebatas harapan dan ilusi, dikupas secara lengkap dalam buku ini.

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Laksni Sedyowati

Penerbit: Selaras Media
ISBN: 9786026228871
Terbit: Agustus 2021 , 229 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Buku ini berisi tentang permasalahan banjir dan genangan di kawasan perkotaan, metode pendekatan penyelesaian masalah yang digunakan, studi kasus penerapan model pengendalian berbasis masyarakat yang merupakan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan sejak Tahun 2018 sampai sekarang. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi maksimal terhadap upaya pengendalian genangan yang selalu terjadi pada setiap musim hujan.Kota bebas banjir dapat menjadi kenyataan, ataukah tetap sebatas harapan dan ilusi, dikupas secara lengkap dalam buku ini.

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan buku dengan judul “Kota Bebas Banjir? Antara Harapan dan Kenyataan”. Puja dan puji senantiasa penulis panjatkan tiada henti atas ridho Allah SWT, sehingga dapat menyelesaikan penulisan buku ini dengan lancar.

Buku ini berisi tentang permasalahan banjir dan genangan di kawasan perkotaan, metode pendekatan penyelesaian masalah yang digunakan, studi kasus penerapan model pengendalian berbasis masyarakat yang merupakan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan sejak Tahun 2018 sampai sekarang. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi maksimal terhadap upaya pengendalian genangan yang selalu terjadi pada setiap musim hujan. Kota bebas banjir dapat menjadi kenyataan, ataukah tetap sebatas harapan dan ilusi, dikupas secara lengkap dalam buku ini.

Atas terselesaikannya buku ini, penulis mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu dan ikut berperan aktif secara moril ataupun materiil, khususnya kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sebagai penyandang dana penulisan buku ini melalui Program Hibah Penelitian Terapan (PT) Kompetitif Nasional Tahun 2019-2021, Bapak Dr. Ir. Bambang Nugroho, MT mantan Kepala Bidang Sumber Daya Air dan Drainase DPUPRPKP Kota Malang yang telah menjadi mitra penulis dalam melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di beberapa wilayah di Kota Malang sejak Tahun 2018-2020. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa buku ini masih jauh dari sempurna. Oleh karenanya penulis sangat mengharapkan masukan dan kritik dari seluruh pembaca demi peningkatan keilmuan penulis di bidang sumberdaya air.

Akhir kata, penulis menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam berkomunikasi, berinteraksi dan bekerjasama selama ini penulis melakukan kesalahan yang semata-mata karena ketidaksengajaan.

Penulis

Laksni Sedyowati - Dr. Ir. Laksni Sedyowati, MS lahir di Magelang pada tanggal 12 Pebruari 1967. Lulus sebagai Sarjana Teknik Pengairan Universitas Brawijaya pada Tahun 1989. Pada Tahun 1993 memperoleh gelar Magister Sains dalam bidang Teknik Sipil dari Universitas Gadjah Mada. Gelar Doktor Bidang Teknik Sipil diperoleh dari Universitas Brawijaya pada Tahun 2017.

Tahun 1989 adalah awal karir sebagai dosen di Fakultas Teknik Universitas Merdeka Malang. Pada tahun 1995 berkesempatan mengikuti program pertukaran staf di Murdoch University, Perth, Western Australia, selama 3 bulan, untuk mempelajari implementasi Integrated Catchment Monitoring dan Aerial Photo Interpretation. Pada tahun 2006 mengikuti program pemagangan di Universitas Negeri Malang, selama 3 bulan, dalam rangka pembuatan materi pembelajaran berbasis multimedia. Pada tahun 2007, mengikuti Training of Trainer on Integrated Water Resources Management yang diselenggarakan oleh CKNet-INA (Collaborative Knowledge Network Indonesia) dan UNESCO-IHE. Pada Tahun 2009 mengikuti Short Course on Integrated Riverbasin Management, di UNESCO-IHE, Delft the Netherlands, selama 1 bulan.

Daftar Isi

Cover Depan
Judul Dalam
Halaman Hak Cipta
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1 Pendahuluan
     A. Permasalahan Air
     B. Dampak Banjir
     C. Perubahan Iklim dan Banjir
     D. Pembangunan dan Banjir
Bab 2 Permasalahan Genangan Perkotaan
     A. Konsep Banjir dan Genangan
     B. Genangan Perkotaan
     C. Rumusan Masalah
Bab 3 Metodologi Penyelesaian Masalah
     A. Kerangka Konsep
     B. Alternatif Pendekatan Penyelesaian Masalah
Bab 4 Pengelolaan Banjir Terpadu
     A. Pendahuluan
     B. Banjir dan Proses Pembangunan
     C. Pilihan Manajemen Banjir Tradisional
     D. Tantangan Pengelolaan Banjir Mengamankan Mata Pencaharian
     E. Pengelolaan Banjir Terpadu - Konsep Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu
Bab 5 Studi Kasus di Kota Malang: Penataan Lingkungan Bantaran Sungai Berbasis Masyarakat
     A. Rumusan Masalah
     B. Inovasi Pemecahan Masalah
     C. Kampung Telolet Om
     D. Inovasi Pelayanan Publik Kampung Telolet Om
     E. Pelaksanaan dan Penerapan
     F. Banjir Kota Malang dan Solusinya (dalam Gambar)
Bab 6 Teknologi Adaptasi Perubahan Iklim Untuk Meningkatkan Ketahanan Sektor Air
     A. Pendahuluan Sumber Daya Air
     B. Perlunya Pendekatan Terpadu Dalam Perencanaan Adaptasi Air
     C. Teknologi Adaptasi Air Risiko dan Ketidakpastian Iklim
Bab 7 Kesimpulan
Biodata Penulis
Cover Belakang